BERITA UTAMA

Perjalanan Study Komparatif Wartawan Luak 50 Ke Kota Bertuah

Pekan Baru-- Keberangkatan rombongan wartawan Luak 50 Ke Kota Pekan Baru (Riau) merupakan agenda Study Komparatif yang dilaksanakan oleh Dinas...
BERITA UTAMA

Selain Tokoh Nasional HDI Sangat Peduli Terhadap Mahasiswa Luak Limopuluah Yang Berada di Pulau Jawa

Bogor--- Herman Darnel Ibrahim (HDI) selain tokoh nasional juga memiliki sebuah kepedulian terhadap para mahasiswa yang berasal.darii lLuak 50 yang...
BERITA UTAMA

Projo Ganjar Laporkan Budi Arie Setiadi ke Ketua Ombudsman Republik Indonesia

JAKARTA - Projo Ganjar yang diketuai oleh Nora Haposan Situmorang S.H.,Melaporkan Budi Arie Setiadi yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika...
BERITA UTAMA

Hindari Sengketa Tanah Ulayat, Rezka Oktoberia Apresiasi Mentri ATR/BPN

Limapuluh Kota - Rezka Okberia Anggota DPR RI dari Komisi yang juga bermitra dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang /...
BERITA UTAMA

Baru Beberapa Hari Dipimpin Jasman , Pemko Payakumbuh Raih Prestasi TP2DD

Payakumbuh—Upaya digitalisasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh kembali menoreh prestasi. Kali ini, Payakumbuh dinobatkan sebagai Tim Percepatan dan Perluasan...

PDAM Gelar Sosialisasi Dan Konsultasi Publik

PAYAKUMBUH- Aisten III Setdako Payakumbuh, Iqbal Bermawi, di Ruang Rapat Walikota Payakumbuh, Lantai II Balaikota Payakumbuh, eks Lapangan Poliko, membuka Sosialiasi Permendagri Nomor 71 Tahun 2016 tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum dan Konsultasi Publik Penyesuaian Tarif Air Minum dan Non Air kepada eksekutif yang digelar PDAM Kota Payakumbuh, Selasa (17/7/2018).

Dihadapan Dirut PDAM Payakumbuh, Herry Iswahyudi dan jajaran, serta sejumlah pejabat di Perangkat Daerah Pemko Payakumbuh, Iqbal, berpesan kiranya kegiatan ini bisa secara luas dan terinci disampaikan kepada masyarakat.

“Sehingga masyarakat dapat memahami persoalan yang dihadapi PDAM dan upaya yang sedang dan terus diupayakan PDAM dalam melayani masyarakat Payakumbuh,” ujar Iqbal mengingatkan.

Sementara, Dirut PDAM Payakumbuh, Herry, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan sosialiasi pertama dan memilih segmen eksekutif. “Setelah ini, kita akan hearing dengan legislatif, bertemu dengan masyarakat di lima kecamatan, maupun dengan masyarakat lainnya,” katanya.

Herry menjelaskan, jumlah pelanggan PDAM Kota Payakumbuh saat ini telah mencapai 27.450 SR atau 96,74 % cakupan pelayanan masyarakat kota yang didukung dengan kapasitas produksi sebesar 328 lt/dt.

“Sebagai entitas publik dan bisnis, PDAM dituntut dapat memenuhi kebutuhan dan pelayanan kepada masyarakat dengan tarif yang terjangkau. Kita menyadari bahwa tahun-tahun belakangan ini pelayanan PDAM mengalami penurunan sehigga tidak lagi dapat memenuhi standar pelayanan yang diharapkan. Karenanya, demi menjamin kelancaran pelayanan kepada masyarakat, PDAM Kota Payakumbuh melakukan pemeliharaan terhadap jaringan perpipaan yang terpasang serta penambahan jaringan agar dapat menjangkau seluruh kawasan Kota Payakubuh,” ungkap Herry

Katanya, dari proyeksi pertumbuhan serta peningkatan tarap hidup masyarakat, memberikan peluang peningkatan pendapatan PDAM yang berujung kepada peningkatan pelayanan dan kontribusi PAD. Peningkatan pendapatan tersebut dapat dilakukan melalui kebijakan peyesuaian tarif guna menutupi beban biaya operasional yang relatif meningkat setiap tahunnya (dari tahun 2014 s/d 2018).

Herry mengakui, tarif berlaku saat ini tidak lagi dapat menutupi biaya produksi, tuntutan kenaikan kontribusi air baku dari pemilik sumber, kenaikan biaya produksi dan pemeliharaan akibat inflasi dari tahun 2014 s/d 2018, penambahan jaringan distribusi utama ke wilyah pelayanan untuk peningkatan kualitas pelayanan, dan peremajaan.(rel/BP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *