BERITA UTAMA

Elang Zanura Harumkan Nama SMPN 1 Kecamatan Situjuh Limo Nagari di Tingkat Nasional

Teks foto: Elang Zanura- Siswa kelas 9 SMPN 1 kecamatan Situjuh Limo Nagari.       Payakumbuhpos.id | Limapuluh Kota---Raih...
BERITA UTAMA

Wulan Denura Ajak Warga Payakumbuh Melihat Sejarah Nenek Moyang Kita, Dulu Seperti Apa?

Payakumbuhpos.id | Limapuluh Kota--- Pameran Festival Maek, kecamatan Bukik Barisan, kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat, dibuka langsung ketua DPRD Sumatera...
BERITA UTAMA

Bawaslu Kota Bukittinggi Melantik 129 Anggota PTPS Se-Kecamatan Guguk Panjang

Bukittinggi, Payakumbuhpos.id,-- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bukittinggi melaksanakan pelantikan dan pembekalan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kecamatan Guguak Panjang,...
BERITA UTAMA

Bantai Minang Sejagat 3-0, ISSB Payakumbuh Raih Juara I di Turnamen Pospa Cup II

Payakumbuhpos.id| Payakumbuh---Diawali dengan membantai Minang Sejagat 3-0, akhirnya ISSB Payakumbuh keluar sebagai juara I U-14 setelah mengalahkan Victory 4-3 dalam...
BERITA UTAMA

Wulan Denura : Anggota Paskibraka Pondasi dalam Mencapai Cita-cita Kedepan

Teks foto: Wakil ketua DPRD kota Payakumbuh, Wulan Denura, S.ST.     Payakumbuhpos.id|Payakumbuh--- Tiap tahun, tepatnya pada tanggal 17 Agustus,...

Antisipasi Konflik Jelang Pemilu 2024, Polres Payakumbuh Gelar Simulasi Sispam Kota

Payakumbuh,- Kepolisian Resor Payakumbuh melaksanakan simulasi Sispam Kota (Sistem Pengamanan Kota) sebagai persiapan pengamanan jelang pemilu 2024 bertempat di Gelanggang Olah Raga Kubu Gadang, Kamis (12/10)

Kegiatan yang di buka oleh Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari, S.I.K.M.H melalui apel gelar pasukan simulasi sispamkota ini juga turut di saksikan oleh Forkopimda Kota Payakumbuh, perwakilan anggota KPU dan Bawaslu Kota Payakumbuh serta ratusan pasang mata masyarakat yang tertarik datang untuk menyaksikan peragaan simulasi oleh personil Polres Payakumbuh ini.

Wakapolres Payakumbuh Kompol Russirwan yang di dampingi Kabag Ops Kompol Julianson menjelaskan, simulasi sispamkota dilaksanakan bertujuan agar seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan pemilu nantinya semakin memahami fungsi, peran dan kontijensi yang mungkin saja terjadi saat pelaksanaan rangkaian tahapan pemilu tahun 2024 nantinya.

” Simulasi sispamkota ini untuk mematangkan berbagai persiapan yang sedang kami laksanakan untuk menyukseskan Pemilu 2024, ” ungkap Kompol Russirwan.

Walau tak diharapkan, Russirwan menuturkan kerawanan adanya kericuhan dalam tiap pelaksanaan pesta demokrasi bisa saja terjadi, hal ini dapat terlihat dengan kemungkinan adanya aksi unjuk rasa sebagai bentuk ketidakpuasaan terhadap hasil pemilu bisa juga ketegangan antar masa pendukung pasangan calon yang tidak dapat mengontrol diri saat tahapan kampanye di mulai.

” Intinya kita tidak underestimate sehingga dapat melaksanakan pengamanan pada seluruh tahapan pemilu dari awal hingga akhir nantinya, ” terang Russirwan.

Melansir pernyataan Kabag Ops Kompol Julianson selaku Koordinator, dalam pelaksanaan simulasi sispamkota ini di peragakan beberapa tahapan pelaksanaan pemilu yang di tuangkan dalam skenario pengamanan yang didemonstrasikan oleh seluruh personil Polres Payakumbuh di bantu personil dari TNI dan instansi terkait.

Mulai dari tahapan kampanye oleh masing-masing paslon yang menimbulkan kericuhan antar pendukung, masa tenang, hari pencoblosan, penghitungan dan pengawalan surat dan kotak suara, serta tindakan pengamanan terhadap kantor KPU yang diasumsikan akan di serang oleh masa yang tidak senang akan hasil dari pemilu itu sendiri.

” Semua kemungkinan terjadinya kerawanan serta cara bertindak personil Polri maupun TNI dalam tahapan pemilu nanti kita sajikan semua dalam simulasi sispamkota ini, hal ini sebagai bukti bentuk kesiapan kami dalam menghadapi pengamanan pemilu serentak nantinya, ” beber Julianson.

Dalam pelaksanan Simualsi Sispamkota ini diketahui Polres Payakumbuh menerjunkan 200 orang personil polri ditambah personil dari TNI hingga instansi terkait seperti Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan Dinas Perhubungan hingga komunitas ojol yang ada di Kota Payakumbuh. Bahkan beberapa orang warga masyarakat juga ikut terlibat berperan sebagai masa bulshit.

” Alhamdulillah semua berjalan lancar, dalam hal ini Kapolres mengungkapkan rasa terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada semua pihak yang turut membantu mensukseskan gelaran sispamkota ini, ” pungkas Julianson. (Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *