BERITA UTAMA KABAR SUMBAR Nasional PAYAKUMBUH TOKOH

Partai Demokrat Limapuluh Kota Buka Pendaftaran Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati

Teks foto: Partai Demokrat Limapuluh Kota Buka Pendadaftaran Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati, terhitung 2 April hingga 6 Mei.  ...
BERITA UTAMA

SMSI Luak 50 Gelar Halal Bihalal, Syafri Ario: Mari Rapatkan Barisan

Teks foto: Pengurus SMSI Luak 50 Payakumbuh - Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Luak Limopuluah menggelar halal bihalal pasca...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Keluarga Besar Kabua Saiyo Antusias Sambut Dr. Zulmaeta

Payakumbuhpos.id | Payakumbuh-- Keluarga besar Kabua Saiyo antusias sambut calon Walikota Payakumbuh Dr. Zulmaeta ketika manfaatkan momen idulfitri 1445 H GOR...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

YB Dt. Parmato Alam, Jambangi Bara Cafe Bandarawang

Payakumbuhpos.id | Payakumbuh---Ketua DPRD kota Payakumbuh periode 2014-2019 Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, jambangi Bara Cafe Bandarawang milik Fajri di kelurahan...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Warga Koto nan Gadang Payakumbuh Utara Berhalal Bihalal Bersama Perantau

Payakumbuhpos.id|Payakumbuh--- Halal bihalal biasanya diselenggarakan di rumah atau tempat yang besar, dengan tujuan untuk saling bersilaturahmi khususnya pada saat usai...

Hadiri Apel Satkamling 2023, Wako Rida Ananda : Solidaritas Warga Adalah Kunci Utama Penyelenggaraan Satkamling

Payakumbuh — Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda menghadiri Apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) Tahun 2023, yang dilaksanakan di Halaman Lapangan Polres Payakumbuh, Rabu (21/06).

Apel Satkamling tersebut dipimpin langsung Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari, diikuti seluruh Personil Polres Payakumbuh, Jajaran TNI, Satpol PP, Lapas, dan Linmas Kelurahan.

Dalam sambutannya, Kapolres Wahyuni Sri Lestari menyampaikan Amanat Kepolisian Republik Indonesia bahwa Apel yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya revitalisasi Satkamling dan mengoptimalisasikan peran awak satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

Sebelumnya, sambung kapolres, berdasarkan data satkamling yang telah divalidasi oleh Korbinmas Baharkam Polri pada awal tahun 2023 menunjukkan bahwa dari total 230.026 Pos Satkamling hanya 60 % yang aktif atau sebanyak 134.763 Pos Satkamling. sedangkan 95.275 Pos Satkamling dinyatakan tidak aktif.

“Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada kelurahan/desa, oleh karena itu kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif. Terus lakukan perbaikan dan tingkatkan kerja sama dalam penyelenggaraan satkamling, semoga kegiatan ini dapat semakin menggelorakan dan menumbuhkan kesadaran kita bersama akan pentingnya memelihara Kamtibmas mulai dari lingkungan sendiri,” katanya.

Diwawancara usai upacara, Wako Rida Ananda mengatakan Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024.

“Untuk itu kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama,” jelasnya.

Selain itu, kata Rida, solidaritas warga adalah kunci utama penyelenggaraan Satkamling, Satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainya, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal. (Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *