BERITA UTAMA

Bawaslu Kota Bukittinggi Melantik 129 Anggota PTPS Se-Kecamatan Guguk Panjang

Bukittinggi, Payakumbuhpos.id,-- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bukittinggi melaksanakan pelantikan dan pembekalan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kecamatan Guguak Panjang,...
BERITA UTAMA

Bantai Minang Sejagat 3-0, ISSB Payakumbuh Raih Juara I di Turnamen Pospa Cup II

Payakumbuhpos.id| Payakumbuh---Diawali dengan membantai Minang Sejagat 3-0, akhirnya ISSB Payakumbuh keluar sebagai juara I U-14 setelah mengalahkan Victory 4-3 dalam...
BERITA UTAMA

Wulan Denura : Anggota Paskibraka Pondasi dalam Mencapai Cita-cita Kedepan

Teks foto: Wakil ketua DPRD kota Payakumbuh, Wulan Denura, S.ST.     Payakumbuhpos.id|Payakumbuh--- Tiap tahun, tepatnya pada tanggal 17 Agustus,...
BERITA UTAMA

Luar Biasa, Winda Lorita Bawa Buah Tangan Untuk Membakar Semangat Tim Kota Biru Payakumbuh di LSI

Teks foto; Mangagetkan---Semangat Tim Kota Biru Payakumbuh dibakar Winda Lorita di stadion Danu Setiawan, Kamis 27 Juni 2024.    ...
BERITA UTAMA

Dengan Semangat Menyala, Kota Biru Payakumbuh di LSI Tingkat Nasional Diyakini Lolos ke Babak Berikutnya

Teks foto: Salah seorang pemain Kota Biru Payakumbuh Habibi mencoba mengiring bola ke gawang tim Ocehan Stars Banten, namun gagal...

Pj.Walikota Payakumbuh Menghadiri Kegiatan Sosialisasi PAKEM

Payakumbuh – Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Jasman menghadiri kegiatan sosialisi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) yang difasilitasi Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Payakumbuh di Hotel Kolivera, Kamis (16/11/2023).

Dalam sambutannya Pj Wako Payakumbuh, Jasman mengatakan Kota Payakumbuh memiliki masyarakat yang sangat heterogen, beraneka suku bangsa dan agama yang menjadikan potensi gesekan antar masyarakat juga rawan terjadi.

“Perkembangan teknologi informasi juga banyak mempengaruhi dinamika kehidupan masyarakat. Isu-isu terkait agama dan suku bangsa menjadi bahan yang cenderung mudah membuat masyarakat terbawa arus provokasi,” katanya.

Hal tersebut tentunya dapat memicu perpecahan di kalangan masyarakat sendiri, disaat persatuan dan kesatuan menjadi hal yang sangat dibutuhkan bangsa Indonesia saat ini.

“Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dan ucapan terimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya sosialisasi PAKEM ini,” ujarnya didampingi Kepala Kantor Kesbangpol Dipa Surya Persada.

Dengan pelaksanaan kegiatan ini, akan diperoleh informasi dan dapat menyamakan persepsi dalam rangka menciptakan kehidupan masyarakat payakumbuh yang aman, tentram, damai dan sejahtera.

“Bahwa perkembangan isu dan fenomena adanya aliran-aliran yang ada di tengah masyarakat perlu diwaspadai karena aliran-aliran itu cukup mudah dipelajari dari perangkat teknogi atau internet oleh karena itu diperlukan upaya preventif untuk menghindari perpecahan dan radikalisme,” katanya.

Selanjutnya dengan adanya Koordinasi dan Sosialisasi PAKEM diharapkan mampu melakukan pendataan dan validasi terhadap seluruh aliranaliran atau perkumpulan keagamaan yang ada di masyarakat.

“Kami berharap sosialisasi ini mampu memberi langkah-langkah yang tepat bagi instansi terkait dan masyarakat untuk bisa turut berperan dalam mencegah adanya pengaruh-pengaruh yang bisa menimbulkan gesekan ditengah masyarakat,” ujarnya.

Kepala Kejaksaan Negeri Payakumbuh yang juga Ketua PAKEM Slamet Haryanto mengatakan koordinasi terkait PAKEM akan dilaksanakan lebih intensif mengingat situasi politik menjelang pemilu.

“Kami berharap nantinya aliran kepercayaan maupun keagamaan dipergunakan dalam hal-hal yang tidak benar saat Pemilu,” katanya.

Ia mengatakan dalam PAKEM tidak dapat hanya dilaksanakam pemerintah atau aparat keamanan saja namun juga membutuhkan bantuan dari masyarakat.

“Semoga ke depannya kita terus dapat menjaga kondusifitas di Kota Payakumbuh. Mari kita perkuat sinergitas dan intensifkan komunikasi,” ujarnya (Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *