BERITA UTAMA

Bintang Utama Bantai KBS di LJP

Teks foto: SSB KBS dibantai SSB Bintang Utama dengan skor 0-6, di lapangan kelurahan Koto Baru, kecamatan Payakumbuh Timur, Jumat...
BERITA UTAMA

Bukti Rasa Syukur, Masyarakat Sijunjung Gelar Tradisi Bakaua Adat di Los Tobek

Sijunjung,Payakumbuhpos - Bakaua Adat adalah sebentuk tradisi yang ada dimasyarakat Minang Kabau, khususnya Kabupaten Sijunjung sebagai bentuk rasa syukur kepada...
BERITA UTAMA

DPD Pappri Sumbar Himpun Dana Bencana Alam Sumatera Barat

Teks foto: Kru Pappri Sumbar ikut sakaki menghimpun pencarian dana bencana alam Sumatera Barat.       Payakumbuhpos.id | Payakumbuh-- Pasca...
BERITA UTAMA

Disorot Fraksi Golkar, Habiskan APBD Rp1,5 M, Kini Incinerator Sudah Menjadi Besi Tua

Teks foto: Wirman Putra-Juru Bicara Fraksi Golkar DPRD kota Payakumbuh.       Payakumbuhpos.id | Payakumbuh--- Gaung kasus incinerator di RSUD...
BERITA UTAMA

Lulus di ITB Lewat Jalur Undangan, YB. Dt. Parmato Alam Salurkan Bea Siswa

Teks foto: Yendri Bondra Dt. Parmato Alam salurkan bantuan bea siswa kepada Ranji Andiko yang lulus di ITB Bandung lewat...

20 Tahun ke Depan, Limapuluh Kota Bangun Ketangguhan Infrastruktur dan Tahan Terhadap Kebencanaan

Teks foto: Bupati Limapuluh Kota Safaruddin, katakan 20 Tahun ke Depan, Limapuluh Kota Bangun Ketangguhan Infrastruktur dan Tahan Terhadap Kebencanaan.

 

 

 

Payakumbuhpos.id | Limapuluh Kota—Musyawarah Rencana Pembangunan
(Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 dan RKPD tahun 2025, merupakan forum pemangku kepentingan dalam menyusun rencana pembangunan kabupaten Limapuluh Kota ke depan.

“Musrenbang tahun 2025-2045 itu, dengan output menyepakati pedoman/arah pembangunan termasuk kebijakan dan sasaran pembangunan tahun 2025,”ujar kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan Daerah ((Bapelitbangda) kabupaten Limapuluh Kota Gusdian Laura di aula kantor bupati, Sarilamak, Selasa 28 Mei 2024.

Dijelaskan Gusdian Laura, dengan menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah kabupaten dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan yang terintegrasi dan harmonis dengan pusat dan propinsi serta menyepakati visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok RKPD maupun RPJPD.

“Hasil musrenbang diharapkan tersedianya masukan dan saran dari para stakeholders dan pemangku kepentingan pembangunan daerah dalam mewujudkan perencanaan pembangunan yang didasarkan pada permasalahan dan isu strategis yang ada di daerah,”tutup Gusdian.

Kemudian, bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo mengajak seluruh komponen, baik itu pemerintah, masyarakat, dan organisasi kemasyarakatan berembuk bersama dengan memberikan ide, saran dan masukan dalam mewujudkan Limapuluh Kota madani, maju, berbudaya dan berkelanjutan.

Dijelaskan bupati, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) kabupaten Limapuluh Kota 2025-2045 masih berfokus dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing.

Ditegaskan bupati, pembangunan ke depan, Limapuluh Kota akan membangun perekonomian produktif dan terwujudnya pembangunan yang tidak merusak lingkungan berbasis ekonomi sirkular, ketangguhan infrastruktur dan tahan terhadap kebencanaan dan krisis iklim.

Tidak hanya Musrenbang RPJD, pada forum yang dihadiri unsur Forkopimda, para Asisten, Kepala Perangkat Daerah (KPD) dan ketua TP PKK Nevi Safaruddin di kabupaten Limapuluh Kota dalam hal tersebut turut dilaksanakan Musrenbang RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) 2025 dan Rembuk Stunting kabupaten Limapuluh Kota 2024.

Diselenggarakan secara hybrid (online dan offline), gelaran Musrenbang turut diikuti Bapeda Provinsi, instansi vertikal, akademisi, BUMN, Walinagari, dan organisasi masyarakat di kabupaten Limapuluh Kota.

Bupati Safaruddin menjabarkan misi jangka panjang RPJPD 2025-2045 diantaranya, mewujudkan transformasi sosial menuju sumberdaya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, mewujudkan masyarakat yang sejahtera, inklusif, adil dan setara.

Kemudian, juga melalui transformasi ekonomi daerah yang berkelanjutan, setelah itu mewujudkan transformasi tata kelola yang profesional, transparan, akuntabel dan inovatif.

Memantapkan keamanan daerah tangguh, masyarakat damai, demokratis, dan inklusif, serta stabilitas ekonomi makro daerah.

Kemudian, memantapkan ketahanan sosial budaya sesuai dengan nilai “ABS-SBK” dan pengelolaan sumber daya ekologi yang berkelanjutan, membangun wilayah secara merata dan berkeadilan.

Terakhir memantapkan pembangunan sarana dan prasarana yang berkualitas dan ramah lingkungan serta mewujudkan kesinambungan pembangunan daerah.

Lebih lanjut bupati Safaruddin mengatakan, 20 tahun ke depan tantangan akan lebih dahsyat, dalam konteks regional dan global dimana perkembangan teknologi akan cepat berubah, sehingga harus cerdas dalam memanfaatkan bonus demografi sebagai kekuatan utama.

“Sebagai upaya guna mencapai visi dan misi jangka panjang, daerah telah merumuskan 17 arah pembangunan yang terbagi dalam 8 misi dan pencapaiannya diukur melalui 45 indikator target sasaran pokok yang diselaraskan dengan target nasional dan provinsi,”papar bupati Safaruddin.

Pada kesempatan itu, bupati mengharapkan agar seluruh stakholder sama-sama berbenah, bersinergi, dan berkolaborasi untuk mencapai Limapuluh Kota Maju Menuju Indonesia Emas 2045.

“Semoga acara ini menghasilkan gagasan yang konstruktif, yang dapat menjadi input penting dalam penyempurnaan Rancangan RPJPD 2025-2045, RKPD 2025 dan Rembuk Stunting 2024,”pungkas bupati Safaruddin. (Mal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *