BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Perantau IKK Pulang Kampung Ibarat Sitawa Sidingin Bagi Masyarakat, Utamakan Anak Yatim

Payakumbuhpos.id |Payakumbuh--- Luar biasa, perantau Ikatan keluarga Koto Nan Godang (IKK) pulang kampung ibarat sitawa sidingin bagi masyarakat, utamakan anak...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Ketua IKK Joni Hendri Lepas Perantau Pulang Basamo

Payakumbuhpos.id|Jakarta - Salah satu sunnah dalam safar yang dianjurkan oleh syariat dan bisa meringankan kesusahan safar adalah melakukan safar di...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR Nasional

Berkat Kepedulian Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto, Perantau Suayan Tiba Dikampung Halaman

Payakumbuhpos.id|Limapuluh Kota--- Perantau Suayan Jakarta sampai dikampung halaman (nagari Suayan), kecamatan Akabiluru, kabupaten Limapuluh Kota, disambut langsung Walinagari Suayan, Irwanul...
BERITA UTAMA

Safari Berbagai Daerah di Riau, Marta Uli Emmelia: UMKM Prioritas Utama Serikat Pekerja Kerah Biru

Jakarta - Ketua Bidang Ekonomi dan Bisnis Federasi Serikat Pekerja Kerah Biru (FSP Kerah Biru), Marta Uli Emmelia mengajak pekerja...
BERITA UTAMA

PAC Pasar Minggu Bersama BP2MI Sosialisasikan Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Teks foto; Ketua PAC Pasar Minggu, Musta'in (ist) JAKARTA - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Kecamatan Pasar Minggu yang...

Dinkes Payakumbuh Anggarkan Rp. 450 Juta BTT Untuk Tangani Covid-19

Payakumbuh— Dalam menghadapi penyebaran Virus Corona (Covid–19), Pemerintah Kota Payakumbuh sudah menganggarkan dana Biaya Tak Terduga (BTT) di Dinas Kesehatan sebesar Rp. 450 Juta.

“Dana ini sedang kita godok untuk membeli kebutuhan mendesak, walaupun belum cukup, nanti akan ditambah dana dari Pemda sendiri, sesuai instruksi Wali Kota Riza Falepi, kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dr. Bakhrizal saat diwawancara di Balai Kota Payakumbuh, Senin (23/3).

Selain menyiapkan anggaran, Bakhrizal juga berharap semua titik di Kota Payakumbuh mulai dari rumah, toko, mal, dan kediaman dapat disemprot dengan cairan disinfektan.

“Harapan kita penyemprotan juga dilaksanakan masyarakat, bahan-bahannya tidak rumit, ada antiseptik, risol, dan klorin, dan mudah dibuat. Kalau ada yang perlu ditanyakan silahkan berkoordinasi dengan petugas kesehatan dan jajaran kelurahan. Kita dari pemerintah mendorong bagaimana masyarakat berpartisipasi menghambat lajunya perkembangan Covid-19 ini,” ujar Bakhrizal.

Sementara itu, Wali Kota Riza Falepi menghimbau agar menghindari rasa takut, tetap tenang, dan waspada dalam menghadapi Virus Corona (Covid-19). Menjalankan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan mementau tetangga pendatang baru yang kemungkinan membawa virus ke daerah kita.

“Akan sangat dihargai bila ada warga yang baru kembali dari wilayah zona penyebaran Covid-19 dengan kesadaran sendiri memeriksakan diri ke puskesmas, dan melakukan karantina mandiri selama 14 hari di rumah, RT/RW saatnya lebih berperan terutama memantau warga dari tingkat bawah, warga yang keluar masuk agar dipantau terus,” kata Riza Falepi.

Wali Kota juga mengajak warga untuk memperbanyak zikir dan do’a di rumah, apabila ada anggota keluarga yang batuk, flu, maupun gejala gangguan pernafasan agar segera melaporkan diri ke puskesmas maupun pos tim gugus tugas penanggulangan Covid-19 di Pos Kota Pusat Kota Payakumbuh.

“Sebisa mungkin kita minta kepada warga agar berdiam diri dirumah dan menhindarkan diri dan keluarga dari keramaian, semoga Allah melindungi kita dari marabahaya,” harap Riza. (Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *