BERITA UTAMA

Ini Gugatan GPMania2024 ke PTUN Jakarta, Batalkan Pencapresan Prabowo-Gibran

Sunggul Hamonangan Sirait, SH, MH Payakumbuhpos.id -- Relawan Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD, GP Mania 2024 Reborn meminta...
BERITA UTAMA

Bakor Paliko Pulang Kampuang, Gelar Sunatan Massal dan Bakti Sosial

PAYAKUMBUH - Perantau Minangkabau yang tergabung dalam Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Payakumbuh-Limapuluh Kota (Bakor Paliko) Indonesia, Malaysia, dan Australia pulang...
BERITA UTAMA

Perjalanan Study Komparatif Wartawan Luak 50 Ke Kota Bertuah

Pekan Baru-- Keberangkatan rombongan wartawan Luak 50 Ke Kota Pekan Baru (Riau) merupakan agenda Study Komparatif yang dilaksanakan oleh Dinas...
BERITA UTAMA

Selain Tokoh Nasional HDI Sangat Peduli Terhadap Mahasiswa Luak Limopuluah Yang Berada di Pulau Jawa

Bogor--- Herman Darnel Ibrahim (HDI) selain tokoh nasional juga memiliki sebuah kepedulian terhadap para mahasiswa yang berasal.darii lLuak 50 yang...
BERITA UTAMA

Projo Ganjar Laporkan Budi Arie Setiadi ke Ketua Ombudsman Republik Indonesia

JAKARTA - Projo Ganjar yang diketuai oleh Nora Haposan Situmorang S.H.,Melaporkan Budi Arie Setiadi yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika...

Pawai Anak Nagari Koto Panjang Payakumbuh Semarakkan Perayaan HUT RI Ke-78

Payakumbuh— Aneka bentuk kreativitas seakan tumpah pada momentum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia. Salah satunya ditunjukkan nagari Koto Panjang, Kecamatan Lampasi Tigo Nagari, Payakumbuh pada Kamis, (17/08/23).

Acara yang bertajuk Pawai Anak Nagari ini diikuti oleh masyarakat Koto panjang, Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta disaksikan oleh ratusan warga dari berbagai lingkungan sekitar dengan menampilkan kreasi dan kreatifitasnya melalui berbagai kostum yang unik dan menarik perhatian.

Ada yang menggunakan kostum pahlawan, ada yang bergaya dengan kostum profesi sehari-hari, seperti petani, guru, dokter, hingga barisan ibu-ibu dengan kostum dan atribut dari peralatan rumah tangga.

Pawai Anak Nagari ini semakin meriah dengan adanya sejumlah replika Alutsista (Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia), drum band anak sekolah, pasukan dengan bodia-bodia botuang (meriam dari bambu), hingga yang paling menarik adalah sejumlah warga yang mengenakan kostum hantu, seperti kawanan pocong, kuntilanak, tuyul, hingga genderewo.

Pawai yang dimulai dari Lapangan Mudastop Koto Panjang Dalam dengan menyusuri jalan lingkar nagari Koto Panjang ini dibuka dengan penampilan perguruan silat Minang Sakti yang sekaligus menyambut kedatangan Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda.

Rida yang hadir bersama anggota DPRD, Camat Lampasi Tigo Nagari, dan tokoh masyarakat tersebut mengapresiasi acara Pawai Anak Nagari yang berlangsung semarak.

“Luar biasa, paginya upacara siangnya pawai. Kami atas nama Pemerintah Kota Payakumbuh mengucapkan terima kasih kepada Nagari Koto Panjang karena telah berpartisipasi dan berkontribusi dalam memeriahkan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78,” ujar Rida.

Lebih lanjut, Rida berharap Pawai Anak Nagari juga dapat diadakan di daerah lainnya di Kota Payakumbuh agar semarak kemerdekaan kian merata dirasakan oleh masyarakat.

“Pawai Anak Nagari diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya di Kota Payakumbuh agar bersemangat menyambut kemerdekaan. Dengan membaca Bismillah, Pawai Anak Nagari Koto Panjang Kecamatan Lampasi Tigo Nagari dengan resmi kita buka,” pungkas Rida.(Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *