BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Perantau IKK Pulang Kampung Ibarat Sitawa Sidingin Bagi Masyarakat, Utamakan Anak Yatim

Payakumbuhpos.id |Payakumbuh--- Luar biasa, perantau Ikatan keluarga Koto Nan Godang (IKK) pulang kampung ibarat sitawa sidingin bagi masyarakat, utamakan anak...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Ketua IKK Joni Hendri Lepas Perantau Pulang Basamo

Payakumbuhpos.id|Jakarta - Salah satu sunnah dalam safar yang dianjurkan oleh syariat dan bisa meringankan kesusahan safar adalah melakukan safar di...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR Nasional

Berkat Kepedulian Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto, Perantau Suayan Tiba Dikampung Halaman

Payakumbuhpos.id|Limapuluh Kota--- Perantau Suayan Jakarta sampai dikampung halaman (nagari Suayan), kecamatan Akabiluru, kabupaten Limapuluh Kota, disambut langsung Walinagari Suayan, Irwanul...
BERITA UTAMA

Safari Berbagai Daerah di Riau, Marta Uli Emmelia: UMKM Prioritas Utama Serikat Pekerja Kerah Biru

Jakarta - Ketua Bidang Ekonomi dan Bisnis Federasi Serikat Pekerja Kerah Biru (FSP Kerah Biru), Marta Uli Emmelia mengajak pekerja...
BERITA UTAMA

PAC Pasar Minggu Bersama BP2MI Sosialisasikan Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Teks foto; Ketua PAC Pasar Minggu, Musta'in (ist) JAKARTA - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Kecamatan Pasar Minggu yang...

Sukses Bupati Safaruddin, Beranjak Dari Gerbang Tol Hingga Terowongan

Teks foto: Sukses Bupati Safaruddin, Beranjak Dari Gerbang Tol Hingga Terowongan.

 

 

Payakumbuhpos.id |Limapuluh Kota—Kesuksesan bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo terlihat dari kiprahnya yang sangat luar biasa. Contohnya di Nagari Sarilamak, kecamatan Harau, meliputi nagari Ketinggian, Aia Putiah dan Buluh Kasok membentang jalan tol lebih kurang 10 Km. Nantinya akan dilengkapi gerbang tol dan terowongan.

“Kini Japan International Cooperation Agency (JICA) sebagai pihak pendanaan pembanguan tol Padang-Pekanbaru sudah melakukan survey terhadap trase tol Payakumbuh-Pangkalan,”ujar Walinagari Sarilamak Olly Wijaya dihadapan bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo selaku ketua Tim Safari Ramadhan (TSR) I di Mesjid Taqwa Jorong Buluh Kasok, Sabtu 24 Maret 2024.

Pembangunan tol tersebut, mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat Limapuluh Kota terutama di Nagari Sarilamak. JICA pun sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat Sarilamak terutama terhadap dampak lahan yang terkena pembangunan tol tersebut.

Safari Ramadhan Tim I itu, hadir Kepala Bapelitbang, Kepala Badan Keuangan, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Kesehatan serta sejumlah pejabat lainnya.

Dihadapan Bupati Limapuluh Kota, Olly Wijaya menyampaikan, pembangunan tol tersebut direncanakan pada 2027 mendatang. Untuk di Nagari Sarilamak nantinya adalah gerbang masuk dan keluar tol serta titik awal terowongan sepanjang 8,3 Km

“Di Nagari Sarilamak meliputi Ketinggian, Aia Putiah dan Buluh Kasok membentang jalan tol lebih kurang 10 Km. Nantinya akan dilengkapi gerbang tol dan terowong,” kata Olly Wijaya.

Dikatakan Olly, terowongan tol tersebut rencananya akan membor perbukitan di Jorong Buluh Kasok. Sosialisasi terhadap pembangunan tol serta dukungan dari nagari pun terus dilakukan.

“Selain rencana pembanguan tol, Walinagari Sarilamak juga berharap adanya perhatian Pemkab Limapuluh Kota untuk memperbaiki dan pembangunan jalan di Buluh Kasok. Kemudian soal normalisasi sungai disana yang selalu meluap hingga banjir merendam rumah warga,”sebut Olly Wijaya.

Dalam kesempatan itu bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo berterimakasih kepada masyarakat Buluh Kasok yang terus mendukung kelancaran pembangunan tol Padang-Pekanbaru trase Payakumbuh-Pangkalan.

Malam ini ceritanya “dari gerbang tol, beranjak hingga terowongan”. Keberhasilan ini adalah berkat kerjasama kita semua, baik itu pemerintah daerah, maupun pemerinrah nagari. Mudah-mudahan pembangunan gerbang tol dan terowongan terwujud nantinya.

“Kita minta dinas terkait mencatat aspirasi dari masyarakat Buluh Kasok ini. Perbaikan jalan dan normalisasi sungai serta perbaikan jembatan dilakukan secara bertahap,”ujar Bupati Safaruddin.

Sebelum penutupan Safari Ramadhan, Bupati Safaruddin serahkan bantuan senilai Rp20 juta untuk Mesjid Taqwa. Kemudian bantuan dari Baznas untuk warga kurang mampu. (Nura)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *