BERITA UTAMA

Ini Gugatan GPMania2024 ke PTUN Jakarta, Batalkan Pencapresan Prabowo-Gibran

Sunggul Hamonangan Sirait, SH, MH Payakumbuhpos.id -- Relawan Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD, GP Mania 2024 Reborn meminta...
BERITA UTAMA

Bakor Paliko Pulang Kampuang, Gelar Sunatan Massal dan Bakti Sosial

PAYAKUMBUH - Perantau Minangkabau yang tergabung dalam Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Payakumbuh-Limapuluh Kota (Bakor Paliko) Indonesia, Malaysia, dan Australia pulang...
BERITA UTAMA

Perjalanan Study Komparatif Wartawan Luak 50 Ke Kota Bertuah

Pekan Baru-- Keberangkatan rombongan wartawan Luak 50 Ke Kota Pekan Baru (Riau) merupakan agenda Study Komparatif yang dilaksanakan oleh Dinas...
BERITA UTAMA

Selain Tokoh Nasional HDI Sangat Peduli Terhadap Mahasiswa Luak Limopuluah Yang Berada di Pulau Jawa

Bogor--- Herman Darnel Ibrahim (HDI) selain tokoh nasional juga memiliki sebuah kepedulian terhadap para mahasiswa yang berasal.darii lLuak 50 yang...
BERITA UTAMA

Projo Ganjar Laporkan Budi Arie Setiadi ke Ketua Ombudsman Republik Indonesia

JAKARTA - Projo Ganjar yang diketuai oleh Nora Haposan Situmorang S.H.,Melaporkan Budi Arie Setiadi yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika...

Anugerah Inovasi Awards Kota Payakumbuh Tahun 2023 Berlangsung Meriah

Payakumbuh—Anugerah Inovasi Awards Kota Payakumbuh Tahun 2023 berlangsung meriah di Aula Ngalau Lantai 3 Balai Kota Payakumbuh, Kamis (16/11/2023).

Acara ini digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Payakumbuh yang bertujuan untuk menjaring seluruh inovasi di Kota Payakumbuh untuk mendukung peningkatan kualitas indeks inovasi daerah.

Turut hadir Pj. Walikota Payakumbuh Jasman, Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Asisten I, II, dan III, kepala OPD, camat dan lurah, kepala sekolah SMP dan SD, kepala puskesmas, dan peserta lomba karya inovasi dan teknologi tepat guna tingkat kota dan provinsi di Payakumbuh tahun 2023.

“Tantangan di masa sekarang dan tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik yang lebih cepat, mudah, murah, dan pintar terus meningkat. Oleh karena itu, pemerintah daerah harus mampu melakukan terobosan kebijakan untuk menghadapi kondisi tersebut,” kata Pj. Wako Payakumbuh Jasman dalam sambutannya.

“Dunia akan selalu berkembang, oleh karena itu inovasi tepat guna yang berdampak pada masyarakat sangat dibutuhkan. Suatu daerah tanpa inovasi akan stagnan, tertinggal, dan mati suri,” tuturnya.

Ditambahkan Jasman, inovasi sebetulnya bersifat sederhana dan tidak memerlukan anggaran besar untuk memulainya. Inovasi juga tidak hanya berbentuk aplikasi, tetapi juga regulasi.

“Selama ini kita menganggap inovasi hanya berupa aplikasi atau peralatan, padahal tidak. Inovasi juga dapat berupa regulasi, justru inovasi regulasi ini lebih tinggi nilainya karena memiliki power untuk mengatur suatu hal dalam tata pemerintahan dan masyarakat,” jelasnya.

Pada akhir sambutannya, Jasman menegaskan bahwa kegiatan Anugerah Inovasi Awards Kota Payakumbuh merupakan wujud implementasi dan komitmen pimpinan daerah dalam memberikan penghargaan setinggi-tingginya bagi komponen-komponen pemerintahan serta masyarakat Kota Payakumbuh.

“Dengan semangat inovasi tanpa batas, kita membangun Kota Payakumbuh yang lebih baik lagi agar dapat bersaing dengan daerah lainnya disegala sektor,” tutupnya seraya membuka secara resmi acara tersebut.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Payakumbuh Yasrizal melalui laporannya menyampaikan bahwa Pemko Payakumbuh menyelenggarakan Anugerah Inovasi Awards sebagai bentuk apresiasi kepada para inovator untuk menumbuhkan motivasi dan budaya inovasi.

Yasrizal juga bersyukur tahun ini Payakumbuh memperoleh 3 penghargaan sekaligus di tingkat Provinsi yaitu sebagai juara 1 pada Penghargaan Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dengan Inovasi Smart Induction Stove Solar Generator Energy Berbasis Internet of Thing (IoT) oleh Ronaldi Zamora dari SMA IBS Raudhatul Jannah Payakumbuh.

Tak hanya itu, Payakumbuh juga menyabet prestasi untuk Penghargaan Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumbar dengan Juara 1 kategori pelajar Smart Framing Hidroponik Berbasis IoT dari SMA IBS Raudhatul Jannah dan Juara 1 kategori umum Mesin Pencacah Organik Mobile oleh inovator dari SMKN 2 Payakumbuh.

“Melalui kegiatan tahunan yang diselenggarakan secara konsisten dan berkelanjutan ini, kami berharap dapat tercipta beragam inovasi kreatif baik dari perangkat daerah maupun masyarakat di Kota Payakumbuh guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah,” pungkasnya.

Diketahui pemenang Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna tingkat Kota Payakumbuh tahun 2023 untuk tingkat SLTA diraih oleh SMA IBS Raudhatul Jannah (Smart Teknologi Egg / Smarteg) Juara 1, SMA IBS Raudhatul Jannah (Smart Tilapia Pond / Smatip) Juara 2, dan SMKN 2 Payakumbuh (Alat Pengendali Lampu 220V VAC/VDV Dengan Perintah Suara dari Hp) Juara 3.

Sementara itu, pemenang Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna tingkat Kota Payakumbuh tahun 2023 untuk tingkat umum diraih oleh Afriadi dan tim (Kompor Dengan Menggunakan Bahan Bakar Minyak Jelantah) Juara 1, Ronaldi Zamora, M.Si (Smart Framing Technology and Monitoring in Rice berbasis IoT / Monipad) Juara 2, dan Novi Warman dan tim (Mesin Pengaduk Serbuk Kayu dan Alat Pres Baglog Jamur Tiram dari Bahan Bekas) Juara 3.

Acara juga semakin meriah dengan pembacaan Anugerah Inovasi Awards Penyelenggara Pemerintah Daerah tahun 2023 yang diterima oleh Dinas PUPR (OPD Terinovasi), Kecamatan Payakumbuh Barat (Kecamatan Terinovasi), Puskesmas Padang Karambia (Puskesmas Terinovasi), Kelurahan Payolansek (Kelurahan Terinovasi), SDN 30 Payakumbuh (Sekolah Terinovasi), Eka Diana Rilva, ST, M. Eng dan Fifella Aziza, S.T, M. Eng, Msc (ASN Terinovator), dan Novit Ardi, S.Sos, MM (ASN Supporting Penyelenggaraan Inovasi). (Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *