BERITA UTAMA

Ini Gugatan GPMania2024 ke PTUN Jakarta, Batalkan Pencapresan Prabowo-Gibran

Sunggul Hamonangan Sirait, SH, MH Payakumbuhpos.id -- Relawan Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD, GP Mania 2024 Reborn meminta...
BERITA UTAMA

Bakor Paliko Pulang Kampuang, Gelar Sunatan Massal dan Bakti Sosial

PAYAKUMBUH - Perantau Minangkabau yang tergabung dalam Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Payakumbuh-Limapuluh Kota (Bakor Paliko) Indonesia, Malaysia, dan Australia pulang...
BERITA UTAMA

Perjalanan Study Komparatif Wartawan Luak 50 Ke Kota Bertuah

Pekan Baru-- Keberangkatan rombongan wartawan Luak 50 Ke Kota Pekan Baru (Riau) merupakan agenda Study Komparatif yang dilaksanakan oleh Dinas...
BERITA UTAMA

Selain Tokoh Nasional HDI Sangat Peduli Terhadap Mahasiswa Luak Limopuluah Yang Berada di Pulau Jawa

Bogor--- Herman Darnel Ibrahim (HDI) selain tokoh nasional juga memiliki sebuah kepedulian terhadap para mahasiswa yang berasal.darii lLuak 50 yang...
BERITA UTAMA

Projo Ganjar Laporkan Budi Arie Setiadi ke Ketua Ombudsman Republik Indonesia

JAKARTA - Projo Ganjar yang diketuai oleh Nora Haposan Situmorang S.H.,Melaporkan Budi Arie Setiadi yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika...

Ini Gugatan GPMania2024 ke PTUN Jakarta, Batalkan Pencapresan Prabowo-Gibran

Sunggul Hamonangan Sirait, SH, MH

Payakumbuhpos.id — Relawan Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD, GP Mania 2024 Reborn meminta PTUN Jakarta membatalkan keputusan penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terhadap Capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Untuk menjaga demokrasi di Indonesia tetap sehat dalam bingkai negara hukum, maka PTUN Jakarta harus membatalkan Surat Keputusan dan Berita Acara tersebut, ” kata Ketua Umum GP (Ganjar Pranowo) Mania 2024 Reborn Sunggul Hamonangan Sirait, SH, MH kepada media ini, Kamis di Jakarta.

Menurut salah seorang pendiri Relawan Projo dan Projo Ganjar ini salah satu isu krusial yang disorot relawan ini adalah penetapan Komisi Pemilihan umum terhadap Capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Menurut Sunggul Hamonangan Sirait, surat Keputusan KPU RI Nomor 1632 Tahun 2023 Tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 Jo. Berita Acara 1589 / PL. 01.4-BA/05/2023 Tentang Penetapan Dokumen Persyaratan Capres Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada tanggal 13 November 2023 yang menjadi obyek gugatan.

“GP Mania 2024 Reborn mengajukan gugatan pembatalan Penetapan KPU Tentang keikutsertaan Prabowo – Gibran dengan Tuntutan Pembatalan obyek Gugatan agar Pasangan capres-cawapres Nomor urut 2 tersebut dicoret KPU dari Kontestasi Pilpres Tahun 2024,” kata alumnus Universitas Indonesia ini.

“SK KPU RI tersebut dinilai cacat formil dan substansial, ” kata Sunggul yang dikenal sebagai lawyer papan atas di Jakarta.

Menurut dia, surat Keputusan dan Berita Acara dimaksud terbit dari PKPU No. 23 Tahun 2023 yang menjadikan Putusan Mahkamah Konstitusi No. 90/ PUU / 2023 sebagai dasar penerbitan PKPU dimaksud padahal sebagaimana diketahui Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman yang

juga Ketua Majelis Hakim MK perkara No. 90 telah dijatuhi vonis pemberhentian sebagai Ketua MK oleh Mahkamah Kehormatan Mahkamah Konstitusi dengan Putusan No. 2/ MKMK/ 2023 tanggal 7 November 2023.

“Untuk menjaga demokrasi di Indonesia tetap sehat dalam bingkai negara hukum, maka PTUN Jakarta harus membatalkan Surat Keputusan dan Berita Acara tersebut, ” ujar aktivis gerakan mahasiswa 1998 ini.

Gugatan itu didaftarkan oleh Kuasa Hukum GP Mania 2024 Reborn Sondang Desiree Panjaitan, SH. dan Sendy Hansen Sirait, SH dari kantor hukum SHS Law Office.

GP Mania 2024 Reborn

GP Mania 2024 adalah organisasi relawan calon presiden Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden Mahfud MD. Anggota dari relawan ini sudah tersebar di seluruh Indonesia. Para petinggi relawan ini adalah relawan yang berjuang habis-habisan untuk mendukung Jokowi dari Pilkada DKI, Pilpres 2014 dan 2019.

“Kami dulu relawan militan Pak Jokowi. Kini kami jadi relawan militan Mas Ganjar Pranowo. Kami akan berjuang habis-habisan dengan partai pengusung dan relawan lainnya untuk memenangkan pasangan Ganjar Mahfud dalam Pilpres 2024,” tegas Sunggul.

Menurut Sekjen GP Mania2024 Reborn Endang Sulas Setiawan SH., MH. relawan GP Mania 2024 adalah organ relawan diisi orang-orang yang peduli dengan isu-isu keadilan, penegakan hukum (negara hukum) dan HAM.

“Kami berkantor di perkantoran Cikini Jl. Raya Cikini Jakarta Pusat, ” ujar Endang Sulas Setiawan.

Dibentuk belum lama ini karena melihat fenomena penegakan hukum dan hajat hidup orang banyak tidak terpenuhi dengan baik dan proporsional belakangan ini di Indonesia.

Salah satu isu krusial yang disorot relawan ini adalah penetapan Komisi Pemilihan umum terhadap Capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Kami menginginkan Majelis Hakim yang memeriksa dan memutus perkara ini adalah Hakim yang berani, serta berpikiran progresif revolusioner, karena jika Hakim terkurung dalam aturan legalistik formil maka keadilan dan kebenaran yang hakiki tidak pernah kita temukan di peradilan Indonesia khususnya pengadilan PTUN Jakarta, ” kata Ketua Umum Relawan GP MANIA 2024 Reborn Sunggul Hamonangan Sirait, SH., MH. (Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *