BERITA UTAMA

SMSI Luak 50 Gelar Halal Bihalal, Syafri Ario: Mari Rapatkan Barisan

Teks foto: Pengurus SMSI Luak 50 Payakumbuh - Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Luak Limopuluah menggelar halal bihalal pasca...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Keluarga Besar Kabua Saiyo Antusias Sambut Dr. Zulmaeta

Payakumbuhpos.id | Payakumbuh-- Keluarga besar Kabua Saiyo antusias sambut calon Walikota Payakumbuh Dr. Zulmaeta ketika manfaatkan momen idulfitri 1445 H GOR...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

YB Dt. Parmato Alam, Jambangi Bara Cafe Bandarawang

Payakumbuhpos.id | Payakumbuh---Ketua DPRD kota Payakumbuh periode 2014-2019 Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, jambangi Bara Cafe Bandarawang milik Fajri di kelurahan...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Warga Koto nan Gadang Payakumbuh Utara Berhalal Bihalal Bersama Perantau

Payakumbuhpos.id|Payakumbuh--- Halal bihalal biasanya diselenggarakan di rumah atau tempat yang besar, dengan tujuan untuk saling bersilaturahmi khususnya pada saat usai...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR WISATA

Polres dan Disparpora Limapuluh Kota Bangun Hospitality Kepariwisataan

Payakumbuhpos.id|Limapuluh Kota---Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf, S.H., S.I.K., M.H., bersama jajaran terus ciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di...

SALAM Alokasikan Anggaran Untuk Bumnag Dari APBD

LIMAPULUH KOTA,- Nagari-nagari di Limapuluh Kota kedepannya akan lebih bergairah lagi dari kondisi saat ini. Pasalnya, pemerintahan Limapuluh Kota ditangan Darman Sahladi-Maskar M Datuak Pobo memberikan anggaran khusus bagi seluruh nagari yang ada. Yaitu memberikan suntikan dana untuk alokasi khusus bagi Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) se Limapuluh Kota.

Hal itu sebagai dukungan daerah dalam mengembangkan potensi-potensi nagari berupa produk unggulan yang dimiliki oleh masing-masing nagari.

“Selama ini, anggaran pada Bumnag hanya bergantung dari dana pusat yaitu melalui dana desa. Padahal, untuk pengembangan Bumnag tersebut butuh juga sentuhan dari daerah. Karena itu, kedepannya kami alokasikan anggaran Bumnag untuk menunjang potensi nagari dalam mengembangkan produk unggulan,” kata calon Bupati dan Wakil Bupati Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo baru-baru ini.

Diceritakan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 2 itu, nagari-nagari pun sudah pernah berupaya untuk meminta dukungan pemerintah daerah berupa suntikan dana melalui APBD untuk Bumnag. Tetapi, setiap yang diajukan tidak pernah terealisasi.

“Padahal ini tidak dilarang. Malahan diajurkan oleh pemerintah pusat untuk peran pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan Bumnag, salah satunya memberikan alokasi khusus pada APBN. Tetapi ini tidak pernah terealisasi,” kata calon bupati Darman Sahladi.

Menurut calon bupati dan wakil bupati yang diusung Partai Demokrat-PAN-Partai Nasdem itu, nagari di Kabupaten Limapuluh Kota memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan melalui Bumnag. Begitu juga terhadap produk unggulan yang dimiliki sangat beragam.

“Dari 79 nagari plus nagari persiapan, memiliki potensi produk unggukan yang berbeda-beda dan bisa dikembangkan dengan baik. Asalnya ada perhatian dari pemerintah daerah. Karena itu, alokasi khusus bagi Bumnag ini, sudah kami masukkan sebagai program unggulan Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo untuk pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota kedepan,” ucap pasangan yang akrab disapa SALAM itu.

Menurut mereka, keberhasilan Bumnag juga berdampak positif pada masyarakat di nagari. Yaitu selain mampu mendatangkan Pendapatan Asli Nagari, Bumnag juga sebagai pendorong pembangunan ekonomi di nagari-nagari. “Dengan adanya Pak Maskar M Dt Pobo sebagai Wakil Bupati kedepan, beliau paham soal ini. Apalagi beliau pernah sebagai walinagari,” kata Darman Sahladi.

Kemudian, menurut calon wakil Bupati, Maskar M Dt Pobo, banyak hal yang bisa dikelola oleh Bumnag sebagai lokomotif perekonomian di nagari. Apalagi ada dukungan dana dari pemerintah daerah untuk penunjang potensi nagari dalam mengembangkan produk unggulan. Seperti dari potensi wisata, jual-beli barang dan jasa, pertanian, perkebunan, perikanan dan banyak lainnya.

Menurut calon Bupati, apabila Bumnag hanya mengandalkan anggaran dari dana desa (pusat) saja, tidak lah cukup. Karena itu, sangat penting adanya perhatian dari pemerintah daerah. Yaitu memberikan alokasi khusus dari APBD Limapuluh Kota bagi Badan Usaha Milik Nagari. “Insha Allah, ini yang kami lakukan kedepan. Mohon doa dan dukungan masyarakat Limapuluh Kota,” kata Darman Sahladi-Maskar M Datuak Pobo. (Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *