BERITA UTAMA

Ini Gugatan GPMania2024 ke PTUN Jakarta, Batalkan Pencapresan Prabowo-Gibran

Sunggul Hamonangan Sirait, SH, MH Payakumbuhpos.id -- Relawan Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD, GP Mania 2024 Reborn meminta...
BERITA UTAMA

Bakor Paliko Pulang Kampuang, Gelar Sunatan Massal dan Bakti Sosial

PAYAKUMBUH - Perantau Minangkabau yang tergabung dalam Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Payakumbuh-Limapuluh Kota (Bakor Paliko) Indonesia, Malaysia, dan Australia pulang...
BERITA UTAMA

Perjalanan Study Komparatif Wartawan Luak 50 Ke Kota Bertuah

Pekan Baru-- Keberangkatan rombongan wartawan Luak 50 Ke Kota Pekan Baru (Riau) merupakan agenda Study Komparatif yang dilaksanakan oleh Dinas...
BERITA UTAMA

Selain Tokoh Nasional HDI Sangat Peduli Terhadap Mahasiswa Luak Limopuluah Yang Berada di Pulau Jawa

Bogor--- Herman Darnel Ibrahim (HDI) selain tokoh nasional juga memiliki sebuah kepedulian terhadap para mahasiswa yang berasal.darii lLuak 50 yang...
BERITA UTAMA

Projo Ganjar Laporkan Budi Arie Setiadi ke Ketua Ombudsman Republik Indonesia

JAKARTA - Projo Ganjar yang diketuai oleh Nora Haposan Situmorang S.H.,Melaporkan Budi Arie Setiadi yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika...

Program FAGE Rp1 Miliar Per Kecamatan, Ini Jawaban Genius

Irjen Polisi Fakhrizal dan Doktor Genius Umar (Ist)

PADANG – Pasangan Calon (Paslon) Fakhrizal-Genius Umar (FAGE) Gubernur Sumbar saat mendaftar ke KPU Sumbar Minggu 6 September 2020 meneguhkan kesiapannya untuk Program Satu Miliar Rupiah per Satu Kecamatan.

Banyak yang pro kontra?

Cawagub Genius Umar yang dikenal sebagai Walikota sarat inovasi dan brilian berkreasi hanya menjawab dengan tersenyum.

“Wajar ada yang pro-kontra itu tanda bagaimana kepedulian orang Sumbar untuk menjadikan Sumbar itu Maju dalam satu gerakan Bersatu Sumbar Maju, seayun selangkah kito,”ujar Genius Umar kepada media di Padang, Selasa 8/9.

Genius Umar, jebolan STPDN dan bergelar doktor ini mengatakan kalau tidak bisa tidak mungkin FaGe mencanangkan Rp 1 M per Kecamatan di Sumbar.

“Insya Allah kemampuan APBD Sumbar itu mampu mengcover dana Rp 1 miliar per kecamatan setiap tahun,”ujar Genius Umar.

Pemerintahan Kecamatan sebagai perpanjangan pemerintahan dari pusat hingga kota dan kabupaten adalah gerbang pertama melayani masyarakat.

“Kalau pemerintahan di kecamatan itu hanya menerima proposal dan usulan dari masyarakat lalu diteruskan ke pemerintah kota dan kabupaten semangat mendekati pelayanan ke publik dan menebas birokrasi panjang negeri, akan hanya lisp service saja,”ujar Genius yang di Pariaman mampu melahirkan program pro rakyat seperti gratis sekolah SMM Sederajat dengan mengalokasikan APBD Pariaman untuk membayar uang sekokah pelajar SMA sederajat di Pariaman.

Lalu Genius Umar juga mampu memberikan beasiswa dan membaiyai mahasiswa anak pariaman berkuliah di perguruan tinggi ternama dengan menyeleksi sesuai nilai mereka raih di kampusnya.
Ups satu lagi satu rumah tangga miskin satu sarjana.

“Pendidikan adalah cara pas untuk memutus mata rantai kemiskinan,”ujar Genius.

Kembali soal satu miliar satu kecamatan, Genius memastikan program teranyar FaGe itu adalah untuk mendekatkan pelayanan pemerintah dan pemberdayaan kepada masyarakat.

“Dengan dana satu miliar per kecamatan dikelola pemerintahan kecamatan dan diawasi peruntukannya secara ketat, maka masyarakat yang ingin mengakses program tersebut tidak perlu bolak-balik lagi ke kantor bupati atau kantor walikota,”ujar Genius.

Terus bagaiamana caranya, Genius Umar pun tersenyum.

“Itu program FaGe jika didetilkan saat ini tidak elok dan tidak etislah. Tapi pastinya program diusung FaGe adalah visible dan realistis. Kami sudah siap untuk action tanpa melabrak ketentuan perUUan yang berlaku,”ujar Genius Umar (*/Tata)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *