BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

YB Dt. Parmato Alam, Jambangi Bara Cafe Bandarawang

Payakumbuhpos.id | Payakumbuh---Ketua DPRD kota Payakumbuh periode 2014-2019 Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, jambangi Bara Cafe Bandarawang milik Fajri di kelurahan...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Warga Koto nan Gadang Payakumbuh Utara Berhalal Bihalal Bersama Perantau

Payakumbuhpos.id|Payakumbuh--- Halal bihalal biasanya diselenggarakan di rumah atau tempat yang besar, dengan tujuan untuk saling bersilaturahmi khususnya pada saat usai...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR WISATA

Polres dan Disparpora Limapuluh Kota Bangun Hospitality Kepariwisataan

Payakumbuhpos.id|Limapuluh Kota---Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf, S.H., S.I.K., M.H., bersama jajaran terus ciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Perantau IKK Pulang Kampung Ibarat Sitawa Sidingin Bagi Masyarakat, Utamakan Anak Yatim

Payakumbuhpos.id |Payakumbuh--- Luar biasa, perantau Ikatan keluarga Koto Nan Godang (IKK) pulang kampung ibarat sitawa sidingin bagi masyarakat, utamakan anak...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Ketua IKK Joni Hendri Lepas Perantau Pulang Basamo

Payakumbuhpos.id|Jakarta - Salah satu sunnah dalam safar yang dianjurkan oleh syariat dan bisa meringankan kesusahan safar adalah melakukan safar di...

DPRD Payakumbuh Bersama Pemko Gelar Rakor Covid 19

Payakumbuh–DPRD Payakumbuh Bersama Pemko Payakumbuh menggelar rapat kordinasi terkait penganggaran yang akan di kucurkan buat mengatasi permasalahan Covid 19 di Kota Payakumbuh. Kegiatan berlangsung sekitar pukul 14.00 WIB di Gedung DPRD Payakumbuh, Rabu 22 April 2020.

Rapat Kordinasi ini yang diwakili oleh Pimpinan DPRD Payakumbuh Hamdi Agus, ST, Wulan Denura (Wakil Ketua , Armen Faindal ( Wakil Ketua),
Sri Joko Purwanto (ketua Komisi A)
Maharniszul (Ketua Komisi B)
Ahmad Zifal (Ketua komisi C)
YB. Datuak Parmato Alam ( Ketua BK)
Ahmad Ridha (ketua Bapemperda)
Suparman ( Ketua Fraksi PKS),
Opetnawati (Ketua Fraksi Amanat Kebangkitan Nasional) dan Ismet Harius ( Ketua Fraksi Nasdem Bintang Perjuangan). Sementara dari Pemko Payakumbuh hadir Sekretaris Daerah, Kepala BKD, Kepala Bappeda, Kepala BPBD, Kadis PU, Kadis Sosial, Kadis Ketapang dan beberapa staf dari masing- masing Dinas dan badan tersebut.

Rapat Kordinasi antara DPRD Payakumbuh bersama pemerintah setempat bertujuan saling kordinasi antara DPRD Payakumbuh dengan Pemko Payakumbuh . Bahwa Ditengah wabah Covid 19 melanda DPRD Kota Payakumbuh tetap menjalankan fungsi dan melaksanakan tugasnya.  

Dalam Rakor tersebut Sekda Ridha Ananda mengatakan Pandemic Covid 19 merupakan bancana nasional yang perlu disikapi secara baik dan secara maksimal. Dalam penanganan Covid 19 selalu diberi petunjuk oleh pemerintah pusat dengan cara mengeluarkan peraturan perundang undangan serta melakukan koordinasi terus menerus antara pusat dan Daerah. Dalam penanganan Covid 19 diperlukan dana dengan cara melakukan pergeseran dan pemotongan anggaran dan dana yang terhimpun tersebut akan digunakan untuk penanganan Covid 19 di kota Payakumbuh.

” Pengumpulan dan pemotongan dana adalah pemotongan dari berbagai mata rekening seperti perjalanan dinas, pembangunan, pengadaan pakaian Dinas dan anggaran lain yang tidak terlalu urgen pelaksanaannya tahun ini. Anggaran yang terkumpul akan digunakan untuk penanganan Covid 19 berupa pembelian APD dan juga memberikan bantuan bagi keluarga yang terdampak Covid 19. Besaran bantuan yang akan diberikan serta kepada siapa dan keluarga mana bantuan tersebut diberikan masih dalam kajian dan pertimbangan pemerintah daerah berdasarkan arahan dari pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi, ” Sebut Ridha.

Sementara tanggapan datang dari ketua Bapemperda Ahmad Ridha. Dalam tanggapannya mempertanyakan penggunaan pokir, apakah anggota DPRD dapat ikut membagikan dana pokir yang ada? Serta bagaimana dengan reses yang akan dilaksanakan apakah dana anggaran reses dapat dialihkan untuk digunakan untuk membantu masyarakat.

Begitu pula tanggapan datang dari YB Datuak Parmato Alam menyampaikan bahwa Pada dasarnya DPRD sangat mendukung atas kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Daerah untuk penanganan Covid 19. Bagaimana penyaluran bantuan yang akan diberikan pada masyarakat, keluarga mana yang akan dibantu? Apa kriterianya? Jangan sampai salah sasaran membagikan bantauan tersebut. Kita musti bergandengan tangan dalam menghadapi Covid 19 ini, sebut YB. Parmato Alam.

Tanggapanpun datang dari Wakil Ketua DPRD Payakumbuh Wulan Denura. Dimana ia memberikan masukan agar semua posko Covid 19 diaktifkan 24 jam.

Sementara Ketua Komisi C Ahmad Zifal lebih memfokuskan kepada kriteria penerima bantuan.

” Bahwa musti jelas kriteria keluarga yang diberikan bantuan, kami sangat berharap bahwa semua pokir yang berupa peningkatan kualitas jalan atau pengaspalan agar dialihkan menjadi bantuan bagi masyarakat yang terdampak Covid 19,” ucap Ahmad Zifal.

Terhadap tanggapan anggota DPRD, Sekretaris Daerah memberikan penjelasan bahwa keluarga yang akan menerima harus melalui seleksi yang ketat dan melalui pertimbangan yang sangat matang. Dalam proses penganan Covid 19 Pemerintah Daerah akan melibatkan DPRD Kota Payakumbuh. Begitu pula terhadap pergeseran anggaran dan pemotongan anggaran harus tetap berpedoman kepada peraturan perundang-undangan yang ada dan jangan sampai bertentangan dengan peraturan yang ada, terang Ridha. 

Dari hasil kordinasi antara DPRD Payakumbuh Bersama Pemko. DPRD mengetahui bagaimana mekanisme terhadap penanganan Covid 19 dan sejauh mana penggunaan anggaran yang tersedia.
Pada dasarnya DPRD mendukung penuh seluruh kebijakan yang diambil pemerintah daerah untuk penanganan COVID 19 dan berapapun anggarannya. 

Harapan kedepannya Pelaksanaan pemberian bantuan kepada masyarakat diharapkan benar-benar mencapai sasaran. Covid 19 agar segera berakhir dan kita dapat kembali hidup normal serta menjalankan tugas kita masing-masing. (Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *