BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Perantau IKK Pulang Kampung Ibarat Sitawa Sidingin Bagi Masyarakat, Utamakan Anak Yatim

Payakumbuhpos.id |Payakumbuh--- Luar biasa, perantau Ikatan keluarga Koto Nan Godang (IKK) pulang kampung ibarat sitawa sidingin bagi masyarakat, utamakan anak...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Ketua IKK Joni Hendri Lepas Perantau Pulang Basamo

Payakumbuhpos.id|Jakarta - Salah satu sunnah dalam safar yang dianjurkan oleh syariat dan bisa meringankan kesusahan safar adalah melakukan safar di...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR Nasional

Berkat Kepedulian Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto, Perantau Suayan Tiba Dikampung Halaman

Payakumbuhpos.id|Limapuluh Kota--- Perantau Suayan Jakarta sampai dikampung halaman (nagari Suayan), kecamatan Akabiluru, kabupaten Limapuluh Kota, disambut langsung Walinagari Suayan, Irwanul...
BERITA UTAMA

Safari Berbagai Daerah di Riau, Marta Uli Emmelia: UMKM Prioritas Utama Serikat Pekerja Kerah Biru

Jakarta - Ketua Bidang Ekonomi dan Bisnis Federasi Serikat Pekerja Kerah Biru (FSP Kerah Biru), Marta Uli Emmelia mengajak pekerja...
BERITA UTAMA

PAC Pasar Minggu Bersama BP2MI Sosialisasikan Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Teks foto; Ketua PAC Pasar Minggu, Musta'in (ist) JAKARTA - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Kecamatan Pasar Minggu yang...

17 Tersangka Penganiaya Siswa Pesantren Nurul Ikhlas Mulai Disidangkan

PAYAKUMBUHPOS.com – Sejak Senin kemarin kasus tewasnya Siswa Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar Rhobi Al Halim akibat dikeroyok 17 temannya, Februari lalu, mulai disidangkan di Pengadilan Negeri Padang Panjang.

“Sudah sidang. Sidang pertama Senin kemarin,” kata Kasat Reskrim Polres Padang Panjang,  Iptu Hidup Mulia, SH, MH, Selasa (13).

Sesuai dengan ketentuan peradilan anak dibawah umur maka pelaksanaan sidang perdana kasus penganiayaan terbesar dalam sejarah pendidikan di Tanah Datar ini dilaksanakan secara tertutup. Sidang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Padang Panjang Supardi.

Seperti ditulis Singgalang dari berbagai sumber di PN padang Panjang, sidang perdana seperti biasa diajukan diversi atau perdamaian terlebih dahulu. Tetapi pihak keluarga korban menolak dan tetap minta sidang dilanjutkan.

Selanjutnya Ketua Majelis Hakim meminta Jaksa Penuntut Umum (JPU) membacakan dakwaannya. Pembaca dakwaan terdiri 16 berkas yang terdiri dari 17 tersangka.

Ke 17 tersangka tersebut sejak sepuluh hari terakhir sudah dititipkan di Lapas Padang Panjang.

Sebelumnya edua orang tua almarhum Rhobi Al Halim, siswa Pondok Pesantren Nurul Ikhlas yang tewas dianiaya 17 temannya, Februari lalu, meminta kasus anaknya segera disidangkan.

“Kami meminta kasus tewasnya anak kami segera dilimpahkan ke pengadilan supaya tuntas perkara ini secepatnya,” kata Yoserizal alias Pak Jack Alima Padang Panjang, ayah kandung almarhum Rhobi Al Halim menanggapi akan diserahkan berkas perkara anaknya oleh pihak kepolisian kepada kejaksaan pada 29 Juli mendatang.

Seperti diberitakan sebelumnya,  Kasat Reskrim Polres Padang Panjang AKP Hidup Mulia, SH, MH menyatakan bahwa berkas kasus penganiaan yang menyebabkan tewasnya Rhobi Al Halim Siswa Ponpes Nurul Ikhlas, berkasnya akan diserahkan kepada Kejaksaan Negeri Padang Panjang 29 Juli mendatang.

Jack Alima mengaku dirinya bersama istri dan kakak adik almarhum serta keluargar besar sempat kecewa dengan lamanya proses penyidikan di tingkat kepolisian. Bahkan mereka sempat putus asa kasus ini tidak akan naik sampai ke pengadilan.

Namun dengan adanya penjelasan dari Kasat reskrim Polres Padang Panjang ini tentang telah selesainya pemberkasan kasus dan akan dilimpahkan ke kejaksaan, Jack Alima berharap berkas tersebut bisa lebih cepat lagi diserahkan jaksa kepada pengadilan.

“Kami berharap pihak Pengadilan Negeri Padang Panjang secepatnya pula dapat menyidangkan kasus ini, supaya siapa saja yang terlibat dalam kasus ini dapat hukuman yang setimpal,” ujar Jack. (awe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *