BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

YB Dt. Parmato Alam, Jambangi Bara Cafe Bandarawang

Payakumbuhpos.id | Payakumbuh---Ketua DPRD kota Payakumbuh periode 2014-2019 Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, jambangi Bara Cafe Bandarawang milik Fajri di kelurahan...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Warga Koto nan Gadang Payakumbuh Utara Berhalal Bihalal Bersama Perantau

Payakumbuhpos.id|Payakumbuh--- Halal bihalal biasanya diselenggarakan di rumah atau tempat yang besar, dengan tujuan untuk saling bersilaturahmi khususnya pada saat usai...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR WISATA

Polres dan Disparpora Limapuluh Kota Bangun Hospitality Kepariwisataan

Payakumbuhpos.id|Limapuluh Kota---Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf, S.H., S.I.K., M.H., bersama jajaran terus ciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Perantau IKK Pulang Kampung Ibarat Sitawa Sidingin Bagi Masyarakat, Utamakan Anak Yatim

Payakumbuhpos.id |Payakumbuh--- Luar biasa, perantau Ikatan keluarga Koto Nan Godang (IKK) pulang kampung ibarat sitawa sidingin bagi masyarakat, utamakan anak...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Ketua IKK Joni Hendri Lepas Perantau Pulang Basamo

Payakumbuhpos.id|Jakarta - Salah satu sunnah dalam safar yang dianjurkan oleh syariat dan bisa meringankan kesusahan safar adalah melakukan safar di...
WISATA  

Pj Walikota Payakumbuh Lepas 20 Ribu Bibit Ikan Lele

Payakumbuh – Pj. Wali Kota Payakumbuh lepas 20ribu bibit ikan lele di Pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan) Lubuak Basamo, Kelurahan Koto Panjang Payobasung, Jumat (17/11/2023).

“Ini merupakan bantuan dari dana insentif fiskal tahun berjalan yang kita terima beberapa waktu lalu dan melekat di DPA Dinas Pertanian sebesar Rp. 2.194.241.570,” kata Pj. Wali Kota Payakumbuh Jasman.

Selain itu, dijelaskan Jasman dana insentif fiskal di Dinas Pertanian sepenuhnya digunakan untuk kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat petani, peternak maupun pembudidaya ikan.

“Kita juga berikan bantuan ternak itik untuk KK miskin sebanyak 10 KK. Bantuan ternak ayam untuk 10 KK stunting. Budikdamber untuk KK stunting sebanyak 150 paket, pelatihan olahan ikan untuk 300 KK stunting,” ucapnya.

“Semoga bantuan yang kita salurkan hari ini bisa bermanfaat bagi masyarakat kita. Bisa terbebas dari kemiskinan ektrem dan stunting, serta laju inflasi di Payakumbuh bisa terus terjaga.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh Depi Sastra mengatakan selain bantuan untuk KK miskin dan KK stunting, juga diberikan bantuan untuk Pokdakan dan Kelompok Tani (Poktan).

“Kita juga berikan bantuan saranan dan prasarana untuk 2 Pokdakan lele dan nila. Pemanfaatan lahan tidur 6,6 hektar untuk ditanami jagung. Budidaya cabe untuk Poktan sebanyak 1 hektar, dan bantuan alsintan sebanyak 30 unit,” ujarnya.

“Dan kita juga berikan sekolah lapangan dan pelatihan pemberantasan OPT tikus dan cabe,” tambahnya.

Depi menjelaskan selain dari dana insentif fiskal, sebelumnya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), APBD Provinsi dan APBD Kota Payakumbuh juga telah memberikan bantuan dan pembangunan sarana dan prasarana tani untuk masyarakat.

“Kita juga sudah membangun 12 paket jalan usaha tani (JUT) serta 15 paket pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi tersier dari DAK. Memberikan bantuan hibah uang untuk pembelian benih padi, jagung, dan bawang merah kepada 47 poktan dari APBD Kota. Dan dari APBD Provinsi bantuan ternak kambing sebanyak 100 ekor, itik 1000 ekor dan JUT 12 paket,” terangnya.

“Semua bantuan ini dilakukan dalam rangka mendongkrak produktifitas pertanian yang akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan petani,” tutupnya.

Dikesempatan itu juga, Ketua Pokdakan Lubuak Basamo, Nasrial mengucapkan terimakasih kepada Pemko Payakumbuh yang telah menyalurkan bantuan bibit ikan lele untuk meningkatkan kesejahteraan kelompoknya.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur sekali dengan bantuan dari Pak Wali Kota dan jajaran, mudah-mudahan kedepannya ini bisa membantu mendongrak perekonomian masyarakat disini khususnya anggota Pokdakan Lubuak Basamo,” pungkasnya. (Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *