BERITA UTAMA

Ini Gugatan GPMania2024 ke PTUN Jakarta, Batalkan Pencapresan Prabowo-Gibran

Sunggul Hamonangan Sirait, SH, MH Payakumbuhpos.id -- Relawan Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD, GP Mania 2024 Reborn meminta...
BERITA UTAMA

Bakor Paliko Pulang Kampuang, Gelar Sunatan Massal dan Bakti Sosial

PAYAKUMBUH - Perantau Minangkabau yang tergabung dalam Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Payakumbuh-Limapuluh Kota (Bakor Paliko) Indonesia, Malaysia, dan Australia pulang...
BERITA UTAMA

Perjalanan Study Komparatif Wartawan Luak 50 Ke Kota Bertuah

Pekan Baru-- Keberangkatan rombongan wartawan Luak 50 Ke Kota Pekan Baru (Riau) merupakan agenda Study Komparatif yang dilaksanakan oleh Dinas...
BERITA UTAMA

Selain Tokoh Nasional HDI Sangat Peduli Terhadap Mahasiswa Luak Limopuluah Yang Berada di Pulau Jawa

Bogor--- Herman Darnel Ibrahim (HDI) selain tokoh nasional juga memiliki sebuah kepedulian terhadap para mahasiswa yang berasal.darii lLuak 50 yang...
BERITA UTAMA

Projo Ganjar Laporkan Budi Arie Setiadi ke Ketua Ombudsman Republik Indonesia

JAKARTA - Projo Ganjar yang diketuai oleh Nora Haposan Situmorang S.H.,Melaporkan Budi Arie Setiadi yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika...

Hamdi Agus: Payakumbuh Darurat Sampah, Mari Kolaborasi Atasi Sampah Saat Ini

Payakumbuh–Desember 2023 ini dengan tingginya curah hujan di berbagai daerah ,telah banyak memberikan dampak musibah seperti banjir,longsor,sungai meluap di berbagai tempat termasuk di kota Payakumbuh dengan longsornya TPA Regional Ampangan Payakumbuh Selatan.
Longsornya TPA Regional Payakumbuh ini telah membuat terhentinya proses pengangkutan sampah – sampah Rumah Tangga dan lainnya yang hampir 80 ton setiap hari diproduksi di kota Payakumbuh. Hari ini Payakumbuh sudah dinyatakan darurat sampah, banyak sampah bertumpukan di Tempat Pembuangan Sementara yang tidak tertampung dan bisa di bawa ke TPA.

Permasalahan sampah yang dihadapi Payakumbuh pada saat ini , sudah sangat mengkhawatirkan. Hampir setiap pinggir jalan ditemui tumpukan sampah yang mengeluarkan aroma tak sedap di permukiman warga. Belum lagi dampak yang akan di timbulkan oleh sampah-sampah tersebut, berbagai jenis penyakit akan mengancam kesehatan warga. Payakumbuh bisa dikatakan saat ini darurat sampah.

Tumpukan sampah yang berada di Jalan Utama Kota Payakumbuh

Payakumbuh yang saat ni, bisa dikatakan darurat sampah, membuat Ketua DPRD Payakumbuh Hamdi Agus angkat bicara.

“Persoalan sampah pada saat ini sangat memprihatinkan. Berbagai solusi belum mampu mengatasi masalah tersebut.Tentu ini menjadi PR kita bersama yang harus diselesaikan segera pemerintah dan segenap unsur setempat. Jangan sampai berlarut larut,” ujar Hamdi, Selasa 2 Januari 2024.

Politisi PKS yang dekat dengan masyarakat Payakumbuh tersebut, juga menyampaikan bahwa permasalah sampah tidak bisa ditawar lagi penanganan nya.

“Permasalahan sampah tidak bisa ditawar lagi penanganan nya. Saat ini semua pihak terkait harus bergerak cepat untuk segera menangani masalah ini. Kita tidak ingin masyarakat Payakumbuh terkena penyakit karena timbunan – timbunan sampah yang ada di Kota Payakumbuh,” imbuh Hamdi.

Kepada Pemko Payakumbuh, Hamdi meminta agar persoalan sampah dijadikan perhatian khusus pada tahun 2024 ini.

“Saya meminta kepada Pemko Payakumbuh agar permasalahan sampah menjadi perhatian serius atau prioritas utama bagi kita semua. Bila perlu kerahkan segala upaya untuk mengatasi darurat sampah saat ini,” imbuhnya lagi.

Selain itu Hamdi berpesan kepada masyarakat Payakumbuh agar kita semua tetap menjaga kebersihan dan kesehatan saat Payakumbuh menghadapi darurat sampah ini, serta menjalankan Instruksi dan edaran Pemko berkaitan dengan penanganan sampah dari hulu rumah tangga dengan memilah sampah organik dan an organik, memanfaatkan sampah organik sebagai pupuk bagi tanaman yang dimiliki.

“Saya berpesan kepada masyarakat Payakumbuh agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan dan melaksanakan instruksi dan edaran Pemko berkaitan dengan mengelola sampah dari rumah tangga,” Pungkas Hamdi . (BENPI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *