BERITA UTAMA

Ini Gugatan GPMania2024 ke PTUN Jakarta, Batalkan Pencapresan Prabowo-Gibran

Sunggul Hamonangan Sirait, SH, MH Payakumbuhpos.id -- Relawan Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD, GP Mania 2024 Reborn meminta...
BERITA UTAMA

Bakor Paliko Pulang Kampuang, Gelar Sunatan Massal dan Bakti Sosial

PAYAKUMBUH - Perantau Minangkabau yang tergabung dalam Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Payakumbuh-Limapuluh Kota (Bakor Paliko) Indonesia, Malaysia, dan Australia pulang...
BERITA UTAMA

Perjalanan Study Komparatif Wartawan Luak 50 Ke Kota Bertuah

Pekan Baru-- Keberangkatan rombongan wartawan Luak 50 Ke Kota Pekan Baru (Riau) merupakan agenda Study Komparatif yang dilaksanakan oleh Dinas...
BERITA UTAMA

Selain Tokoh Nasional HDI Sangat Peduli Terhadap Mahasiswa Luak Limopuluah Yang Berada di Pulau Jawa

Bogor--- Herman Darnel Ibrahim (HDI) selain tokoh nasional juga memiliki sebuah kepedulian terhadap para mahasiswa yang berasal.darii lLuak 50 yang...
BERITA UTAMA

Projo Ganjar Laporkan Budi Arie Setiadi ke Ketua Ombudsman Republik Indonesia

JAKARTA - Projo Ganjar yang diketuai oleh Nora Haposan Situmorang S.H.,Melaporkan Budi Arie Setiadi yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika...

Sosialisasi Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Evaluasi Kurikulum Operasional Satuan Paud

Payakumbuh—Kabid Paud, Syafni Hasni Membuka Kegiatan Pada hari Rabu s.d Kamis tanggal 16 s.d 17 November 2022, Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Evaluasi Kurikulum Operasional Satuan Paud yang diikuti sebanyak 143 orang kepala satuan paud bertempat di aula SKB Kota Payakumbuh .

Kegiatan dibuka langsung Kabid Paud Dinas Pendidikan Syafni Hasni, S.Pd didampingi Kasi Paud Dila Fatma, S.Pd, MM. dengan nara sumber Dr. Yenita Irawati, M.Pd dan Syahrul, M.Pd.

Materi dari Narasumber
Kegiatan berlangsung selama 2 hari dengan materi penyampaian kebijakan kemdikbud terkait IKM, elemen capaian pembelajaran kurikulum merdeka pada satuan paud, dimensi P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada kurikulum merdeka, materi assemen dan penerapan IKM, pengembangan pembelajaran diferensiasi, merancang pembelajaran. Kegiatan bertujuan untuk memberi penguatan pemahaman kepala sekolah tentang implementasi kurikulum merdeka serta untuk mengevaluasi KOSP yang sudah disusun diawal tp.2022/2023 .

Kabid Paud Syafni Hasni, S.Pd dalam membuka kegiatan menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh mendukung satuan paud di Kota Payakumbuh akan berupaya maksimal dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar dengan pola mandiri berubah.

“Dalam kegiatan ini diharapkan kepala satuan paud mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh , materi yang disampaikan narasumber dipahami kemudian diimplementasikan”, tambah Kabid Paud.

Terakhir Kabid Paud berharap bahwa kepala satuan paud dapat menyampaikan materi dan informasi kepada masing – masing guru di satuan/ sekolah hingga implementasi kurikulum merdeka dalam melayani anak didik dapat terwujud menjadi layanan paud yang berkualitas.

Ditemui terpisah, Plh. Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Drs.Danil Defo, M.Si menyampaikan bahwa sesuai kebijakan Kota Payakumbuh penerapan IKM (impementasi kurikulum merdeka) bagi satuan Paud, SD, SMP sudah berjalan 3 bulan dilaksanakan. Dalam pelaksanaannya, penerapan kurikulum ini belum maksimal. Ada beberapa hal-hal yang perlu disikapi dalam penyempurnaanya. Untuk itu, diadakan evaluasi ini.

Kadis berharap kepada seluruh satuan paud yang mengikuti kegiatan ini, agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya karena semua butuh proses dalam pelaksanaan kurikulum baru, ini perlu masukan dan saran dari berbagai pihak dan pemangku kepentingan sehingga dilahirkan KOSP Kurikulum Merdeka lebih baik lagi. Ini merupakan proses awal, kedepannya evaluasi akan terus dilaksanakan sekali 3 bulan untuk lebih baiknya implementasi kurikulum merdeka dan KOSP yang menjadi bahan/ dasar dalam pelaksanaan IKM.

“Semoga dengan evaluasi ini menjadi bekal untuk pendidikan yang lebih baik bagi satuan paud di Kota Payakumbuh”, tambahnya.

Selanjutnya kegiatan diisi dengan kerja kelompok dan sesi tanya jawab.(Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *