BERITA UTAMA

Ini Gugatan GPMania2024 ke PTUN Jakarta, Batalkan Pencapresan Prabowo-Gibran

Sunggul Hamonangan Sirait, SH, MH Payakumbuhpos.id -- Relawan Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD, GP Mania 2024 Reborn meminta...
BERITA UTAMA

Bakor Paliko Pulang Kampuang, Gelar Sunatan Massal dan Bakti Sosial

PAYAKUMBUH - Perantau Minangkabau yang tergabung dalam Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Payakumbuh-Limapuluh Kota (Bakor Paliko) Indonesia, Malaysia, dan Australia pulang...
BERITA UTAMA

Perjalanan Study Komparatif Wartawan Luak 50 Ke Kota Bertuah

Pekan Baru-- Keberangkatan rombongan wartawan Luak 50 Ke Kota Pekan Baru (Riau) merupakan agenda Study Komparatif yang dilaksanakan oleh Dinas...
BERITA UTAMA

Selain Tokoh Nasional HDI Sangat Peduli Terhadap Mahasiswa Luak Limopuluah Yang Berada di Pulau Jawa

Bogor--- Herman Darnel Ibrahim (HDI) selain tokoh nasional juga memiliki sebuah kepedulian terhadap para mahasiswa yang berasal.darii lLuak 50 yang...
BERITA UTAMA

Projo Ganjar Laporkan Budi Arie Setiadi ke Ketua Ombudsman Republik Indonesia

JAKARTA - Projo Ganjar yang diketuai oleh Nora Haposan Situmorang S.H.,Melaporkan Budi Arie Setiadi yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika...

Irsyad Syafar, Kandidat Wali Kota Payakumbuh yang Ulama dan Umara

PAYAKUMBUH – Nama Wakil Ketua DPRD Sumbar ustaz Irsyad Syafar begitu mencuat ketika menjadi pilihan warga dalam polling yang digelar media Payakumbuh Pos. Putra Koto Nan Ampek itu meraih vote terbanyak dalam polling kandidat Wali Kota Payakumbuh 2024-2029 mengalahkan Erwin Yunaz, Supardi, Joni Hendri, Dt. Parmato Alam, dan seterusnya. Pertanyaannya, siapa Irsyad Syafar. Bagaimana kiprahnya selama ini? Berikut sedikit ulasan terkait profil yang akrab dipanggil ustaz Irsyad itu.

Irsyad kecil lahir 8 November 1970 dan dibesarkan di Koto Nan Ampek, Kota Payakumbuh. Menjadi juara kelas di SD dan juara umum di MTsN, mengantarkannya mendapatkan beasiswa di Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) di Koto Baru, Padang Panjang. Irsyad pernah bercerita, sedari kecil dirinya terus didorong orang tua agar bisa meneruskan pendidikan ke negeri Timur Tengah. Bahkan orang tuanya sampai memajang foto negeri tandus tersebut di rumah, agar Irsyad muda menjadi semakin termotivasi.

Sambil kuliah di Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta, Irsyad mengikuti sejumlah tes beasiswa untuk mewujudkan impiannya. Doa dan ikhtiarnya dikabulkan Allah SWT. Impian untuk studi di Timur Tengah jadi kenyataan. Dia pun diterima kuliah di Institut Pendidikan dan Pelatihan Kuwait.

Selama kuliah di sana, jiwa kepemimpinan Irsyad sudah terlihat. Dia menggerakkan sejumlah organisasi pelajar Indonesia. Ia sempat menjadi Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Kuwait. Berbekal kecerdasan dan kedisiplinannya, Irsyad menyelesaikan kuliahnya dengan predikat kelulusan summa cum laude dan menjadi mahasiswa terbaik. Dia pun diganjar beasiswa oleh pemerintah Kuwait untuk melanjutkan S2 di Universitas Kairo, Mesir.

Selesai S2, Irsyad kembali ke Sumatra Barat. Dia pun menjadi salah seorang pendiri lembaga pendidikan Islam Ar-Risalah di Padang yang kini sudah sangat berkembang dan menjadi tempat pendidikan favorit dengan jenjang pendidikan PAUD, RA, SD, SMP, dan MA.

Irsyad dikenal sebagai ulama muda Sumbar yang aktif berdakwah. Kesibukannya di dunia pendidikan tak menghalanginya untuk mengisi majelis ilmu dari masjid ke masjid termasuk di Payakumbuh. Dia termasuk ulama muda yang memelopori kajian-kajian keislaman di masjid-masjid kawasan pusat Kota Payakumbuh. Sejak itu kepakaran dan keulamaan Irsyad begitu menonjol sehingga menjadi tempat bertanya bagi para jemaah. Hingga kini, walau sudah menjabat Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad masih mempunyai jadwal tetap untuk berceramah sejumlah masjid di Payakumbuh.

Irsyad sendiri mulai berkiprah di politik pada 2005 sebagai Ketua Dewan Syariah Wilayah (DSW) PKS Sumatra Barat hingga pada 2015, dia dipercaya memegang tampuk kepemimpinan PKS Sumbar sebagai Ketua DPW PKS Sumbar. Kiprah Irsyad di dunia pemerintahan dimulai ketika masyarakat mempercayakan kepadanya sebagai wakil rakyat dapil Payakumbuh-Limapuluh Kota di DPRD Sumbar 2014-2019. Pada periode 2019-2024, dia kembali dipilih warga sebab aspirasi mereka terus diperjuangkannya.

Pokok pikiran (pokir) yang disuarakan Irsyad kepada Pemprov Sumbar, begitu nyata dan dapat langsung dirasakan masyarakat mulai dari bantuan sarana pendidikan, pelatihan keterampilan, hingga penyaluran alat mesin pertanian. Pokir tersebut dinilai lebih bermanfaat secara jangka panjang dibandingkan kegiatan-kegiatan event seremonial yang menghabiskan banyak anggaran daerah namun tak jelas dampaknya untuk masyarakat.

Maka, tak heran nama Irsyad Syafar sangat mencuat dalam polling bursa kandidat Walikota Payakumbuh untuk melanjutkan kepemimpinan kolega separtainya, Riza Falepi. Walaupun polling ini belum menggambarkan hasil sebenarnya, namun sudah ada kecenderungan warga Payakumbuh untuk memilih sosok pemimpin yang cerdas, amanah, dan shaleh. Kelihatan sekali bahwa publik Payakumbuh menginginkan kandidat yang bersih secara agama dan track recordnya, bukan sosok yang abu-abu dan menjadi pertanyaan publik akan kredibilitasnya.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi sendiri mengakui kapasitas Irsyad baik kapasitasnya sebagai ulama dan kapasitasnya sebagai umara (pemimpin pemerintahan). “Kapasitas ustaz Irsyad ini sudah ulama besar. Jika umat sudah terdidik oleh ulama, pemerintah pun menjadi sangat terbantu dalam menjalankan program-programnya,” ujar Riza ketika menghadiri bedah buku karya ustaz Irsyad beberapa waktu yang lalu.

Sebagai umara, Riza mengenal ustaz Irsyad sebagai sosok yang cerdas, disiplin, dan pekerja keras. Kiprah ustaz Irsyad dinilai mampu menghadirkan banyak kemaslahatan bagi warga Payakumbuh, terbukti dengan sinergisitasnya bersama Pemko selama ini.

Agaknya, sinyalemen Imam Mawardi dalam Al-Ahkam Al Sulthaniyah bahwa politik itu untuk hirasatuddin (menjaga agama) dan siyasatudunya (mengatur dunia), bakal terejawantah melalui kepemimpinan sosok ulama nan umara, Irsyad Syafar.

(Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *