BERITA UTAMA

Ini Gugatan GPMania2024 ke PTUN Jakarta, Batalkan Pencapresan Prabowo-Gibran

Sunggul Hamonangan Sirait, SH, MH Payakumbuhpos.id -- Relawan Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD, GP Mania 2024 Reborn meminta...
BERITA UTAMA

Bakor Paliko Pulang Kampuang, Gelar Sunatan Massal dan Bakti Sosial

PAYAKUMBUH - Perantau Minangkabau yang tergabung dalam Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Payakumbuh-Limapuluh Kota (Bakor Paliko) Indonesia, Malaysia, dan Australia pulang...
BERITA UTAMA

Perjalanan Study Komparatif Wartawan Luak 50 Ke Kota Bertuah

Pekan Baru-- Keberangkatan rombongan wartawan Luak 50 Ke Kota Pekan Baru (Riau) merupakan agenda Study Komparatif yang dilaksanakan oleh Dinas...
BERITA UTAMA

Selain Tokoh Nasional HDI Sangat Peduli Terhadap Mahasiswa Luak Limopuluah Yang Berada di Pulau Jawa

Bogor--- Herman Darnel Ibrahim (HDI) selain tokoh nasional juga memiliki sebuah kepedulian terhadap para mahasiswa yang berasal.darii lLuak 50 yang...
BERITA UTAMA

Projo Ganjar Laporkan Budi Arie Setiadi ke Ketua Ombudsman Republik Indonesia

JAKARTA - Projo Ganjar yang diketuai oleh Nora Haposan Situmorang S.H.,Melaporkan Budi Arie Setiadi yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika...

Wabup Paparkan Gagasan Membangun Dari Kawasan Pinggiran Limapuh Kota

Limapuluh Kota – Wabup Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) terus berupaya dalam membangun Limapuluh Kota kedepannya. Lewat gagasan Bupati, Dia bergerak dari Pinggiran Luak Nan Bungsu tersebut.

“Pagi ini kami bergerak menuju Galugua. Kegiatan ini adalah dalam rangka menterjemahkan gagasan Bupati, Membangun Dari Pinggir, ” ujar Rizki, Sabtu 22 Mei 2021.

Selanjutnya Rizki mengatakan Beberapa minggu yang lalu Bupati telah cek kondisi lapangan.

“Galugua adalah salah satu Nagari di Kecamatan Kapur IX dengan kondisi infrastruktur sangat memprihatinkan. Hanya mobil double gardan yang mampu menuju lokasi. Karena itu bupati menegaskan komitmennya untuk membangun Galugua. Insya Allah tahun ini ada anggaran untuk perbaikan jalan,” terang Rizki.

Masih menurut Rizki bahwa pembangunan fokus kepada program peningkatan ekonomi.

” Kami bergerak untuk melanjutkan apa yang telah beliau mulai. Kami lebih fokus kepada program peningkatan ekonomi. Ada tiga agenda kami di Galugua, :

1. Meninjau lokasi lahan percontohan budidaya jagung seluas lebih kurang 20 ha. Ini merupakan bagian dari rencana besar membuka 20 rb ha lahan untuk program swasembada jagung.

2. Temu ramah dengan niniak mamak pemilik ulayat bersama pemerintah nagari dan camat. Galugua kaya potensi. Ada sekitar 25 rb ha lahan di Galugua. Sangat sayang tidak terkelola secara maksimal.

3. Ekspedisi GALUGUA, menyusuri syurga yang terhampar di sana. Ada banyak potensi wisata belum dikenal. Kami ingin ekspos. Memperkenalkan destinasi hidden kita harus menjadi gerakan, ” papar Rizki.

Begitu pula Nagari Galugua sebagai kawasan pertumbuhan ekonomi.

” Kami saat ini hadir bersama beberapa OPD terkait. Kami ingin menjadikan Galugua sebagai kawasan pertumbuhan ekonomi baru, terintegrasi antara pembangunan pertanian, perikanan, peternakan, dan pariwisata,” imbuh Rizki. (Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *