BERITA UTAMA

Bintang Utama Bantai KBS di LJP

Teks foto: SSB KBS dibantai SSB Bintang Utama dengan skor 0-6, di lapangan kelurahan Koto Baru, kecamatan Payakumbuh Timur, Jumat...
BERITA UTAMA

Bukti Rasa Syukur, Masyarakat Sijunjung Gelar Tradisi Bakaua Adat di Los Tobek

Sijunjung,Payakumbuhpos - Bakaua Adat adalah sebentuk tradisi yang ada dimasyarakat Minang Kabau, khususnya Kabupaten Sijunjung sebagai bentuk rasa syukur kepada...
BERITA UTAMA

DPD Pappri Sumbar Himpun Dana Bencana Alam Sumatera Barat

Teks foto: Kru Pappri Sumbar ikut sakaki menghimpun pencarian dana bencana alam Sumatera Barat.       Payakumbuhpos.id | Payakumbuh-- Pasca...
BERITA UTAMA

Disorot Fraksi Golkar, Habiskan APBD Rp1,5 M, Kini Incinerator Sudah Menjadi Besi Tua

Teks foto: Wirman Putra-Juru Bicara Fraksi Golkar DPRD kota Payakumbuh.       Payakumbuhpos.id | Payakumbuh--- Gaung kasus incinerator di RSUD...
BERITA UTAMA

Lulus di ITB Lewat Jalur Undangan, YB. Dt. Parmato Alam Salurkan Bea Siswa

Teks foto: Yendri Bondra Dt. Parmato Alam salurkan bantuan bea siswa kepada Ranji Andiko yang lulus di ITB Bandung lewat...

Serius Maju Pilkada, Ketua Pira Payakumbuh Mendaftar ke Parpol

Teks foto: Ketua Pira Yernita, S.H mendaftar ke DPD PAN, Nasdem dan DPC PPP, Selasa 7 Mei 2024.

 

 

Payakumbuhpos.id | Payakumbuh—Akhirnya, pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Payakumbuh diwarnai juga oleh peserta perempuan, bahkan semakin sengit. Hal ini terbukti ketika putri Latina juga merupakan anak nagori Koto Nan Ompek, Hj. Yernita, S.H mendaftar ke DPD PAN dan partai Nasdem, seterusnya ngambil formulir di PPP dan malamnya langsung mengantarkan formulir ke DPC PPP, Selasa 7 Mei 2024.

Sengit dan penuh warna itu, setelah salah seorang anggota DPRD Payakumbuh dari fraksi Gerindra, Yernita siap bertarung di Pilkada Payakumbuh yang akan dihelat serentak di Indonesia November mendatang.

Bukti siapnya dia berlaga diajang demokrasi itu, antarkan formulir pendaftaran bakal calon walikota Payakumbuh bersama niniak mamak, bundo kanduang dan pemuda-pemudi lainnya.

Kemudian anak Irwandi Dt. Mansahit Ka Ompek Suku dari pasukuan Tanjung kenagarian Lamposi Tigo Nagori Yernita, juga diantar suami Drs. Azmar,MP.d, niniak mamak Dt. Nadir didampingi Dt. Bagindo Simarajo dari Lamposi Tigo Nagari (Latina) dan bundo kanduang Koto Nan Ampek Yulia Darwis, Delta Erna, Yen Hemar, Enidardanita, Yulhelmi dan tokoh masyarakat lainnya.

Disampaikan Dt. Tunadie, kepada wartawan, kemanakannya, Yernita yang berdomisili di Koto Nan Ampek dan asli anak nagori Latina serius untuk maju sebagai calon walikota Payakumbuh.

“Insya Allah kami bersama tokoh masyarakat di Latina siap mengantarkan bundo kanduang Yernita sampai ke tahapan pilkada berikutnya. Karena kami di Latina juga berkeinginan agar keseriusan anak kemanakan kami ini dikabulkan oleh Allah SWT untuk ikut bertarung pada pemilihan walikota Payakumbuh nantinya,”terang Dt. Nadir.

Ditambahkan Dt. Bagindo Simarajo, selaku anggota DPRD kota Payakumbuh tentu Yernita sudah banyak pengalaman selama duduk menjadi anggota DPRD Payakumbuh. Bidang pendidikan menjadi program utamanya jika menjadi walikota ataupun wakil walikota Payakumbuh.

“Yernita dari kecil seorang pekerja keras, kalau sudah maju tidak ada gigi atreknya lagi. Terimakasih kepada parpol yang sudah menerima anak kemenakan kami Yernita mendaftar di partai politik, semoga dimudahkan jalannya menuju BA 1 M atau menjadi orang nomor 2 oleh Allah SWT,” ujarnya.

Ditambahkan bundo kanduang Yulia Darwis, selama ini, warga Payakumbuh sudah merasakan sepak terjang Yernita selama menjadi anggota DPRD Payakumbuh. Dia sangat peduli dengan warga miskin, dan selalu menyalurkan bantuan.

“Hebatnya lagi di kesempatan hari libur tak berhenti mengunjungi masyarakat, tokoh adat dan kelompok-kelompok masyarakat. Maka dari itu besar harapan kami anak kemanakan kami ini dilirik dan diusung oleh parpol untuk maju sebagai calon walikota Payakumbuh,”ulas Yulia Darwis.

Sementara itu, Yernita mengaku, benar-benar siap maju untuk kampung halaman jika terpilih menjadi walikota/wakil walikota Payakumbuh. Dan siap untuk mengikuti mekanisme penjaringan bakal calon walikota/wakil walikota Payakumbuh di parpol.

“Sekilas saya sampaikan visi-misi untuk Payakumbuh kedepan, pertama terkait perkembangan pendidikan, program pendidikan menjadi hal yang utama untuk di prioritaskan jika terpilih nanti jadi kepala daerah. Dan meningkatkan kesejahteraan sosial serta meningkatkan adat istiadat di kota Payakumbuh,”terang Yernita.

Selain itu perlu kita tingkatkan untuk perkembangan sumber daya manusia (SDM), karena dengan adanya peningkatan SDM yang baik kedepan, pikiran-pikiran pembangunan yang berkembang di kota Payakumbuh dewasa ini dapat mendorong proses pembangunan daerah kedepan.

Diakui Yernita dirinya punya jaringan kuat ke pusat, sebentar lagi Ketum Gerindra Prabowo Subianto, insya Allah bakal jadi presiden Indonesia. Saat ini Yernita juga menjabat sebagai ketua Pira (Perempuan Indonesia Raya) di partai Gerindra.

Anggota DPRD kota Payakumbuh dari partai Gerindra, Yernita optimis akan diberikan kesempatan oleh partai Gerindra untuk maju sebagai calon walikota Payakumbuh. Dan siap mendaftar ke parpol lain jika masih ada parpol yang buka pendaftaran bakal calon kepala daerah.

Yernita yang juga pernah merasakan asam manis di perantauan itu, juga mengungkapkan sekilas pantun,“Satinggi-tinggi tabangnyo Bangau, turunnyo ka kubangan juo (sejauh apa pun rantau anak minang, namun hati mereka tetap rindu pada kampung halaman). Hujan ameh di rantau urang, hujan batu di kampuang kito.

“Karena itu, berpandai-pandailah menjaga jembatan hati antara kampung dan rantau, sehingga tercipta satu visi, demi kemajuan pembangunan nagari, khususnya kota Payakumbuh,”ulasnya.

Di Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Yernita bersama relawan disambut Ketua DPD PAN Gusti Putra dan Tim penjaringan Indra Nazwar DPD PAN, Firman Salasa Dt. Paduko Tuan anggota DPRD terpilih, dan pengurus PAN lainnya.

“Insya Alllah Yernita diusung DPD PAN untuk calon walikota/wakil walikota Payakumbuh, karena kemarin mengambil formulir dan sekarang mengantarkan langsung formulir pendaftaran, hal ini sudah menunjukkan tekadnya untuk serius maju sebagai bakal calon walikota/wakil walikota Payakumbuh.

“Kita lihat pada pemilihan di kota Payakumbuh, pemilih perempuan 60 persen, Yernita satu-satunya di kota Payakumbuh bundo kanduang yang mendaftar sebagai bakal calon walikota/wakil walikota Payakumbuh dan perempuan pertama mendaftar di PAN. Yang akan kami calonkan nanti untuk kepala daerah adalah yang mendaftar ke PAN,”ujar Gusti Putra.

Bukti keseriusan Yernita untuk maju sebagai calon walikota/wakil walikota Payakumbuh juga ditunjukkannya dengan turut mengambil formulir sekaligus pada hari yang sama malamnya Yernita bersama relawan langsung antarkan formulir pendaftaran bakal calon walikota/wakil walikota Payakumbuh ke DPC PPP dan diterima langsung ketua penjaringan Zetrial didampingi pengurus DPC PPP lainnya.

Disampaikan Zetrial tim penjaringan bakal calon kepala daerah didampingi ketua Fitrayanto, SE, PPP terbuka untuk siapapun yang mendaftar. Untuk mekanismenya nanti kita akan menggelar seleksi. Bagi kandidat yang mendaftar nantinya, harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan PPP.

“Nantinya bakal calon yang sudah mendaftar akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya. Masing-masing calon akan dinilai integritasnya, kapabilitas, akseptabilitas dan elektabilitasnya. Kita akui di kota Payakumbuh tidak mengusung satu partai, karena itu kita akan melakukan koalisi dan kerjasama dengan partai lain,” tukas Zetrial.

Selain mendaftar ke PAN dan mengambil formulir ke PPP, Yernita juga kembali mengantarkan formulir pendaftaran bakal calon kepala daerah ke partai DPD Nasdem kota Payakumbuh, dan berkas pendaftaran langsung diterima ketua penjaringan Hendra Yani didampingi sekretaris partai Nasdem Andiko Jumarel.

“Semua aturan di partai Nasdem akan kita proses sesuai mekanismenya. Partai Nasdem taglinenya “Memanggil”, dan alhamdulilah satu-satunya putri terbaik di kota Payakumbuh, Yernita terpanggil untuk mendaftar sebagai calon kepala daerah ke partai Nasdem. Mudah-mudahan apa yang menjadi tagline partai Nasdem memanggil putra-putri terbaik kota Payakumbuh itu terwujud hendaknya,”ulas Andiko Jumarel.

Ditambahkan Hendra Yani ketua penjaringan partai Nasdem, nanti kita akan melakukan proses verifikasi terhadap proses administrasi, selanjutnya dilakukan rapat pleno untuk penetapan di DPD ini, kemudian berkas itu dibawa ke propinsi untuk diplenokan bakal calon walikota/wakil walikota Payakumbuh, terakhir dibawa ke DPP partai Nasdem untuk diputuskan dengan rentang waktu 15 hari.

“Mudah-mudahan dalam penjaringan ini, buk Yernita terjaring hingga ke DPP. Karena wanita juga setara dengan kaum laki-laki untuk mendapatkan tempat yang sama dalam penjaringan calon walikota/wakil walikota Payakumbuh,”terangnya. (Mal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *