BERITA UTAMA

Bintang Utama Bantai KBS di LJP

Teks foto: SSB KBS dibantai SSB Bintang Utama dengan skor 0-6, di lapangan kelurahan Koto Baru, kecamatan Payakumbuh Timur, Jumat...
BERITA UTAMA

Bukti Rasa Syukur, Masyarakat Sijunjung Gelar Tradisi Bakaua Adat di Los Tobek

Sijunjung,Payakumbuhpos - Bakaua Adat adalah sebentuk tradisi yang ada dimasyarakat Minang Kabau, khususnya Kabupaten Sijunjung sebagai bentuk rasa syukur kepada...
BERITA UTAMA

DPD Pappri Sumbar Himpun Dana Bencana Alam Sumatera Barat

Teks foto: Kru Pappri Sumbar ikut sakaki menghimpun pencarian dana bencana alam Sumatera Barat.       Payakumbuhpos.id | Payakumbuh-- Pasca...
BERITA UTAMA

Disorot Fraksi Golkar, Habiskan APBD Rp1,5 M, Kini Incinerator Sudah Menjadi Besi Tua

Teks foto: Wirman Putra-Juru Bicara Fraksi Golkar DPRD kota Payakumbuh.       Payakumbuhpos.id | Payakumbuh--- Gaung kasus incinerator di RSUD...
BERITA UTAMA

Lulus di ITB Lewat Jalur Undangan, YB. Dt. Parmato Alam Salurkan Bea Siswa

Teks foto: Yendri Bondra Dt. Parmato Alam salurkan bantuan bea siswa kepada Ranji Andiko yang lulus di ITB Bandung lewat...

Wujudkan TKKD yang Transparan dan Akuntabel, Pemkab Limapuluh Kota Kembali Raih WTP

Teks foto: Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, didampingi ketua komisi II DPRD setempat Syamsuirman di aula Gedung BPK RI Perwakilan Sumbar, kota Padang, Selasa 6 Mei 2024.

 

 

 

Payakumbuhpos.id | Limapuluh Kota–Wujudkan Tata Kelola Keuangan Daerah (TKKD) yang transparan dan akuntabel, pemerintah daerah kabupaten Limapuluh Kota dipimpin bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo. SH, kembali raih WTP kesembilan kalinya.

Opini WTP disampaikan saat penyerahan langsung Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2023 oleh Kepala BPK Perwakilan Sumatera Barat Arif Agus kepada bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, didampingi ketua komisi II DPRD setempat Syamsuirman di aula Gedung BPK RI Perwakilan Sumbar, kota Padang, Selasa 6 Mei 2024.

Pemerintah kabupaten Limapuluh Kota kembali menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), untuk kesembilan kalinya sejak tahun 2016 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Barat.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Herman Azmar, Kepala Badan Keuangan Win Hari Endi, Kepala BKPSDM Adrian Wahyudi, Kepala Kesbangpol Elsiwa Fajri, Kepala Inspektorat Irwandi, Sekretaris Dewan Fidria Falla dan ketua Komisi II DPRD Limapuluh Kota Samsuwirman.

“Alhamdulillah kabupaten Limapuluh pada tahun ini menerima penghargaan WTP berturut-turut sebanyak sembilan kali. Kami mengapresiasi dan penghargaan kepada BPK Perwakilan Sumbar atas opini WTP yang diperoleh pemerintah kabupaten Limapuluh Kota yang tak lepas dari bimbingan BPK dalam penyelenggaraan keuangan daerah,”ujar bupati Safaruddin.

Bupati Safaruddin menilai, Pernyataaan Opini WTP akan lebih memotivasi jajaran Pemerintah kabupaten Limapuluh Kota untuk meningkatkan pengelolaan anggaran sejalan dengan standar akuntansi pemerintahan.

Selain itu, bupati Safaruddin menambahkan, penghargaan tersebut adalah sebuah prestasi dari buah proses dukungan dan partisipasi semua Perangkat Daerah yang bersinergi bahu membahu melaksanakan penyusunan LKPD tahun 2023 sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

“Sehingga LKPD kabupaten Limapuluh Kota dapat memperoleh opini WTP dari BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat untuk yang kesembilan kalinya”papar bupati Safaruddin.

Sementara itu, kepala BPK Perwakilan Sumatera Barat Arif Agus didampingi Kasub Kor Sumbar 2 BPK Perwakilan Ali Toyyibi mengatakan, sesuai ketentuan UU No 15 tahun 2004, Pemkab Limapuluh Kota jadi salah satu daerah yang dapat mempercepat penyerahan laporan keuangan dari tahun sebelumnya.

Dengan penyerahan LKPD ini, Pemkab Limapuluh Kota juga mempercepat penyusunan dan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LPP) APBD tahun 2023 yang akan memberikan gambaran opini terbaik yaitu WTP.

“Selain itu, BPK juga mewajibkan Pemkab Limapuluh Kota untuk meninindak lanjuti Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) sebelumnya yang juga akan mempengaruhi Opini,”ujar Arif Agus.

Kemudian, ketua DPRD setempat diwakili ketua komisi II Syamsuirman, menyampaikan terimakasih kepada BPK Perwakilan Sumbar, khususnya para pemeriksa yang telah menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik serta berintegritas, independen dan profesional.

Dia berharap sinergi antara DPRD, pemerintah daerah, dan BPK dapat terus ditingkatkan untuk mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang akuntabel.

“Terima kasih yang setinggi-tingginya kepada BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat dan kepada pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pemeriksaan kinerja atas efektivitas upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan segala sektor,”tambah politisi partai Demokrat.

Dalam menghadapi hasil pemeriksaan ini, DPRD sebagai lembaga legislatif, akan terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk mendukung implementasi rekomendasi yang dihasilkan.

Syamsuirman meyakini, bahwa kerjasama yang baik antara eksekutif dan legislatif akan menjadi kunci dalam mencapai kemajuan yang berkelanjutan.

“Mari kita bersama-sama menjadikan laporan hasil pemeriksaan ini sebagai momentum untuk perbaikan dan peningkatan kinerja, tentu dengan mewujudkan TKKD yang transparan dan akuntabel,”jelas Syamsuirman yang kembali terpilih menjadi anggota DPRD setempat periode 2024-2029 itu. (Mal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *