BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Perantau IKK Pulang Kampung Ibarat Sitawa Sidingin Bagi Masyarakat, Utamakan Anak Yatim

Payakumbuhpos.id |Payakumbuh--- Luar biasa, perantau Ikatan keluarga Koto Nan Godang (IKK) pulang kampung ibarat sitawa sidingin bagi masyarakat, utamakan anak...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Ketua IKK Joni Hendri Lepas Perantau Pulang Basamo

Payakumbuhpos.id|Jakarta - Salah satu sunnah dalam safar yang dianjurkan oleh syariat dan bisa meringankan kesusahan safar adalah melakukan safar di...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR Nasional

Berkat Kepedulian Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto, Perantau Suayan Tiba Dikampung Halaman

Payakumbuhpos.id|Limapuluh Kota--- Perantau Suayan Jakarta sampai dikampung halaman (nagari Suayan), kecamatan Akabiluru, kabupaten Limapuluh Kota, disambut langsung Walinagari Suayan, Irwanul...
BERITA UTAMA

Safari Berbagai Daerah di Riau, Marta Uli Emmelia: UMKM Prioritas Utama Serikat Pekerja Kerah Biru

Jakarta - Ketua Bidang Ekonomi dan Bisnis Federasi Serikat Pekerja Kerah Biru (FSP Kerah Biru), Marta Uli Emmelia mengajak pekerja...
BERITA UTAMA

PAC Pasar Minggu Bersama BP2MI Sosialisasikan Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Teks foto; Ketua PAC Pasar Minggu, Musta'in (ist) JAKARTA - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Kecamatan Pasar Minggu yang...

Hari Pertama Jabat Kapolres Pessel, AKBP Cepi Noval Sholat Berjamaah dengan Tahanan

Payakumbuh.com – Hari pertama memulai tugasnya sebagai Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Cepi Noval,S.I.k melakukan sholat zuhur bersama para tahanan di Mapolres setempat.

Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lareh Nan Panjang, M Aulia KAN LNP, sebagai Ninik Mamak Cepi Noval yang mengantarkannya secara adat ke Pesisir Selatan, Senin (23/9) mengabarkan aktifitas hari pertama kemenakannya itu.

“Selesai kegiatan apel pisah sambut, pak Cepi langsung mengadakan sholat zuhur bersama dengan para tahanan Mapolres Pesisir Selatan di Painan,” ujar Aulia melalui Japrinya.

Aulia juga mengirimkan foto foto kegiatan sholat zuhur bersama yang diimami langsung oleh AKBP Cepi Noval, S.I.k.

Dari foto yang dikirim M. Aulia kelihatan AKBP Cepi Noval masih menggunakan baju dinas dan memakai peci memimpin sholat berjamah dengan makmum para tahanan dan anggota Polres setempat.

Posisi Cepi sebagai imam dan makmum dari kalangan anggota polres berada di luar sel. Sementara posisi jamaah dari tahanan berada di dalam sel.

Tetapi posisi Cepi Noval sebagai imam tetap berada pada bagian paling depan.

Tetapi tidak dijelaskan siapa saja dari anggota Polres yang menjadi makmum sholat zuhur perdana dipimpin Kapolres Pessel baru tersebut.

M. Aulia dan rombongan berada di Mapolres Pesisir Selatan dalam kaitan menghantar AKBP Cepi Noval sebagai anak kemenakan Suku Sikumbang di Kenagarian Lareh Nan Panjang.

AKBP Cepi Noval dianugerahi gelar adat oleh KAN Lareh Nan Panjang pada 5 Mei 2018 lalu.

Dengan gelar adat yang disandangnya maka status sebagai anak kemenakan orang Lareh Nan Panjang melekat dalam diri AKBP Sepi Noval. Sehingga saat dia pindah ke Pessel, maka dihantar dan diserahkan secara adat melalui KAN Painan.

Dengan dihantar secara adat ini, maka secara otomatis ninik mamak di Painan juga diminta membina dan melindungi AKBP Cepi Noval juga sebagai anak kemenakan orang Painan.

Acara menghantar Cepi secara adat ini diselenggarakan setelah acara resmi pisah sambut selesai dilaksanakan, Senin siang tadi. (awe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *