BERITA UTAMA

Ini Gugatan GPMania2024 ke PTUN Jakarta, Batalkan Pencapresan Prabowo-Gibran

Sunggul Hamonangan Sirait, SH, MH Payakumbuhpos.id -- Relawan Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD, GP Mania 2024 Reborn meminta...
BERITA UTAMA

Bakor Paliko Pulang Kampuang, Gelar Sunatan Massal dan Bakti Sosial

PAYAKUMBUH - Perantau Minangkabau yang tergabung dalam Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Payakumbuh-Limapuluh Kota (Bakor Paliko) Indonesia, Malaysia, dan Australia pulang...
BERITA UTAMA

Perjalanan Study Komparatif Wartawan Luak 50 Ke Kota Bertuah

Pekan Baru-- Keberangkatan rombongan wartawan Luak 50 Ke Kota Pekan Baru (Riau) merupakan agenda Study Komparatif yang dilaksanakan oleh Dinas...
BERITA UTAMA

Selain Tokoh Nasional HDI Sangat Peduli Terhadap Mahasiswa Luak Limopuluah Yang Berada di Pulau Jawa

Bogor--- Herman Darnel Ibrahim (HDI) selain tokoh nasional juga memiliki sebuah kepedulian terhadap para mahasiswa yang berasal.darii lLuak 50 yang...
BERITA UTAMA

Projo Ganjar Laporkan Budi Arie Setiadi ke Ketua Ombudsman Republik Indonesia

JAKARTA - Projo Ganjar yang diketuai oleh Nora Haposan Situmorang S.H.,Melaporkan Budi Arie Setiadi yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika...

Cara Penggunaan dan 10 Manfaat Aplikasi PeduliLindungi

PAYAKUMBUHPOS.ID – Aplikasi PeduliLindungi menjadi aplikasi yang wajib dimiliki saat ini. Aplikasi PeduliLindungi diluncurkan pemerintah sebagai salah satu cara melacak dan menghentikan penyebaran virus COVID-19. Pemerintah menghimbau masyarakat untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi selama pandemi COVID-19.

Partisipasi masyarakat sebagai user sangat penting dengan membagikan data lokasi saat bepergian. Dengan ini, maka akan mudah menelusuri riwayat kontak dengan pasien COVID-19.

Namun dalam penggunaannya, banyak masyarakat yang mengetahui bahwa aplikasi PeduliLindungi merupakan sebuah aplikasi yang hanya dapat digunakan sebagai platform untuk mengunduh sertifikat vaksin COVID-19.

Tanpa disadari aplikasi PeduliLindungi ini memiliki banyak manfaat. Apa saja?

Berikut manfaat aplikasi PeduliLindungi yang HiTekno.com rangkum dari Kementerian Kesehatan untuk kamu.

Manfaat Aplikasi PeduliLindungi

1. Memberikan peringatan pada pengguna

Bagi masyarakat yang telah memiliki aplikasi PeduliLindungi, akan segera mendapatkan notifikasi atau peringatan apabila berada di keramaian atau kawasan zona merah. Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan notifikasi apakah di sekitar daerah tersebut terdapat orang yang terinfeksi Covid-19 atau pasien dalam pengawasan.

Berikut makna warna yang muncul dalam fitur aplikasi PeduliLindungi Safe Entrance.

Warna hijau: menandakan kamu bisa melanjutkan aktivitas dalam ruang publik

Warna oranye: kamu akan diizinkan masuk dengan menyesuaikan kebijakan pengelola tempat

Warna merah: menunjukkan bahwa kamu tidak dapat memasuki area publik dan sangat diimbau untuk segera vaksinasi Covid-19.

2. Pengawasan

Dengan adanya sebuah informasi lokasi pengguna yang dibagikan, akan memudahkan pemerintah dalam mengawasi dan mendeteksi pergerakan orang-orang yang terpapar Covid-19 selama 14 hari sebelumnya.

3. Mengunduh sertifikat vaksin

Bagi masyarakat yang telah melakukan vaksinasi Covid-19, dapat mengunduh sertifikat tersebut melalui fitur dalam aplikasi PeduliLindungi.

4. Informasi hasil tes Covid-19

Dalam aplikasi PeduliLindungi, akan muncul hasil tes PCR atau Swab antigen pengguna yang dikirimkan oleh laboratorium yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI.

5. Bukti untuk mengakses layanan publik

Dengan diterapkannya peraturan mengenai syarat mengakses layanan dan ruang publik menggunakan sertifikat vaksin, maka aplikasi PeduliLindungi merupakan aplikasi yang penting bagi seseorang untuk bisa mengetahui apakah seseorang sudah menjalani program vaksinasi atau belum.

Hanya dengan menunjukkan atau lewat fitur pindai QR Code akan ditampilkan data vaksinasi pengguna.

6. Syarat yang Dibawa saat Bepergian

Aplikasi PeduliLindungi, sejak Sabtu (28/8/2021) dijadikan sebagai syarat wajib dalam melakukan perjalanan atau bepergian. Manfaat aplikasi PeduliLindungi ini digunakan sebagai salah satu syarat perjalanan menggunakan baik transportasi darat, laut, dan udara.

Seluruh penumpang moda transportasi bus, kapal, pesawat terbang, hingga kereta api diwajibkan menyiapkan aplikasi ini.

7. Menampilkan statistik kasus Covid-19

Manfaat aplikasi PeduliLindungi ini juga dapat menampilkan statistik kasus covid-19 di lokasi sekitar penggunanya.

8. Diary perjalanan

Aplikasi PeduliLindungi dapat menyimpan dan menampilkan histori perjalanan pengguna di fitur Diary Perjalanan sebagai upaya program contact tracing oleh pemerintah.

9. Telemedicine

Terdapat fitur Teledokter pada aplikasi ini. Fitur ini membuat pengguna dapat melakukan pemeriksaan kesehatan dan telekonsultasi dengan dokter yang akan difasilitasi oleh aplikasi dari pihak ketiga.

10. Dapat membuat e-HAC

Pengguna dapat membuat electronic health alert card atau e-HAC melalui PeduliLindungi. Riwayat e-HAC atau kartu kewaspadaan yang pernah dibuat oleh pengguna juga tersedia di aplikasi ini.

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

Buka aplikasi PeduliLindungi dan lakukan login.

Tekan menu ‘Scan QR Code’, lalu scan QR Code yang terdapat pada pintu masuk.

Tunjukkan hasil QR Code tersebut ke petugas penjaga pintu.

Hasil dari pemindaian tersebut akan menentukan apakah kamu diperbolehkan masuk ke tempat tersebut atau tidak.

Manfaat aplikasi PeduliLindungi sangat membantu masyarakat dan pemerintah dalam hidup berdampingan dengan COVID-19. Oleh karena itu, diharapkan masyarakat bisa mengunduh dan memanfaatkan aplikasi tersebut dengan baik dan bijak, sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan fitur pada aplikasi tersebut. (*)

source: Hitekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *