BERITA UTAMA

Ini Gugatan GPMania2024 ke PTUN Jakarta, Batalkan Pencapresan Prabowo-Gibran

Sunggul Hamonangan Sirait, SH, MH Payakumbuhpos.id -- Relawan Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD, GP Mania 2024 Reborn meminta...
BERITA UTAMA

Bakor Paliko Pulang Kampuang, Gelar Sunatan Massal dan Bakti Sosial

PAYAKUMBUH - Perantau Minangkabau yang tergabung dalam Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Payakumbuh-Limapuluh Kota (Bakor Paliko) Indonesia, Malaysia, dan Australia pulang...
BERITA UTAMA

Perjalanan Study Komparatif Wartawan Luak 50 Ke Kota Bertuah

Pekan Baru-- Keberangkatan rombongan wartawan Luak 50 Ke Kota Pekan Baru (Riau) merupakan agenda Study Komparatif yang dilaksanakan oleh Dinas...
BERITA UTAMA

Selain Tokoh Nasional HDI Sangat Peduli Terhadap Mahasiswa Luak Limopuluah Yang Berada di Pulau Jawa

Bogor--- Herman Darnel Ibrahim (HDI) selain tokoh nasional juga memiliki sebuah kepedulian terhadap para mahasiswa yang berasal.darii lLuak 50 yang...
BERITA UTAMA

Projo Ganjar Laporkan Budi Arie Setiadi ke Ketua Ombudsman Republik Indonesia

JAKARTA - Projo Ganjar yang diketuai oleh Nora Haposan Situmorang S.H.,Melaporkan Budi Arie Setiadi yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika...

Diisi 140 Pedagang, Pasar Pabukoan Jalan Sutan Usman Resmi Dibuka Walikota

Payakumbuh– Senin (6/5) bertepatan dengan hari pertama Bulan Ramadhan 1440 Hijriyah, Walikota Payakumbuh, Riza Falepi meresmikan beroperasinya Pusat Pasar Pabukoan di Kota Payakumbuh. Pasar tersebut terletak di Jalan Sutan Oesman, tidak jauh dari Tugu Adipura. Lokasi tersebut sudah bertahun-tahun disulap menjadi pusat pasar pabukoaan skala kota.

Hadir mendampingi Walikota, Sekdako Rida AnandaAsisten II Setdako, Elzadaswarman, Kapolsek Payakumbuh, AKP Julianson, Kadis Koperasi dan UKM, Herlina, Kasatpol PP dan Damkar, Devitra, Kepala Subdenpom, Kapten I Gusti Made. A, Kepala Cabang Bank BRI Payakumbuh Nicky Muhammad, serta sejumlah perwakilan PD se Kota Payakumbuh.

“Manfaatkanlah pasar pabukoan ini dengan baik. Nikmatilah segala kuliner yang tersedia. Selama sebulan ini, warga Payakumbuh akan dimanjakan dengan berbagai hidangan untuk berbuka,” ujar Wako Riza saat memberi sambutan pembukaan. 

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Walikota Payakumbuh dan dilanjutkan dengan Peninjauan ke lapak-lapak pabukoan yang sudah ramai dipadati oleh masyarakat yang membeli pabukoan.

Berbagai ragam makanan dan jajanan khas pabukoan tersedia, mulai dari kolak, es tebak, lapek bugih, lamang tapai, cendol hingga lauk pauk. Disamping itu juga ada beragam olahan sayuran seperti sayuran lotek, gado-gado anyang tersedia di pasar musiman setiap bulan Ramadhan itu. Hiruk pikuk jual beli menambah ceria suasana peninjauan lapak oleh walikota dan rombongan.

Usai peresmian, walikota beserta undangan meninjau seluruh kawasan pasar pabukoan sambil berdialog dengan pedagang.

“Lai lamak gulai cancang ko tek, atau lai kamek kolak kampiunnyo ni,” ucap Walikota Riza Falepi sembari dijawab candaan khas pula oleh para pedagang.

“Harus pak borong pabukoan kami ko pak, baru pak tahu lamak atau indaknyo,” jawab salah seorang pedagang yang berjualan gulai cancang.

Pada kesempatan itu, walikota juga mengingatkan agar para pedagang menjaga kehalalan, keamanan dan  kehigienisan jajanan mereka. Wako juga meminta agar pengelola pasar pabukoan mengatur jam buka berjualan di pasar pabukoan.

“Tolong jaga keamanan dan kebersihan makanan pabukoan ini, jangan pakai zat macam-macam seperti formalin, boraks, karena yang akan memakan adalah sanak saudara kita semuanya. Nanti juga akan ada inspeksi dari BBPOM, kalau kedapatan ada zat berbahaya, akan ditindak,” ingat Wako Riza.

Terhadap para pedagang telah disosialisasikan agar tidak menggunakan bahan serta zat berbahaya dalam makanan.

Sementara Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Payakumbuh, Herlina, menyebutkan ada empat sentra Pasar Pabukoan di daerah setempat.

Empat sentra tersebut pertama berada di Pusat Kota, tepatnya di Jalan Sutan Usman, kemudian Simpang Parik, Limbukan, dan Pasar Padang Kaduduak yang baru beroperasi kurang dari sebulan.

Sementara itu, Kabid Pengelola Pasar Arnel, menginformasikan, Pasar Pabukoan di Jalan Sutan Oesman sendiri akan diisi oleh 140 pedagang. (Ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *