BERITA UTAMA

Ini Gugatan GPMania2024 ke PTUN Jakarta, Batalkan Pencapresan Prabowo-Gibran

Sunggul Hamonangan Sirait, SH, MH Payakumbuhpos.id -- Relawan Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD, GP Mania 2024 Reborn meminta...
BERITA UTAMA

Bakor Paliko Pulang Kampuang, Gelar Sunatan Massal dan Bakti Sosial

PAYAKUMBUH - Perantau Minangkabau yang tergabung dalam Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Payakumbuh-Limapuluh Kota (Bakor Paliko) Indonesia, Malaysia, dan Australia pulang...
BERITA UTAMA

Perjalanan Study Komparatif Wartawan Luak 50 Ke Kota Bertuah

Pekan Baru-- Keberangkatan rombongan wartawan Luak 50 Ke Kota Pekan Baru (Riau) merupakan agenda Study Komparatif yang dilaksanakan oleh Dinas...
BERITA UTAMA

Selain Tokoh Nasional HDI Sangat Peduli Terhadap Mahasiswa Luak Limopuluah Yang Berada di Pulau Jawa

Bogor--- Herman Darnel Ibrahim (HDI) selain tokoh nasional juga memiliki sebuah kepedulian terhadap para mahasiswa yang berasal.darii lLuak 50 yang...
BERITA UTAMA

Projo Ganjar Laporkan Budi Arie Setiadi ke Ketua Ombudsman Republik Indonesia

JAKARTA - Projo Ganjar yang diketuai oleh Nora Haposan Situmorang S.H.,Melaporkan Budi Arie Setiadi yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika...

530 Siswa TK, SD dan SMP Se-Kota Payakumbuh Terima Beasiswa PPDB Cerdas Berkarakter

Payakumbuh — 530 siswa TK, SD dan SMP se Kota Payakumbuh menerima bantuan beasiswa PPDB cerdas berkarakter yang bersumber dari dana zakat Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemko Payakumbuh dan disalurkan melalui Baznas Kota Payakumbuh.

Beasiswa cerdas berkarakter menjadi salah satu upaya Pemko Payakumbuh dalam membangun generasi muda yang unggul dan memiliki karakter yang kuat. Dengan memberikan beasiswa, diharapkan siswa-siswa yang rentan ekonomi dapat terus melanjutkan pendidikan mereka dengan baik tanpa adanya hambatan finansial.

“Beasiswa ini diserahkan kepada 530 siswa TK, SD, dan SMP yang ada di Kota Payakumbuh yang bersumber dari gaji dan tunjagan profesi guru dan PNS di lingkungan pemerintah Kota Payakumbuh yang penghasilannya sudah mencapai batas untuk berzakat,” kata Dasril saat penyerahan bantuan di Aula Dinas Pendidikan, Senin (07/08/2023).

Pada kesempatan ini, Dasril juga menyampaikan harapan dari Dinas Pendidikan kepada penerima beasiswa PPDB Cerdas Berkarakter agar senantiasa mensyukuri dana yang diterima, serta menggunakan dana beasiswa ini sesuai sasaran yakni untuk keperluan pendidikan anak.

“Dana yang terkumpul di Baznas 60% nya kita bagikan kembali kepada yang mengalami kesulitan ekonomi. Harap ditunggu, hari ini akan di transfer ke rekening Bank Nagari masing-masing,” jelas Dasril.

Sejalan, ketua Baznaz Kota Payakumbuh Edi Kusmanak menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Payakumbuh yang memiliki semangat perubahan dengan menerapkan konsep zakat yang berkelanjutan di Kota Payakumbuh.

“Meskipun mengalami tantangan, gerakan zakat terus mengalami peningkatan di Payakumbuh. Alhamdulillah, hal ini tentu tidak terlepas dari kerja keras pak Pj. Wako kita yang memberi dampak positif pada bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat dhuafa,” tutur Edi.

Sementara itu, Pj. Wako Rida Ananda turut menyampaikan hal serupa terkait pemberdayaan ekonomi masyarakat dhuafa yang akan terus diupayakan sebagai solusi dari pemecahan persoalan pendidikan dan kemiskinan di Kota Payakumbuh.

“Kita akan senantiasa berupaya mendorong pemberdayaan sumber daya manusia melalui pendidikan di Payakumbuh. Keluarga miskin yang tercatat di payakumbuh masih ada sebesar 5,16%, sedangkan keluarga dengan kemiskinan ekstrem ada 41 keluarga. Hal ini akan menjadi sasaran kita bersama kedepannya,” terang Rida.

Tak lupa, Rida juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Dinas Pendidikan dan Baznas Kota Payakumbuh karena telah membantu mensupport program pemerintah kota dalam hal pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui bantuan dana pendidikan.

“Kami sangat mengapresiasi program ini, sebab jika hanya bergantung kepada APBD tentu akan sulit. Lalu, kita juga akan mengupayakan biaya baju sekolah anak untuk tahun depan sudah gratis,” ujar Rida.

Di akhir sambutannya, Rida berpesan kepada penerima beasiswa PPDB Cerdas Berkarakter agar bersemangat dan sungguh-sungguh dalam belajar.

“Anak-anak yang kami cintai, ayo belajar dengan giat dan bersungguh-sungguh. Kepada ibu dan bapak pendamping, tolong sekolahkan anak-anak kita dengan benar hingga tamat, karena pendidikanlah yang akan merubah nasib kita. Kami dari pemerintah Kota Payakumbuh pun akan berupaya sekuat tenaga mendorong masyarakat untuk mengenyam pendidikan dan kehidupan yang layak di Kota Payakumbuh,” pungkas Rida.

Usai menyampaikan sambutannya, selanjutnya dilakukan penyerahan Beasiswa PPDB Cerdas Berkarakter secara simbolis oleh Pj. Wako Rida Ananda kepada perwakilan siswa TK, SD, dan SMP di Kota Payakumbuh.

Adapun pencairan beasiswa ini diserahkan kepada 530 siswa TK, SD, dan SMP, dengan rincian siswa TK sebanyak 119 orang dengan jumlah beasiswa Rp.250.000/orang, siswa SD sebanyak 294 orang dengan jumlah beasiswa Rp.500.000/orang, dan siswa SMP sebanyak 117 orang dengan jumlah beasiswa Rp.600.000/orang. Sehingga total dana yang dicairkan pada penyerahan beasiswa ini sebesar Rp.246.950.000. (Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *