BERITA UTAMA

Bintang Utama Bantai KBS di LJP

Teks foto: SSB KBS dibantai SSB Bintang Utama dengan skor 0-6, di lapangan kelurahan Koto Baru, kecamatan Payakumbuh Timur, Jumat...
BERITA UTAMA

Bukti Rasa Syukur, Masyarakat Sijunjung Gelar Tradisi Bakaua Adat di Los Tobek

Sijunjung,Payakumbuhpos - Bakaua Adat adalah sebentuk tradisi yang ada dimasyarakat Minang Kabau, khususnya Kabupaten Sijunjung sebagai bentuk rasa syukur kepada...
BERITA UTAMA

DPD Pappri Sumbar Himpun Dana Bencana Alam Sumatera Barat

Teks foto: Kru Pappri Sumbar ikut sakaki menghimpun pencarian dana bencana alam Sumatera Barat.       Payakumbuhpos.id | Payakumbuh-- Pasca...
BERITA UTAMA

Disorot Fraksi Golkar, Habiskan APBD Rp1,5 M, Kini Incinerator Sudah Menjadi Besi Tua

Teks foto: Wirman Putra-Juru Bicara Fraksi Golkar DPRD kota Payakumbuh.       Payakumbuhpos.id | Payakumbuh--- Gaung kasus incinerator di RSUD...
BERITA UTAMA

Lulus di ITB Lewat Jalur Undangan, YB. Dt. Parmato Alam Salurkan Bea Siswa

Teks foto: Yendri Bondra Dt. Parmato Alam salurkan bantuan bea siswa kepada Ranji Andiko yang lulus di ITB Bandung lewat...

DPD Pappri Sumbar Himpun Dana Bencana Alam Sumatera Barat

Teks foto: Kru Pappri Sumbar ikut sakaki menghimpun pencarian dana bencana alam Sumatera Barat.

 

 

 

Payakumbuhpos.id | Payakumbuh
Pasca terjadinya musibah bencana alam di Sumatera Barat sejak 11 Mei 2024 lalu, akibatnya beberapa warga mengalami meninggal dunia dan hilang serta korban materi lainnya.

Peduli terhadap bencana tersebut membuat sontak Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Pemusik Republik Indonesia (Pappri) Sumatera Barat, ikut sakaki dengan melakukan penggalangan dana yang akan disalurkan nantinya kepada warga yang terdampak.

“Insan Pappri tidak saja hanya sibuk begelut di bidang seni budaya dan tarik suara, akan tetapi juga peduli terhadap musibah bencana alam yang terjadi di Sumatera Barat. Mereka jelas saja butuh uluran tangan dari semua pihak,”ujar ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pappri Sumatera Barat Husin Daruhan yang merupakan warga kota Payakumbuh kepada media online ini di Payakumbuh, Jumat 7 Juni 2024.

Dijelaskan Husin Daruhan, kepedulian Pappri Sumbar terhadap bencana alam adalah salah satu dari program Pappri Sumatera Barat. Cara untuk menghimpun dana itu, dilakukan dipinggi jalan di jalan Khatib Sulaiman kota Padang dan pindah ke lokasi lain.

Sejak 6 hari ini, keluarga besar Pappri Sumarera Barat telah menghimpun dana atau barang-barang layak pakai yang akan diserahkan nantinya ke warga yang terdampak bencana. Untuk itu, terimakasih kami ucapkan kepada para danatur yang telah menyumbangkan sedikit rejekinya lewat Pappri Sumbar.

Kegiatan pencarian dana untuk daerah atau warga terdampak bencana alam ini juga digalang langsung oleh penasehat DPD Pappri yaitu ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat bapak Supardi. Mohon maaf kepada seluruh pengemudi jika terganggu dalam perjalanannya.

Selama ini kepedulian Supardi terhada bencana alam sangat luar biasa. Apalagi, jika mendengar musibah yang terjadi di Payakumbuh, dia (Supardi.Red) langsung bergerak cepat, seraya membawa bantuan untuk warga yang terdampak.

Disamping itu, kepedulian Supardi terhadap daerah kota Payakumbuh, tidak saja terhadap musibah bencana, akan tetapi juga di bidang seni, budaya, dan lainnya.

Diakhir-akhir ini, kita sudah mendengar langsung dari masyarakat Payakumbuh, bahwa Supardi telah berkonstribusi penuh terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bekerjasama dengan beberapa sekolah SLTA di Payakumbuh.

“Intinya, semua yang dilancarkan Supardi, positif untuk warga Sumatera Barat umumnya dan warga Payakumbuh khususnya,”ujar mantan birokrasi yang berpengalaman itu.

Kemudian juga kami ucapkan terimakasih kepada para danatur yang telah menyalurkan bantuannya lewat Pappri Sumbar dan semoga kerja keras anggota Pappri menjadi amal yang berlimpah dari Allah SWT.

Berikut update data sementara kerugian dan korban jiwa banjir bandang di kabupaten Tanah Datar, Kamis 23 Mei 2024 pukul 22.00 Wib.

Sebanyak 47 unit rumah alami rusak berat, 26 unit rumah rusak sedang, rumah rusak ringan 80 unit. 43 rumah hanyut, dan 36 jembatan rusak, korban luka ringan 13 orang, luka berat 7 orang, korban hilang 10 orang, korban meninggal dunia 32 orang, sarana perdagangan 59 unit, tempat ibadah 18 unit, fasilitas pendidikan 4 unit. Kerugian kendaraan roda 4 sebanyak 51 unit dan kendaraan roda dua sebanyak 119 unit.

“Sedangkan yang menimpa lahan persawahan terdampak lebih kurang 412. 511 hektare. Irigasi 115 unit, 15. 038 ekor hewan ternak (kambing/sapi), sektor perikanan 146 kolam, industri kecil menengah 9 unit, dan bencana ini juga melanda lebih kurang 81, 64 hektare dan 13 unit Pamsimas,”ujar Husin

Nada yang sama juga disampaikan Zulhefrimen, salah seorang pratisi hukum terkenal di Sumatera Barat, dia menyebutkan apresiasi untuk Pappri Sumatera Barat. Melihat secara kasat mata, kepedulian Pappri Sumbar ini sangat luar biasa, apalagi didukung penuh oleh penasehat DPD Pappri Supardi.

Pencarian dana musibah bencana alam Sumatera Barat yang digelar secara bersama-sama oleh Pappri patut kita acungkan jempol. Semoga menjadi amal ibadah bagi Pappri Sumatera Barat.

“Terkait dengan adanya niat ketua DPRD Provinsi Sumbar itu maju dalam bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), perlu kita rapatkan barisan agar Supardi yang telah banyak peduli terhadap kota Payakumbuh sukses hendaknya. Kemudian Pappri Sumbar tetap jaya,”papar warga kelurahan Tanjung Pauh, kecamatan Payakumbuh Barat itu. (Mal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *