BERITA UTAMA

Elang Zanura Harumkan Nama SMPN 1 Kecamatan Situjuh Limo Nagari di Tingkat Nasional

Teks foto: Elang Zanura- Siswa kelas 9 SMPN 1 kecamatan Situjuh Limo Nagari.       Payakumbuhpos.id | Limapuluh Kota---Raih...
BERITA UTAMA

Wulan Denura Ajak Warga Payakumbuh Melihat Sejarah Nenek Moyang Kita, Dulu Seperti Apa?

Payakumbuhpos.id | Limapuluh Kota--- Pameran Festival Maek, kecamatan Bukik Barisan, kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat, dibuka langsung ketua DPRD Sumatera...
BERITA UTAMA

Bawaslu Kota Bukittinggi Melantik 129 Anggota PTPS Se-Kecamatan Guguk Panjang

Bukittinggi, Payakumbuhpos.id,-- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bukittinggi melaksanakan pelantikan dan pembekalan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kecamatan Guguak Panjang,...
BERITA UTAMA

Bantai Minang Sejagat 3-0, ISSB Payakumbuh Raih Juara I di Turnamen Pospa Cup II

Payakumbuhpos.id| Payakumbuh---Diawali dengan membantai Minang Sejagat 3-0, akhirnya ISSB Payakumbuh keluar sebagai juara I U-14 setelah mengalahkan Victory 4-3 dalam...
BERITA UTAMA

Wulan Denura : Anggota Paskibraka Pondasi dalam Mencapai Cita-cita Kedepan

Teks foto: Wakil ketua DPRD kota Payakumbuh, Wulan Denura, S.ST.     Payakumbuhpos.id|Payakumbuh--- Tiap tahun, tepatnya pada tanggal 17 Agustus,...

Dambaan 2600-an Masyarakat Nagari Galugua Terwujud

Teks foto: Bupati Safaruddin boyong tokoh masyarakat nagari Galugua temui Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi guna percepatan pembangunan di nagari Galugua.

Payakumbuhpos.id | Limapuluh Kota
Gerak cepat pembangunan nagari Galugua, kecamatan Kapur IX, kabupaten Limapuluh Kota, ternyata dibuktikan bupati setempat, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, bertemu langsung dengan gubernur Sumatere Barat Mahyeldi, di pendopo Gubernuran Padang, Minggu pagi, 17 Maret 2024.

Keberangkatan bupati Safaruddin ke Padang itu, didampingi Wali Nagari Galugua Wandriardi dan bersama tokoh masyarakat lainnya, juga turut dihadiri kepala Bapelitbang Provinsi Medi Iswandi, kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang Erasukma Munaf, kepala Dinas PUPR Limapuluh Kota Novriandi Syukri dan Bamus Nagari Galugua.

Topik utama pertemuan tersebut membahas kondisi ruas jalan menuju nagari Galugua yang jadi kewenangan Pemprov Sumbar. Kondisi jalan yang mulus tentu jadi dambaan 2600-an masyarakat nagari Galugua.

Menjawab laporan masyarakat Galugua, Gubernur Mahyeldi menjelaskan, Pemprov akan mengalokasikan anggaran senilai Rp2 Milyar dan akan dilaksanakan peninjauan oleh dinas terkait pada 19 Maret 2024. “Anggaran tersebut tentu tidak mencukupi perbaikannya secara keseluruhan. Namun akan dialokasikan ke titik-titik terparah yang susah dilalui kendaraan,” jelas Mahyeldi.

Kemudian dikatakannya, dengan anggaran terbatas yang dimiliki Pemprov Sumbar dan harus dibagi dengan 19 Kabupaten/Kota lainnya, Pemprov akan mengupayakan pengerjaan jalan melalui dana Inpres dalam akselerasi pembangunan infrastruktur di daerah.

“Kami berharap, pengajuan ruas jalan ini disetujui pemerintah pusat agar tidak menghambat aktivitas sehari-hari masyarakat. Kami minta Pemkab dan Pemnag untuk mengawal pengusulan ini sehingga dapat direalisasikan di tahun 2024,”harap gubernur Mahyeldi.

Sementara itu Bupati Safaruddin, merasa lega untuk sementara waktu sejumlah titik-titik terberat jalan ke nagari Galugua akan diperbaiki pemerintah Provinsi Sumbar.

Ditambahjan Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, peningkatan pembangunan infrastruktur secara terpadu jadi salah satu titik fokus dalam membangun kabupaten Limapuluh Kota. “Pengembangan maupun perbaikan infrastruktur jalan baik itu kewenangan Nasional, Provinsi, Kabupaten, dan Desa merupakan skala prioritas Pemerintah Daerah,” ulasnya.

Lebih lanjut, Bupati Safaruddin menjelaskan, Pemkab Limapuluh Kota telah mengganggarkan Rp2,3 Milyar di tahun 2024 untuk perbaikan infrastruktur jalan/jembatan di Nagari Galugua yang jadi kewenangan Kabupaten.

“Tepatnya dari pertigaan menuju simpang jorong Tanjung Jajaran hingga jorong Galugua dan jorong Koto Tangah. Diprioritaskan jalan di depan kantor Wali Nagari Galugua untuk diperbaiki tahun ini,”terang bupati Safaruddin.

Selain jalan Galugua, Bupati juga menerima informasi dari Pemerintah Provinsi terkait perbaikan ruas jalan Payakumbuh-Lintau melalui Kecamatan Luak dan Kecamatan Lareh Sago Halaban, juga segera dilanjutkan pembangunannya.

“Alhamdulilah, pak gubernur menyampaikan di tahun 2024, perbaikan jalan di Luak dan Lareh Sago Halaban yang ada di ruas Payakumbuh-Sitangkai akan dilaksanakan melalui dana Instruksi Presiden senilai Rp98 Milyar,”jelas bupati menutup pembicaraannya. (Nura)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *