BERITA UTAMA

Ini Gugatan GPMania2024 ke PTUN Jakarta, Batalkan Pencapresan Prabowo-Gibran

Sunggul Hamonangan Sirait, SH, MH Payakumbuhpos.id -- Relawan Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD, GP Mania 2024 Reborn meminta...
BERITA UTAMA

Bakor Paliko Pulang Kampuang, Gelar Sunatan Massal dan Bakti Sosial

PAYAKUMBUH - Perantau Minangkabau yang tergabung dalam Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Payakumbuh-Limapuluh Kota (Bakor Paliko) Indonesia, Malaysia, dan Australia pulang...
BERITA UTAMA

Perjalanan Study Komparatif Wartawan Luak 50 Ke Kota Bertuah

Pekan Baru-- Keberangkatan rombongan wartawan Luak 50 Ke Kota Pekan Baru (Riau) merupakan agenda Study Komparatif yang dilaksanakan oleh Dinas...
BERITA UTAMA

Selain Tokoh Nasional HDI Sangat Peduli Terhadap Mahasiswa Luak Limopuluah Yang Berada di Pulau Jawa

Bogor--- Herman Darnel Ibrahim (HDI) selain tokoh nasional juga memiliki sebuah kepedulian terhadap para mahasiswa yang berasal.darii lLuak 50 yang...
BERITA UTAMA

Projo Ganjar Laporkan Budi Arie Setiadi ke Ketua Ombudsman Republik Indonesia

JAKARTA - Projo Ganjar yang diketuai oleh Nora Haposan Situmorang S.H.,Melaporkan Budi Arie Setiadi yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika...

Meski Hujan Semangat Kemerdekaan Tetap Berkibar Pada Pawai Alegoris HUT RI Ke 78

Payakumbuh – Walaupun hujan, semangat kemerdekaan tetap berkobar dalam jiwa ribuan peserta Pawai Alegoris Kota Payakumbuh dalam memperingati HUT Republik Indonesia ke-78.

Peserta yang terdiri dari siswa sekolah mulai tingkat SD, SMP, SLTA, Madrasah se Kota Payakumbuh serta dari unsur TNI-Polri, Paskibra Kota Payakumbuh hingga masyarakat umum menunjukkan kebolehan mereka dalam arak-arakan panjang.

Berbagai pertunjukan seperti drumband, pawai budaya, hingga kesenian saat Pawai Alegoris dan Karnaval Sekolah ditampilkan, mulai dari Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh hingga pusat Kota itu.

“Kita lihat anak-anak kita dan masyarakat begitu semangat, walaupun hujan semangat mereka tidak kendor untuk memeriahkan HUT RI ke-78 di Payakumbuh,” kata Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda, Sabtu (19/08/2023).

“Ini adalah bukti, semangat perjuang itu terus berkobar dalam jiwa dan raga masyarakat Payakumbuh, MERDEKA!!!,” ucap Rida membakar semangat peserta Pawai Alegoris.

Saat pelepasan Pj. Wako Rida Ananda ikut berhujan-hujan ria membaur dengan peserta pawai membuat suasana yang dingin semakin hangat terasa.

“Harapan kita dengan Pawai Alegoris ini akan banyak perputaran uang di Payakumbuh, sehingga mampu mengangkat pertumbuhan ekonomi masyarakat kita,” tutupnya.

Tak hanya itu, ribuan pasang mata masyarakat juga tumpah ruah di sepanjang jalur arak-arakan menyaksikan kebolehan para peserta menggebuk drumbandnya yang membuat kemeriahan HUT RI ke-78 semakin terasa di Payakumbuh.

“Kami sangat menantikan momen tahunan pawai anak sekolah seperti ini, dengan adanya Pawai Alegoris, HUT RI terasa semakin meriah, ‘maklum sakali satahunnyo Pak!,” begitulah sambutan dan antusias dari masyarakat dan juga para peserta yang ada di lokasi acara.

Beberapa kepala sekolah yang ditemui media sebelum pelaksanaan iven ini pun mengakui, saking antusiasnya siswa dan guru untuk tampil pada pawai ini, mereka begitu bersemangat untuk mempersiapkan diri sejak awal Agustus dengan latihan hampir setiap hari di sekolah.

“Hingga sebelum pelaksanaan pawai, di waktu subuh pun anak-anak peserta pawai sudah berada di tempat jasa rias,” kata Ananda Putra, Kepala SDIT IPHI Payakumbuh.

Dilokasi pelepasan, terpantau juga sejak pagi peserta juga telah mulai berdatangan ke lokasi start di Lapangan Pacuan Kubu Gadang walau disertai hujan. Pawai Alegoris di Kota Payakumbuh berlangsung mulai sekitar pukul 08.30 WIB.

Juga tampak di tenda kehormatan ada Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda, Plh. Sekretaris Daerah Kota Payakunbuh Elzadaswarman bersama unsur Forkopimda, ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny. Elfriza ‘Chece’ Rida Ananda dan Kepala OPD yang menyambut ribuan siswa sekolah yang berarak-arakan.

“Untuk garis start pawai alegoris ini di Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, dan finish di depan kantor pos Kota Payakumbuh. Sekolah bebas menampilkan berapa tim dan tema mereka, apakah drumband, pawai alegoris, atau pawai kreatifitas karya siswa,” jelasnya.

“Total ada 130 kontingen. 1 sekolah mendapat 1 nomor lot, jadi apapun yang mereka tampilkan berada dalam 1 barisan sekolahnya masing-masing. Jadi akan ada lebih dari 150 penampilan,” tambah Dasril.

Dasril juga mengapresiasi semangat kepala sekolah, guru, siswa, dan wali murid yang mendukung suksesnya pelaksanaan pawai alegoris di Kota Payakumbuh. (Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *