BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

YB Dt. Parmato Alam, Jambangi Bara Cafe Bandarawang

Payakumbuhpos.id | Payakumbuh---Ketua DPRD kota Payakumbuh periode 2014-2019 Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, jambangi Bara Cafe Bandarawang milik Fajri di kelurahan...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Warga Koto nan Gadang Payakumbuh Utara Berhalal Bihalal Bersama Perantau

Payakumbuhpos.id|Payakumbuh--- Halal bihalal biasanya diselenggarakan di rumah atau tempat yang besar, dengan tujuan untuk saling bersilaturahmi khususnya pada saat usai...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR WISATA

Polres dan Disparpora Limapuluh Kota Bangun Hospitality Kepariwisataan

Payakumbuhpos.id|Limapuluh Kota---Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf, S.H., S.I.K., M.H., bersama jajaran terus ciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Perantau IKK Pulang Kampung Ibarat Sitawa Sidingin Bagi Masyarakat, Utamakan Anak Yatim

Payakumbuhpos.id |Payakumbuh--- Luar biasa, perantau Ikatan keluarga Koto Nan Godang (IKK) pulang kampung ibarat sitawa sidingin bagi masyarakat, utamakan anak...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Ketua IKK Joni Hendri Lepas Perantau Pulang Basamo

Payakumbuhpos.id|Jakarta - Salah satu sunnah dalam safar yang dianjurkan oleh syariat dan bisa meringankan kesusahan safar adalah melakukan safar di...

Di Situjuah Gadang, Sales dan Tukang Kredit Dilarang Masuk, Pendatang Harus Disemprot

Limapuluh Kota,- Upaya Pencegahan terhadap Corona Virus Desease (Covid 19), Pemerintah Nagari Situjuah Gadang, Kecamatan Situjuah Limo Nagari melakukan pemeriksaan ketat bagi siapa saja yang memasuki wilayahnya.

Tak hanya itu, di kenagarian tersebut setiap sales dan kredit simpan pinjam dilarang keras untuk masuk. Bahkan, demi mepertegas hal itu dipajang sebuah banner yang dipampang dipos penjagaan masing-masing Jorong.

“Kita memang melakukan pemeriksaan ketat bagi siapa saja yang masuk ke daerah kami,” ujar walinagari Situjuah Gadang, Syofiar Ledi kepada wartawan,baru-baru ini.

Hal ini sesuai dengan intruksi pemerintah kabupaten Limapuluh Kota, yang meminta setiap nagari
mendirikan pos penangan pencegahan Covid 19 di masing-masing nagari. “Ini, untuk keselamatan kita bersama, Bahkan dinagari kami, setiap jorong memiliki pos penangan sendiri. Tujuannnya agar pemeriksaan lebih efektif,”sebutnya.

Dijelaskan walinagari, selain pemeriksaan setiap pendatang juga harus diseprot disinfektan, dan bagi perantau yang pulang kampung, pihaknya akan melakukan isolasi secara mandiri dengan tepat dan benar dirumah masing-masing selama 14 hari.

Begitu juga bagi masyarakat yang ada anak dan familynya akan pulang kampung, harus melapor kepada kepala Jorong masing-masing, supaya bisa dilakukan penyemprotan di rumahnya.

Selain itu, bagi keluarga dan masyarakat juga dihimbau tidak keluar rumah dari jam 20.00 sampai jam 06.00 wib. “Setiap keluarga harus menjaga keluarga masing-masing, agar nagari kami Situjuah Gadang bebas dari musibah virus corona yang bisa menular kepada dunsanak dan keluarga kami,” sebutnya.

Sementara itu, bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi ketika meninjau berapa pos penangan di Nagari Situjuah Gadang mengapresiasi upaya masyarakat tersebut.

“Intruksi yang disampai pemerintah daerah berjalan dengan baik. Mudah-mudahan dengan langkah ini dapat mencegah penularan wabah Covid 19 di Limapuluh Kota,”sebutnya, Senin (20/4).

Untuk itu, ia mengajak nagari lainnya untuk lebih meningkatkan pemeriksaan bagi siapa saja yang masuk ke nagari, serta rutin melakukan penyemprotan disinfektan sebagai antisipasi pencegahan Covid 19.

“Kami mengapresiasi upaya Pemerintahan Nagari Situjuah Gadang dalam upaya pencegahan penanganan covid-19. Dimana, seluruh masyarakat menjaga dan mencegah penyebaran virus itu mulai dari tingkat nagari” jelas bupati.

Dikatakanya, nagari bisa melakukan upaya pencegahan seperti menyediakan tempat mencuci tangan di setiap rumah dan mengimbau warga yang datang dari luar daerah untuk melakukan isolasi mandiri.

”Mencegah penyebaran Virus ini harus kesadaran bersama, sehingga tidak hanya dilakukan pemerintah semata. Karena sejatinya melawan Covid 19 merupakan tugas kita bersama-sama,” tutupnya. (benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *