BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Keluarga Besar Kabua Saiyo Antusias Sambut Dr. Zulmaeta

Payakumbuhpos.id | Payakumbuh-- Keluarga besar Kabua Saiyo antusias sambut calon Walikota Payakumbuh Dr. Zulmaeta ketika manfaatkan momen idulfitri 1445 H GOR...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

YB Dt. Parmato Alam, Jambangi Bara Cafe Bandarawang

Payakumbuhpos.id | Payakumbuh---Ketua DPRD kota Payakumbuh periode 2014-2019 Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, jambangi Bara Cafe Bandarawang milik Fajri di kelurahan...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Warga Koto nan Gadang Payakumbuh Utara Berhalal Bihalal Bersama Perantau

Payakumbuhpos.id|Payakumbuh--- Halal bihalal biasanya diselenggarakan di rumah atau tempat yang besar, dengan tujuan untuk saling bersilaturahmi khususnya pada saat usai...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR WISATA

Polres dan Disparpora Limapuluh Kota Bangun Hospitality Kepariwisataan

Payakumbuhpos.id|Limapuluh Kota---Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf, S.H., S.I.K., M.H., bersama jajaran terus ciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Perantau IKK Pulang Kampung Ibarat Sitawa Sidingin Bagi Masyarakat, Utamakan Anak Yatim

Payakumbuhpos.id |Payakumbuh--- Luar biasa, perantau Ikatan keluarga Koto Nan Godang (IKK) pulang kampung ibarat sitawa sidingin bagi masyarakat, utamakan anak...

Tahun Ini Tak Ada UN, Siswa Hanya Ikuti Ujian Sekolah, Pemko Payakumbuh Lakukan Persiapan

Payakumbuh– Ujian Sekolah SD dan SMP dijadwalkan akan digelar pada bulan Maret. Mengingat kebijakan merdeka belajar di tengah pandemi, pemerintah pusat telah meniadakan Ujian Nasional sejak tahun 2020.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion melalui Sekretaris Azwardi didampingi Kasi Kurikulum SMP Sospi Darmi saat ditemui media, Selasa (26/1), di kantornya mengatakan untuk syarat kelulusan, tahun ini anak didik hanya mengikuti ujian sekolah saja.

“Tidak ada lagi beban sekolah saat anak SD mau masuk SLTP dimana patokannya nilai UN. Tapi nilai ijazah keseluruhanlah yang dilihat oleh sekolah, begitupun anak SLTP yang mau masuk SLTA,” ujar Azwardi.

Azwardi menyebutkan melihat perkembangan kasus Covid-19 di Payakumbuh, Ujian Sekolah berkemungkinan diterapkan dengan protokol kesehatan yang super ketat. Artinya, sekolah bakal dituntut untuk memberikan rasa nyaman kepada siswa dan guru selama ujian digelar. Mengingat ujian sekolah pengganti UN ini sangat penting.

“Beban psikis satuan pendidikan berkurang karena sekolah-sekolah yang bersaing sudah tidak ketat seperti dulu lagi, yang penting bagaimana sekolah mengefektifkan kegiatan belajar mengajar, sehingga semua materi tuntas diajarkan kepada siswa,” ungkapnya.

Menyongsong kesiapan sekolah dalam melaksanakan Ujian Sekolah, Dinas Pendidikan akan melaksanakan rapat dengan dengan K3S, MKKS, dan Pengawas. Dalam rapat itu akan dibahas teknis pelaksanaan, kisi soal, soal, dan materi yang akan diujikan.

“Ini sudah menjadi komitmen kita di Payakumbuh, meski di tengah pandemi takkan mengurangi kualitas pendidikannya. Wali Kota Riza Falepi juga menegaskan keselamatan anak didik dan guru dari resiko terpapar Covid-19 harus diperhatikan sekali, untuk itu kami di dinas akan memonitor pelaksanaan ujian sekolah, ada timnya yang dibentuk dinas,” tambahnya.

Pemko Payakumbuh juga aware dengan kondisi pandemi, apabila Payakumbuh berada di Zona Merah, atau kasus Covid-19 sedang meningkat tajam, berkemungkinan ujian sekolah tatap muka diganti sistem daring atau online, hal ini akan dikoordinasikan dinas dengan Tim Satgas Covid-19 Kota Payakumbuh bagaimana keputusannya setelah itu. ( Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *