BERITA UTAMA

Ini Gugatan GPMania2024 ke PTUN Jakarta, Batalkan Pencapresan Prabowo-Gibran

Sunggul Hamonangan Sirait, SH, MH Payakumbuhpos.id -- Relawan Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD, GP Mania 2024 Reborn meminta...
BERITA UTAMA

Bakor Paliko Pulang Kampuang, Gelar Sunatan Massal dan Bakti Sosial

PAYAKUMBUH - Perantau Minangkabau yang tergabung dalam Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Payakumbuh-Limapuluh Kota (Bakor Paliko) Indonesia, Malaysia, dan Australia pulang...
BERITA UTAMA

Perjalanan Study Komparatif Wartawan Luak 50 Ke Kota Bertuah

Pekan Baru-- Keberangkatan rombongan wartawan Luak 50 Ke Kota Pekan Baru (Riau) merupakan agenda Study Komparatif yang dilaksanakan oleh Dinas...
BERITA UTAMA

Selain Tokoh Nasional HDI Sangat Peduli Terhadap Mahasiswa Luak Limopuluah Yang Berada di Pulau Jawa

Bogor--- Herman Darnel Ibrahim (HDI) selain tokoh nasional juga memiliki sebuah kepedulian terhadap para mahasiswa yang berasal.darii lLuak 50 yang...
BERITA UTAMA

Projo Ganjar Laporkan Budi Arie Setiadi ke Ketua Ombudsman Republik Indonesia

JAKARTA - Projo Ganjar yang diketuai oleh Nora Haposan Situmorang S.H.,Melaporkan Budi Arie Setiadi yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika...

Rida Ananda Diprediksi Tetap Jadi Pj Wako Kabiro Pemerintahan: Kalau Diperpanjang, Tak Ada Lagi Pelantikan

Payakumbuh– Rida Ananda diprediksi masih dipercaya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), untuk menjadi Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Payakumbuh periode 2023-2024. Sebab, menjelang masa jabatannya sebagai Pj Wako periode 2022-2023 berakhir pada 23 September ini, Rida semakin menunjukkan prestasinya di tingkat nasional.

Terakhir, Selasa malam (29/8), Rida mendapat penghargaan sebagai Pj Wali Kota Inovatif dari Tempo Media Group. Tak tanggung-tanggung, penghargaan itu diserahkan langsung oleh Mendagri Tito Karnavian kepada Rida Ananda.

Beberapa jam sebelum menerima penghargaan sebagai Pj Kepala Daerah Inovatif dari Majalah Tempo, Rida Ananda pada Selasa siang (29/8), juga menerima dua penghargaan sekaligus dari Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar. Kedua penghargaan yang itu adalah Anugerah Nirwasita Tantra 2023 untuk Pemko Payakumbuh dan Green Leadership Nirwasita Tantra untuk Rida sebagai Kepala Daerah Berprespektif Lingkungan.

Pemeharti politik lokal di Payakumbuh Dr Wendra Yunaldi SH MH menilai, tiga penghargaan yang diterima Rida Ananda sepanjang Selasa lalu (29/8), bukan penghargaan kaleng-kaleng. Karena diberikan langsung oleh lembaga yang teruji independen dan Kementerian yang juga melibatkan tim independen.

“Ketiga penghargaan itu semakin menasbihkan keberhasilan Rida Ananda dalam melaksanakan tugasnya sebagai Pj Wako Payakumbuh. Setelah sebelumnya, juga dapat penghargaan pengendalian inflasi dari Kemendagri dan Kemenkeu. Dapat diperkirakan, ketiga penghargaan ini akan semakin memuluskan Rida Ananda untuk menjabat Pj Wako setahun lagi,” kata Dr Wendra Yunaldi.

Tanpa mengecilkan dua calon Pj Wako Payakumbuh lainnya yang diusulkan oleh Pemprov Sumbar kepada Kemendagri, Wendra meyakini, Rida Ananda akan kembali ditetapkan sebagai Pj Wako Payakumbuh. “Entah kalau Kemendagri dan Pemprov Sumbar, punya pertimbangan lain,” kata Wendra yang juga Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumbar.

Senada dengan Wendra, pemerhati politik lainya di Payakumbuh, Haji Desra, juga memprediksi, Rida Ananda akan kembali dikukuhkan sebagai Pj Wako Payakumbuh untuk setahun ke delan. Karena kinerjanya dalam setahun terakhir cukup baik.

“Penghargaan sebagai Pj Kepala Daerah Inovatif dari Tempo Media Group untuk Rida Ananda itu bukan penghargaan kaleng-kaleng. Apalagi diserahkan langsung oleh Mendagri Tito Karnavian. Saya yakin, Rida akan kembali dipercaya jadi Pj Wako,” kata Haji Desra.

Adapun Rida Ananda, tidak berkomentar banyak, soal masa jabatannya sebagai Pj Wako yang diperkirakan banyak pihak bakal diperpanjang oleh Kemendagri. “Soal ini, kita serahkan kepada Kemendagri dan Pemprov Sumbar. Kita siap ditempatkan di mana saja,” kata Rida Ananda.

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar Doni Rahmat Samulo yang dihubungi Padang Ekspres dari Payakumbuh menyebutkan, jika masa jabatan Pj Wako Payakumbuh saat ini langsung diperpanjang, maka otomatis tidak akan dilakukan lagi pelantikan oleh Kemendagri atau Gubernur Sumbar. “Kalau diperpanjang, itu tak ada lagi pelantikan. Yang ada itu paling penyerahan SK baru dari Kemendagri. Setelah itu langsung bertugas,” kata Doni.

Namun, sampai pekan ini, menurut Doni Rahmat Samulo, Pemprov Sumbar belum dapat kepastian dari Kemendagri, apakah masa jabatan Pj Wako Payakumbuh saat ini akan diperpanjang. Atau akan ada Pj Wako baru yang ditunjuk sampai Payakumbuh memilih pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Defenitif.

Meski demikian, Doni Rahmat Samulo secara pribadi mengakui, kinerja Pj Wako Payakumbuh saat ini, cukup baik. Terakhir, mendapat penghargaan pengendalian inflasi dari Kemendagri dan Kemenkeu dengan hadiah berupa dana insentif fiskal lebih dari Rp9 miliar untuk Payakumbuh. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *