BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Warga Koto nan Gadang Payakumbuh Utara Berhalal Bihalal Bersama Perantau

Payakumbuhpos.id|Payakumbuh--- Halal bihalal biasanya diselenggarakan di rumah atau tempat yang besar, dengan tujuan untuk saling bersilaturahmi khususnya pada saat usai...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR WISATA

Polres dan Disparpora Limapuluh Kota Bangun Hospitality Kepariwisataan

Payakumbuhpos.id|Limapuluh Kota---Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf, S.H., S.I.K., M.H., bersama jajaran terus ciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Perantau IKK Pulang Kampung Ibarat Sitawa Sidingin Bagi Masyarakat, Utamakan Anak Yatim

Payakumbuhpos.id |Payakumbuh--- Luar biasa, perantau Ikatan keluarga Koto Nan Godang (IKK) pulang kampung ibarat sitawa sidingin bagi masyarakat, utamakan anak...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Ketua IKK Joni Hendri Lepas Perantau Pulang Basamo

Payakumbuhpos.id|Jakarta - Salah satu sunnah dalam safar yang dianjurkan oleh syariat dan bisa meringankan kesusahan safar adalah melakukan safar di...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR Nasional

Berkat Kepedulian Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto, Perantau Suayan Tiba Dikampung Halaman

Payakumbuhpos.id|Limapuluh Kota--- Perantau Suayan Jakarta sampai dikampung halaman (nagari Suayan), kecamatan Akabiluru, kabupaten Limapuluh Kota, disambut langsung Walinagari Suayan, Irwanul...

Selamat Rezka Oktoberia, Luak Limapuluah Akhirnya Punya Wakil Di Senayan

PAYAKUMBUH – Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota) akhirnya pecah telur. Rezka Oktoberia menjadi sosok pertama kali yang menjabat sebagai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPR) RI.

Berangkat dari Partai Demokrat, Rezka menggantikan posisi Mulyadi yang maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Sumatra Barat (Sumbar) 2020. Rezka akan duduk di Komisi III DPR RI.

Dunia politik bukan panggung baru bagi wanita yang akrab disapa Uni Rezka ini. Ia mulai terjun menjadi pengurus DPP Partai Demokrat sejak 2009 sebagai bagian dari Departemen Perekonomian.

Pada 2010, ia dipercaya sebagai Kepala Biro Divisi Pendidikan dan Pelatihan. Pada 2013, Uni Rezka menjadi Pengurus Harian Departemen Luar Negeri DPP Partai Demokrat.

Pada 2014, Rezka memutuskan untuk maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) Daerah Pemilihan Sumatera Barat (Sumbar) 2 meliputi Payakumbuh, Limapuluh Kota, Agam, Bukittinggi, Pasaman Barat, Pasaman Timur, namun, tekad untuk memajukan kampung halaman masih gagal.

Kemudian pada 2015 Rezka Oktoberia diberi kepercayaan sebagai Ketua DPD Perempuan Demokrat Republik Indonesia (PDRI) Sumatera Barat.

Rezka juga tercatat aktiv dalam berbagai organisasi diantaranya Deputi Operasi & Kampanye Bappilu DPP Partai Demokrat, Anggota Forus Minang Maimbau, Pengurus Harian DPP Partai Demokrat, Ketua DPW Srikandi Pemuda Pancasila Sumbar, Ketua DPW Perempuan Mandiri Republik Indonesia Sumbar, Ketua Bidang Pendidikan KPPI DKI, Wakil Bendahara Umum DPP Gebu Minang, Sekjen Perempuan LIRA, Ketua Komite Tetap CSR Kadin Jakarta Pusat, Ketua Bidang Pendidikan Ikatan Penguusaha Muslimah Indonesia IPEMI DKI Jakarta, Wasekjen DPP Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI) dan Sekretaris Korwil DPD IWAPI DKI Jakarta.

Rezka memang memiliki mental pejuang, ia bahkan menjadi sosok yang berjasa membawa Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke Ranah Minang dengan melakukan kegiatan kuliah umum , silaturahim dengan dunsanak di Ranah Minang, melihat Kelok Sembilan dan keindahan alam Ranah Minang bersama-sama dengan anak muda Ranah Minang.

Rezka tampaknya memang menjadi tangan kanan atau orang kepercayaan AHY. Ia tercatat sebagai Deputi Operasi Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) dibawah komando AHY.

Dalam Kogasma, Rezka dipercaya sebagai Deputi Operasi Kogasma, tugas yang berat apalagi untuk seorang perempuan. Saat AHY sengaja datang ke Ranah Minang untuk membantu kampanye pileg Rezka Oktoberia tepat nya di lapangan Danguang Danguang, AHY menyampaikan langsung dan bahkan mengkampanyekan uni Rezka sebagai tangan kanannya bidang operasi di lapangan.

selain itu, sejak 2010 Rezka Oktoberia Srikandi Luak 50 juga sudah menjadi Pembawa Acara setiap kegiatan pak SBY di partai Demokrat. Kebanggaan tersendiri bagi puteri ranah minang ini karena saat itu Pak SBY masih menjabat sebagai Presiden RI.

Selanjutnya, Rezka tak menyerah dengan hasil minor itu, ia kembali maju sebagai Caleg dari Dapil yang sama pada 2019 meskipun sempat diunggulkan akan melenggang ke Senayan. Upaya untuk mewakili suara warga Sumbar melalui partai berlambang Mercy kembali gagal.

Meskipun demikian, harapan wanita kelahiran Kota Payakumbuh untuk memajukan kampung halaman melalui parlemen mendapatkan titik terang. Anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Mulyadi memutuskan untuk maju dalam Pilgub Sumbar 2020.

Untuk mengisi kursi itu, Rezka mendapatkan amanah dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menggantikan Mulyadi atau pergantian antar waktu (PAW). “Hari itu merupakan hari yang bersejarah. Bukan hanya bagi saya, tetapi bagi Luak Limopuluah,” kata Rezka.

Jika kita amati sejak Luak Limopuluah berdiri belum ada satupun orang yang duduk di kursi parlemen. Dalam mengemban amanahnya, rezka akan berjuang untuk menyuarakan masyarakat Sumbar dan memajukan kampung halamannya.

“Saya akan mengerahkan segala daya dan upaya saya untuk menyuarakan masyarakat Sumbar,” tegasnya.

Sementara itu H. Nusirwan yang akrab disapa One Marta mengatakan dirinya menyambut baik Rezka Oktoberia berhasil melenggang ke Senayan sebagai anggota DPR-RI yang menjadi tonggak sejarah bagi Luak Limo Puluah Kota.

“Ini menjadi kebanggan tersendiri bagi kita warga Luak Limo Puluah, mari kita support sama-sama Uni Rezka,” ujar H. Wan, Jumat (4/12) di Payakumbuh. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *