BERITA UTAMA

Ini Gugatan GPMania2024 ke PTUN Jakarta, Batalkan Pencapresan Prabowo-Gibran

Sunggul Hamonangan Sirait, SH, MH Payakumbuhpos.id -- Relawan Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD, GP Mania 2024 Reborn meminta...
BERITA UTAMA

Bakor Paliko Pulang Kampuang, Gelar Sunatan Massal dan Bakti Sosial

PAYAKUMBUH - Perantau Minangkabau yang tergabung dalam Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Payakumbuh-Limapuluh Kota (Bakor Paliko) Indonesia, Malaysia, dan Australia pulang...
BERITA UTAMA

Perjalanan Study Komparatif Wartawan Luak 50 Ke Kota Bertuah

Pekan Baru-- Keberangkatan rombongan wartawan Luak 50 Ke Kota Pekan Baru (Riau) merupakan agenda Study Komparatif yang dilaksanakan oleh Dinas...
BERITA UTAMA

Selain Tokoh Nasional HDI Sangat Peduli Terhadap Mahasiswa Luak Limopuluah Yang Berada di Pulau Jawa

Bogor--- Herman Darnel Ibrahim (HDI) selain tokoh nasional juga memiliki sebuah kepedulian terhadap para mahasiswa yang berasal.darii lLuak 50 yang...
BERITA UTAMA

Projo Ganjar Laporkan Budi Arie Setiadi ke Ketua Ombudsman Republik Indonesia

JAKARTA - Projo Ganjar yang diketuai oleh Nora Haposan Situmorang S.H.,Melaporkan Budi Arie Setiadi yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika...
WISATA  

Pulai Sanding Ditetapkan Sebagai Wilayah Sumbar

Padang, – Lagu Indonesia Raya menggema saat upacara pemancangan tapal batas Sumatera Barat-Bengkulu di Pulau Sanding atau warga lokal menyebutnya Pulau Beriloga Sabeu di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Kementerian Dalam Negeri telah menetapkan pulau ini sebagai milik Sumbar. Hari ini kita melakukan pemancangan tapal batas dihadiri jajaran Pemprov Sumbar dan Kabupaten Mentawai,” kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Jainaldy di Mentawai, Senin.

Berdasarkan Berita Acara Kesepakatan Penyusunan Review Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di Wilayah Perbatasan Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Bengkulu Nomor 523/1312-DKP.3/V/2017 tanggal 3 Mei 2017 serta berdasarkan Gazeter Nasional Tahun 2020 yang menyatakan bahwa pulau ini adalah milik Sumbar.

Pemerintah daerah bisa mengambil kebijakan dalam pemeliharaan dan pengembangan ke depan, karena kawasan Pulau Sanding memiliki potensi dikembangkan sebagai wisata eksklusif untuk surfing, diving maupun snorkeling.

“Tahun ini Bandara Rokot di Sipora selesai dikerjakan penambahan panjang landasan pacu menjadi 1500 M sehingga bisa didarati pesawat ATR. Kementerian Perhubungan juga berjanji tahun ini memberikan bantuan kapal untuk transportasi antar pulau sehingga akses semakin baik,” ujar Audy.

Dalam kegiatan pemancangan yang dikemas dalam ekspedisi Beriloga Sabeu Island tersebut, Audy sengaja menggunakan jet ski, tidak menggunakan kapal.

“Ini untuk menunjukkan bahwa Mentawai sebenarnya tidak sulit untuk dikunjungi. Bahkan dengan jet ski bisa ditempuh dari Padang,” ujarnya.

Pulau Sanding atau Beriloga Sabeu tersebut berjarak sekitar 150 mil dari Kota Padang yang harus ditempuh selama 6 jam perjalanan menggunakan kapal cepat.

Pulau itu menjadi batas bagian selatan Sumbar berbatasan dengan Bengkulu. Pulau itu masuk daerah Kabupaten Mentawai.

Source : Suara

Editor : Abil Muhari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *