BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Warga Koto nan Gadang Payakumbuh Utara Berhalal Bihalal Bersama Perantau

Payakumbuhpos.id|Payakumbuh--- Halal bihalal biasanya diselenggarakan di rumah atau tempat yang besar, dengan tujuan untuk saling bersilaturahmi khususnya pada saat usai...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR WISATA

Polres dan Disparpora Limapuluh Kota Bangun Hospitality Kepariwisataan

Payakumbuhpos.id|Limapuluh Kota---Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf, S.H., S.I.K., M.H., bersama jajaran terus ciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Perantau IKK Pulang Kampung Ibarat Sitawa Sidingin Bagi Masyarakat, Utamakan Anak Yatim

Payakumbuhpos.id |Payakumbuh--- Luar biasa, perantau Ikatan keluarga Koto Nan Godang (IKK) pulang kampung ibarat sitawa sidingin bagi masyarakat, utamakan anak...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Ketua IKK Joni Hendri Lepas Perantau Pulang Basamo

Payakumbuhpos.id|Jakarta - Salah satu sunnah dalam safar yang dianjurkan oleh syariat dan bisa meringankan kesusahan safar adalah melakukan safar di...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR Nasional

Berkat Kepedulian Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto, Perantau Suayan Tiba Dikampung Halaman

Payakumbuhpos.id|Limapuluh Kota--- Perantau Suayan Jakarta sampai dikampung halaman (nagari Suayan), kecamatan Akabiluru, kabupaten Limapuluh Kota, disambut langsung Walinagari Suayan, Irwanul...

Dampak Corona, Bandara Minangkabau Perketat Jalur Masuk

Bandara Internasional Minangkabau, Sumbar. Foto : Dokumentasi Angkasa Pura II

Payakumbuhpos.com – Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Sumatera Barat, memperketat pengawasan dan pemeriksaan terhadap kedatangan seluruh penumpang, terutama yang dari luar negeri. Upaya ini dilakukan, menyusul adanya dua warga negara Indonesia yang terkonfirmasi positif terjangkit virus corona (COVID-19).

Selain pengawasan dan pemeriksaan terhadap seluruh penumpamg diperketat, PT Angkasa Pura II BIM, juga memastikan prosedur upaya pencegahan penyebaran virus Corona dijalankan sesuai ketentuan secara ketat.

“Koordinasi intensif dilakukan dengan otoritas bandara Wilayah VI, Karantina, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan stakeholder lainnya,” kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II BIM Yos Suwagiyono, Senin, 2 Maret 2020.

Menurut Yos, saat ini Bandara Internasional Minangkabau, sudah dilengkapi dengan berbagai sarana untuk mencegah penyebaran COVID-19. Selain thermal scanner, juga dilengkapi fasilitas lain seperti thermo gun, ruang isolasi, hingga penempatan hand sanitizer dan pembagian masker secara berkala.

“Hari ini, Ditjen Perhubungan Udara telah menerbitkan surat edaran agar pemeriksaan terhadap penumpang rute internasional yang tiba di seluruh bandara di Indonesia dapat ditingkatkan dan dilakukan secara masif,” ujar Yos.

Yos memastikan, seluruh penumpang baru tiba dari luar negeri, akan melalui pemeriksaan suhu tubuh yang dibagi dalam beberapa lajur. Termasuk juga maskapai, yang akan tetap menginformasikan kepada penumpang mengenai keharusan mengisi Health Alert Card.

Selain itu, menurut Yos, Kantor Kesehatan Pelabuhan yang berada di bawah Kementerian Kesehatan, juga tetap bertugas seefektif mungkin dalam melakukan monitoring terhadap penumpang pesawat. Di antaranya, melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap seluruh penumpang yang tiba dari luar negeri.

Pengecekan suhu tubuh ini, dilakukan dengan alat thermal scanner yang terdapat di terminal, serta thermo gun yang dipegang oleh personel KKP.

“Penumpang yang dari luar negeri, juga diharuskan mengisi formulir Health Alert Card (HAC) guna memonitor kemungkinan penumpang pesawat terjangkit COVID-19,” tuturnya. (Ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *