BERITA UTAMA

Bintang Utama Bantai KBS di LJP

Teks foto: SSB KBS dibantai SSB Bintang Utama dengan skor 0-6, di lapangan kelurahan Koto Baru, kecamatan Payakumbuh Timur, Jumat...
BERITA UTAMA

Bukti Rasa Syukur, Masyarakat Sijunjung Gelar Tradisi Bakaua Adat di Los Tobek

Sijunjung,Payakumbuhpos - Bakaua Adat adalah sebentuk tradisi yang ada dimasyarakat Minang Kabau, khususnya Kabupaten Sijunjung sebagai bentuk rasa syukur kepada...
BERITA UTAMA

DPD Pappri Sumbar Himpun Dana Bencana Alam Sumatera Barat

Teks foto: Kru Pappri Sumbar ikut sakaki menghimpun pencarian dana bencana alam Sumatera Barat.       Payakumbuhpos.id | Payakumbuh-- Pasca...
BERITA UTAMA

Disorot Fraksi Golkar, Habiskan APBD Rp1,5 M, Kini Incinerator Sudah Menjadi Besi Tua

Teks foto: Wirman Putra-Juru Bicara Fraksi Golkar DPRD kota Payakumbuh.       Payakumbuhpos.id | Payakumbuh--- Gaung kasus incinerator di RSUD...
BERITA UTAMA

Lulus di ITB Lewat Jalur Undangan, YB. Dt. Parmato Alam Salurkan Bea Siswa

Teks foto: Yendri Bondra Dt. Parmato Alam salurkan bantuan bea siswa kepada Ranji Andiko yang lulus di ITB Bandung lewat...

Guna Mendapatkan Penghasilan, Disnakerperin Payakumbuh Adakan Pelatihan MUA

Teks foto: Bertempat di aula pelatihan BLK Provinsi Sumatra Barat, pelatihan MUA dihadiri kepala Disnakerperin beserta jajaran dan para tamu undangan lainnya, Senin (27/05/2024).

 

 

Payakumbuhpos.id | Payakumbuh— Salah satu program Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) kota Payakumbuh yakni pelatihan Make Up Artis (MUA) buat 32 orang warga yang lolos dalam seleksi, telah bisa menghasilkan uang.

Buktinya, pada hari terkahir pelatihan make up dasar tersebut, para peserta dipersilahkan menampilkan hasil karya sendiri dengan membawa satu orang model dalam memperagakan hasil tata rias wajah mereka dengan mengusung tema anak daro pengantin Minang, bertempat di aula pelatihan BLK Provinsi Sumatra Barat, pelatihan MUA dihadiri kepala Disnakerperin beserta jajaran dan para tamu undangan lainnya, Senin (27/05/2024).

Kepala Disnakerperin diwakili Sekretaris Donisa Putra menyebutkan, tujuan pelatihan dasar make up artis dihelat untuk memberikan keterampilan di bidang tata rias wajah.
Selain itu, juga bertujuan untuk mendorong kemandiran perekonomian masyarakat kota Payakumbuh.

“Dan jika yang sebelumnya para peserta ini hanya melakukan make up untuk diri sendiri, nanti ke depannya mereka ini akan dapat menjadikan tata rias atau make up artis ini sebagai profesi,”kata Doni sapaan akrab Sekretaris Disnakerperin tersebut.

Sebelumnya, lanjut Doni peserta setelah mengikuti serangkaian pendaftaran dan penyeleksian yang dimulai bulan Januari hingga Februari, akhirnya sebanyak 32 orang (perempuan) lolos untuk mengikuti pelatihan dasar make up artis yang digelar Disnakerperin kota Payakumbuh.

Kegiatan tersebut terbagi dalam dua gelombang, Disnakerperin bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Sumatra Barat dengan memberikan pembekalan ilmu dalam tata rias bagi peserta yang dimulai dari tanggal 29 April sampai 27 Mei 2024 untuk gelombang pertama diikuti sebanyak 16 orang peserta.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Disnakerperin kota Payakumbuh ini langsung besentuhan dengan masyarakat, diharapkan bisa menekan jumlah pengangguran di Payakumbuh.

“Dengan pelatihan make up dasar ini diharapkan masyarakat dapat meningkatkan keterampilan di bidang tata rias, dan juga diharapkan ke depannya akan dapat berdaya saing bagi mereka guna mendapatkan penghasilan,”ujarnya.

Dan bagi perserta gelombang kedua akan mengikuti pelatihan dasar make up artis dimulai pada tanggal 30 Mei hingga 24 Juni 2024, yang pada setiap gelombangnya peserta diberikan waktu pelatihan selama 20 hari dengan cakupan waktu pelatihan sebanyak 160 jam pelajaran.

Agar para peserta mendapatkan ilmu yang maksimal dalam tata rias wajah, Disnakerperin Kota Payakumbuh hadirkan langsung Make Up Artis Profesional.

Sementara, target dari pelatihan ini untuk mencetak para calon beautypreneur dalam menggeluti usaha tata rias wajah.

“Kita coba ekonomi kreatif. Selain pelatihan make up dasar, masih terdapat 5 kategori pelatihan lainnya yang akan berlangsung hingga akhir 2024,” katanya.

Adapun untuk keenam jenis pelatihan yang digelar Disnakerperin kota Payakumbuh yakni, pelatihan Menjahit dasar, Prosesing roti dan kue, Make Up Artis, Service HP, dan Barber Shop.

“Peserta yang akan mengikuti pelatihan ini akan dihelat nantinya sudah didapatkan, dimana para calon peserta untuk pelatihan selanjutnya telah diseleksi langsung pada bulan Januari kemaren, sehingga untuk pelatihan sendiri hanya tinggal untuk dilaksanakan saja,”ulas Doni.

Salah seorang peserta pelatihan MUA bernama, Savera mengatakan rasa syukur terpilih untuk dapat mengikuti pelatihan make up dasar yang digelar Disnakerperin. Karena katanya, tidak semua warga memiliki kesempatan untuk mendapatkan pelatihan seperti yang dirinya ikuti.

“Ya, saya sangat bersyukur bisa mengikuti pelatihan make up dasar dari Disnakerperin Payakumbuh yang bekerjasama dengan BLK Provinsi ini, karena kan tidak semua masyarakat dapat berkesempatan mengikuti pelatihan ini, dan semoga sukses bagi kita semua, amin,”ungkap Savera. (Mal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *