BERITA UTAMA

Ini Gugatan GPMania2024 ke PTUN Jakarta, Batalkan Pencapresan Prabowo-Gibran

Sunggul Hamonangan Sirait, SH, MH Payakumbuhpos.id -- Relawan Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD, GP Mania 2024 Reborn meminta...
BERITA UTAMA

Bakor Paliko Pulang Kampuang, Gelar Sunatan Massal dan Bakti Sosial

PAYAKUMBUH - Perantau Minangkabau yang tergabung dalam Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Payakumbuh-Limapuluh Kota (Bakor Paliko) Indonesia, Malaysia, dan Australia pulang...
BERITA UTAMA

Perjalanan Study Komparatif Wartawan Luak 50 Ke Kota Bertuah

Pekan Baru-- Keberangkatan rombongan wartawan Luak 50 Ke Kota Pekan Baru (Riau) merupakan agenda Study Komparatif yang dilaksanakan oleh Dinas...
BERITA UTAMA

Selain Tokoh Nasional HDI Sangat Peduli Terhadap Mahasiswa Luak Limopuluah Yang Berada di Pulau Jawa

Bogor--- Herman Darnel Ibrahim (HDI) selain tokoh nasional juga memiliki sebuah kepedulian terhadap para mahasiswa yang berasal.darii lLuak 50 yang...
BERITA UTAMA

Projo Ganjar Laporkan Budi Arie Setiadi ke Ketua Ombudsman Republik Indonesia

JAKARTA - Projo Ganjar yang diketuai oleh Nora Haposan Situmorang S.H.,Melaporkan Budi Arie Setiadi yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika...

Hadiri Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Presiden RI Bersama DPRD, Pj. Wako : SDM Kunci Kemajuan Daerah

Payakumbuh—Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda hadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Payakumbuh dalam rangka Mendengarkan Pidato Presiden Republik Indonesia dalam rangkaian acara peringatan HUT RI ke-78 di Gedung DPRD Kota Payakumbuh, Rabu (16/08/2023).

Hadirin sidang yang terdiri dari unsur forkopimda, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya ini mendengarkan pidato Presiden Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI tahun 2023 yang berlangsung di Jakarta.

Sebelum Presiden menyampaikan pidatonya, Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 terlebih dahulu dibuka oleh Ketua MPR untuk kemudian dilanjutkan dengan Pidato Pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI oleh Ketua DPD RI.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato dalam rangka Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dan Pidato dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Indonesia perlu mengembalikan budaya moralitas bangsa yang terancam digerus perkembangan zaman. Adapun budaya yang semestinya dipupuk oleh masyarakat Indonesia adalah budaya tolong menolong, saling menghargai, dan sopan santun. Mari kita bersatu menjaga budaya moralitas bangsa sehingga bertransformasi demi mencapai Indonesia Emas 2045,” ajak Jokowi.

Kemudian, Jokowi juga menyampaikan bahwa negara Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman dan sumber daya, sehingga peluang besar seperti ini harus mampu dimanfaatkan.

“Strategi pertama untuk memanfaatkan sumber daya ini adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia. Kita telah meluncurkan banyak inovasi beberapa waktu ke belakang, harapannya adalah SDM Indonesia mendapat lapangan kerja yang layak untuk menunjang produktivitas nasional, ini akan terus diupayakan dan dilanjutkan. Mari kita bersatu padu, terus melaju untuk Indonesia maju,” tegas Jokowi.

Setelah Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 berakhir, Jokowi lanjut menyampaikan pidato kenegaraan pada Penyampaian Keterangan Pemerintah Atas Rancangan Undang-Undang Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangan.

Dalam pidato yang disampaikannya, Jokowi mengatakan kebijakan APBN tahun 2024 diarahkan untuk “Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

“Maka, postur RAPBN 2024 adalah pendapatan negara direncanakan sebesar Rp2.781,3 triliun, yang terdiri dari Penerimaan Perpajakan Rp2.307,9 triliun dan PNBP sebesar Rp473,0 triliun, serta Hibah sebesar Rp0,4 triliun. Belanja negara dialokasikan sebesar Rp3.304,1 triliun yang terdiri dari Belanja Pemerintah Pusat sebesar Rp2.446,5
triliun dan Transfer ke Daerah mewujudkan Rp857,6 triliun. Keseimbangan primer negatif Rp25,5 triliun didorong bergerak menuju positif. Defisit anggaran sebesar 2,29% PDB atau sebesar Rp522,8 triliun”, jelas Jokowi.

Senada, Pj. Wako Rida Ananda berharap momentum hari kemerdekaan ini menjadi pengingat bagi seluruh lapisan masyarakat Kota Payakumbuh bahwa pentingnya nilai moral dalam membangun kota yang maju dan berkelanjutan, serta berkontribusi terhadap pertumbuhan nasional dan global.

“Alhamdulillah, Kota Payakumbuh senantiasa berupaya untuk mewujudkan suasana kota yang aman, nyaman, dan tertib bagi masyarakatnya,” jelas Rida.

Menanggapi pidato Presiden Joko Widodo tentang peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), Rida turut memberikan pandangannya berupa Kota Payakumbuh yang telah gencar melakukan beberapa inovasi dalam rangka peningkatan SDM demi menuju Payakumbuh maju.

“Betul, dalam merencanakan pembangunan Pemerintah Kota Payakumbuh mengacu pada sejumlah prioritas. Salah satunya adalah peningkatan Sumber Daya Manusia, sebab SDM adalah kunci kemajuan suatu daerah. Pemerintah kota kita senantiasa berupaya meningkatkan kapasitas SDM di Kota Payakumbuh melalui berbagai program yang telah dicanangkan,” tukuk Rida.

Di akhir giatnya, Rida selaku Pj. Wako Payakumbuh mengikuti rangkaian kegiatan upacara kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Kota Payakumbuh sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. (Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *