BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

YB Dt. Parmato Alam, Jambangi Bara Cafe Bandarawang

Payakumbuhpos.id | Payakumbuh---Ketua DPRD kota Payakumbuh periode 2014-2019 Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, jambangi Bara Cafe Bandarawang milik Fajri di kelurahan...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Warga Koto nan Gadang Payakumbuh Utara Berhalal Bihalal Bersama Perantau

Payakumbuhpos.id|Payakumbuh--- Halal bihalal biasanya diselenggarakan di rumah atau tempat yang besar, dengan tujuan untuk saling bersilaturahmi khususnya pada saat usai...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR WISATA

Polres dan Disparpora Limapuluh Kota Bangun Hospitality Kepariwisataan

Payakumbuhpos.id|Limapuluh Kota---Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf, S.H., S.I.K., M.H., bersama jajaran terus ciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Perantau IKK Pulang Kampung Ibarat Sitawa Sidingin Bagi Masyarakat, Utamakan Anak Yatim

Payakumbuhpos.id |Payakumbuh--- Luar biasa, perantau Ikatan keluarga Koto Nan Godang (IKK) pulang kampung ibarat sitawa sidingin bagi masyarakat, utamakan anak...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Ketua IKK Joni Hendri Lepas Perantau Pulang Basamo

Payakumbuhpos.id|Jakarta - Salah satu sunnah dalam safar yang dianjurkan oleh syariat dan bisa meringankan kesusahan safar adalah melakukan safar di...

Ketua DPRD Payakumbuh Hamdi Agus Minta Wali Kota Terbitkan Perwako P4GN

Ketua DPRD Payakumbuh Hamdi Agus Minta Wali Kota Terbitkan Perwako P4GN

Payakumbuh — Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus menjadi narasumber dalam Rapat Kerja Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di Aula Ngalau Indah Lantai 3 Balaikota Eks Lapangan Poliko, Kamis (5/3).

Dalam rapat itu hadir Wakil Wali Kota Erwin Yunaz, Kepala BNN AKP Sarminal, Asisten III Amriul Dt. Karayiang, Kepala Kesbangpol Budhy Permana, Anggota DPRD Fraksi Demokrat, kepala dinas, dan camat.

Dalam paparannya Hamdi Agus DPRD menyebut untuk pembentukan tim Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) ini sudah ada regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah.

Pelaksanaan fasilitasi P4GN ada dalam Permendagri Nomor 21 Tahun 2013 dan disempurnakan dengan Permendagri Nomor 12 Tahun 2019 yang menyebutkan fasilitasi itu mulai dari tingkat provinsi hingga ke tingkat kelurahan, tinggal bagaimana setiap pemerintah daerah memaksimalkannya.

Disamping itu, Hamdi menyebutkan di Payakumbuh juga sudah ada Peraturan Darah (Perda) P4GN Nomor 12 tahun 2017 tentang Narkotika, ini merupakan Perda inisiatif DPRD.

“Payung hukum tertinggi kita sudah punya, namun Perwako belum ada, jadi barangkali itu menyebabkan Kesbangpol tidak terlalu kuat mengalokasikan anggaran untuk itu, untuk itu kita meminta wali kota melalui Kesbangpol menyiapkan perwako dari perda Nomor 12 Tahun 2017 tentang P4GN, karena Perda ini sudah dua tahun dikeluarkan. Kalau sudah ada perwako nantinya ada teknis jelas dan detail, sehingga OPD terkait bisa mengalokasikan anggarannya dengan maksimal,” ujarnya.

Ditambahkan Politikus PKS itu, disamping Pemko menyiapkan regulasi dan anggaran, dari BNN terus gencar melaksanakan sosialisasi untuk menekan peredaran barang haram yang merusak generasi bangsa ini. Hamdi bercerita dirinya sudah mengikuti kursus ketahanan nasional yang dihadiri Kapolri dan Penglima TNI, nanti Indonesia kedepannya akan mendapat bonus demografi, jumlah usia produktif (usia muda) lebih dari 60 persen jumlah penduduk.

“Narkoba menyasar usia produktif, bagaimana kita menyelamatkan generasi kita menjelang Bonus Demografi. SDM unggul yang akan melanjutkan perjalanan bangsa, jika sudah terpapar narkoba tentu bonus itu tidak akan menguntungkan bagi kita, jadi kita selaku wakil rakyat meminta seluruh stakeholder menyikapi ini dengan serius, program utama bentuk pencegahan dari masalah narkotika,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BNNK Payakumbuh AKP Sarminal menyebut dukungan Pemko terhadap P4GN selama ini sudah bagus, termasuk beberapa kali diadakan tes urine bagi ASN dan THL Pemko, selain itu ada beberapa pengungkapan kasus narkoba berkat gencarnya razia tim 7.

“Kita berharap kedepannya pertahanan kita di wilayah kerja semakin diperkuat, untuk ke masyarakat petugas kita sering laksanakan layanan mobil keliling Payakumbuh Bersinar (Bersih Narkoba),” pungkasnya. (Benpi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *