BERITA UTAMA

Pengurus Pusat Serikat Pekerja Kerah Biru Hadiri Sosialisasi Empat Pilar di Gedung Nusantara IV

Jakarta,- Pengurus Pusat Federasi Serikat Pekerja Kerah Biru-Serikat Pekerja Seluruh Indonesia menghadiri undangan Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) pada acara...
BERITA UTAMA

Marta Uli Emmelia: Empat Pilar Kebangsaan Sangat Diperlukan Dalam Kehidupan Bernegara

Teks foto; Ketua Bidang Ekonomi dan Bisnis FSP Kerah Biru-SPSI, Marta Uli Emmelia., Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan Roderick Manna...
BERITA UTAMA

Pelepasan dan Perpisahan Kelas VI SD Plus Muhammadiyah Diwarnai Ketua LKAAM Payakumbuh

  Teks foto: Ketua LKAAM Payakumbuh Yendri Bodra Dt. Parmato Alam kepada 61 siswa kelas VI SD Plus Muhammadiyah Payakumbuh...
BERITA UTAMA

Bintang Utama Bantai KBS di LJP

Teks foto: SSB KBS dibantai SSB Bintang Utama dengan skor 0-6, di lapangan kelurahan Koto Baru, kecamatan Payakumbuh Timur, Jumat...
BERITA UTAMA

Bukti Rasa Syukur, Masyarakat Sijunjung Gelar Tradisi Bakaua Adat di Los Tobek

Sijunjung,Payakumbuhpos - Bakaua Adat adalah sebentuk tradisi yang ada dimasyarakat Minang Kabau, khususnya Kabupaten Sijunjung sebagai bentuk rasa syukur kepada...

Festival Literasi Kota Padang Panjang Disambut Antusias Pelajar

PADANG PANJANG – Pemko Padang Panjang bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat menggelar Festival Literasi dengan melibatkan kreatifitas literasi dan OPD setempat.

Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran BBA mengungkapkan festival ini harus mendorong berkembang tumbuhnya pusat kegiatan literasi di tingkat masyarakat. “Sebab program literasi merupakan salah satu jalan mencerdaskan masyarakat,” ujar Fadly dalam sambutannya.

Pemko Padang Panjang serius mendorong kegiatan literasi sebab sesuai dengan program smart city yang diembankan kepada kota serambi Mekkah ini. Apalagi hasil kajian kegiatan literasi di pemko dan pemkab Sumbar, kota Padang Panjang menempatkan nilai tertinggi setelah kota Payakumbuh.

Posisi kota Padang Panjang sebagai pusat konsentrasi literasi di Sumbar bukan saja dimulai sejak hari ini tetapi sudah dirintis sejak masa prakemerdekaan dengan munculnya tokoh tokoh pendidikan dari daerah ini.

“Kerena itu saya berharap kepada seluruh OPD juga membantu kegiatan literasi kepada masyarakaf selain dinas perpustakaan dan arsip serta forum literasi di daerah ini,” ujar Fadly.
Fadly juga mengharapkan pengembangan literasi di kota Padang Panjang dapat terlihat dari peningkatan indeks sumberdaya manusia dan peningkatan kapasitas pendidikan di daerah ini.

Menurut Fadly Amran, kota Padang Panjang meskipun secara demografi relatif kecil yakni terdiri hanya dua kecamatan seluas 44.km3 tetapi dia menginginkan kota dingin di Sumbar ini memiliki program pembangunan lebih besar dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Festival Literasi Kota Padang juga diwarnai dengan acara talkshow literasi dgn menampilkan Kepala Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Sumbar dan Padang Panjang serta aktifitis literasi kota Padang Panjang M. Subhan dipandu oleh Yusrizal Kw, salah satu penulis terkemuka di Sumbar.

Festival juga menganugerahkan penghargaan Bunda Literasi kepada istri Walikota Padang Panjang sebagai simbol pemasyarakatan program literasi sampai ke rumah dan disambut antusias pelajar. (awe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *