BERITA UTAMA

Ini Gugatan GPMania2024 ke PTUN Jakarta, Batalkan Pencapresan Prabowo-Gibran

Sunggul Hamonangan Sirait, SH, MH Payakumbuhpos.id -- Relawan Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD, GP Mania 2024 Reborn meminta...
BERITA UTAMA

Bakor Paliko Pulang Kampuang, Gelar Sunatan Massal dan Bakti Sosial

PAYAKUMBUH - Perantau Minangkabau yang tergabung dalam Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Payakumbuh-Limapuluh Kota (Bakor Paliko) Indonesia, Malaysia, dan Australia pulang...
BERITA UTAMA

Perjalanan Study Komparatif Wartawan Luak 50 Ke Kota Bertuah

Pekan Baru-- Keberangkatan rombongan wartawan Luak 50 Ke Kota Pekan Baru (Riau) merupakan agenda Study Komparatif yang dilaksanakan oleh Dinas...
BERITA UTAMA

Selain Tokoh Nasional HDI Sangat Peduli Terhadap Mahasiswa Luak Limopuluah Yang Berada di Pulau Jawa

Bogor--- Herman Darnel Ibrahim (HDI) selain tokoh nasional juga memiliki sebuah kepedulian terhadap para mahasiswa yang berasal.darii lLuak 50 yang...
BERITA UTAMA

Projo Ganjar Laporkan Budi Arie Setiadi ke Ketua Ombudsman Republik Indonesia

JAKARTA - Projo Ganjar yang diketuai oleh Nora Haposan Situmorang S.H.,Melaporkan Budi Arie Setiadi yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika...

Perkuat Kemampuan Bicara, DPC KPPI Bersama DP3AP2KB Kota Payakumbuh Gelar Sosialisasi Publik Speaking

Payakumbuh — Mengatasi rasa takut dan gugup saat berbicara di depan umum adalah suatu keterampilan yang dapat dipelajari oleh siapa saja. Sebagian besar orang mengalami rasa gugup dan takut saat harus berbicara di depan umum, dan hal ini wajar terjadi,” ujar ketua DPC KPPI Kota Payakumbuh Wulan Denura saat membuka sosialisasi publik speaking KPPI yang berlangsung di aula DPRD Kota Payakumbuh.

Kegiatan yang dihelat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kota Payakumbuh bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Payakumbuh tersebut diikuti seluruh anggota DPC KPPI Kota Payakumbuh serta anggota partai perempuan se-kota Payakumbuh.

Hadirkan narasumber dari kampus UNAND dosen prodi ilmu komunikasi (Yesi Puspita) bersama ketua DPC KPPI Kota Payakumbuh (Wulan Denura), kegiatan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan Mars KPPI.

Wulan katakan jika kegiatan sosialisasi yang dihelat DPC KPPI Kota Payakumbuh merupakan kegiatan pertama pasca setelah dikukuhkan beberapa waktu lampau. Ketua DPC KPPI yang juga merupakan Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh itu meminta kaum perempuan di kota Payakumbuh mampu berbicara didepan umum dan mampu membangun komunikasi dengan siapapun sehingga setiap ide yang ada dalam dirinya dapat tersampaikan dengan baik.

Menurut Wulan, salah satu kendala yang paling mendasar pada diri perempuan adalah kurang mampu menyampaikan pendapat atau berkomunikasi dengan baik, sehingga, kondisi ini sangat berpengaruh pada peningkatan dan pengembangan dirinya. Padahal seseorang atau siapapun akan dapat dilihat kemampuan dan kualitas dirinya dari cara orang tersebut berkomunikasi dengan orang lain serta mampu menyampaikan ide atau buah pikirannya kepada orang lain.

Selain itu, Wulan juga melihat permasalahan kurangnya kecakapan perempuan dalam berbicara didepan umum karena berbagai sebab, diantaranya karena tidak pernah berorganisasi, tidak pernah mengikuti pelatihan maupun tidak pernah mengikuti kegiatan-kegiatan yang sifatnya mampu meningkatkan kapasitas dan kualitas kemampuan dirinya.

“Mulai sekarang, perbanyaklah ikuti pelatihan seperti ini karena akan meningkatkan kapasitas diri, dulu saya juga tidak pinter berbicara, rasa grogi juga saya rasakan saat berbicara, tapi saya belajar, mengikuti pelatihan dan menempa diri, Alhamdulillah sekarang saya sudah tidak grogi lagi saat berbicara” ujar Wulan, Selasa (12/9/2023).

Tidak lupa, Srikandi dari Partai Gerindra itu turut utarakan rasa kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan sosialisasi Public Speaking untuk seluruh anggota KPPI dan anggota partai perempuan se-kota Payakumbuh.

“Kami dari DPC KPPI Kota Payakumbuh sangat berterimakasih atas dukungan dari semua pihak, terutama kepada DP3AP2KB kota Payakumbuh yang telah menyediakan wadah bagi DPC KPPI Kota Payakumbuh,” ungkap Wulan semangat.

Wulan mengajak peserta agar memanfaatkan kesempatan sosialisasi Public Speaking yang didapat hari ini.

“Public Speaking sangat dibutuhkan dalam kehidupan yang semakin kompleks, kemampuan komunikasi adalah bagian dari Capability yang harus dimiliki, terutama bagi kaum perempuan yang kelak akan menjadi wakil rakyat tentunya,” tegasnya.

Sementara itu, kepala DP3AP2KB kota Payakumbuh Agustion katakan bahwa pelatihan tersebut dilaksanakan guna meningkatkan dan memberikan edukasi untuk memajukan keterampilan pendidikan di Indonesia terutama bagi kaum perempuan ketika dihadapan publik.

“Pelatihan public speaking ini tidak hanya diberikan materi saja, namun banyak melakukan kegiatan untuk mengasah kemampuan komunikasi para kaum hawa, pelatihan ini dibekali dengan materi membangun kepercayaan diri perempuan, mengelola rasa takut, belajar cara berbicara yang baik hingga body language,” ucapnya.

Lanjutnya, Agustion berharap sosialisasi ini sebagai wadah untuk perempuan di Kota Payakumbuh dalam mengembangkan kemampuan dan soft skill para kaum hawa di DPC KPPI Kota Payakumbuh yang berkualitas melalui pelatihan Public Speaking.

“Kami harap para ibu-ibu di KPPI ini jangan pernah malu dan takut dalam menggali potensi yang ada didalam diri, tumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi, dan jadilah diri sendiri dan Public speaking bukan bakat dari lahir, jadi semua orang bisa belajar melalui latihan, semangat ya,” ujarnya.

Agustion juga menyampaikan terimakasih kepada DPC KPPI Kota Payakumbuh yang telah memprakarsai kegiatan sosialisasi Public Speaking.

“Kami ucapkan terimakasih kepada DPC KPPI Kota Payakumbuh yang sudah memprakarsai kegiatan ini, dan kami harap KPPI Payakumbuh lebih banyak berkoordinasi dengan DP3AP2KB dalam perkembangan dan kemajuan kaum perempuan di kota Randang ini,” harapnya. (Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *