BERITA UTAMA

Tokoh Masyarakat Minta Polisi Usut Tuntas Kasus Saling Lapor Walinagari Limbanang dan Staf

Limapuluh Kota - Kasus saling lapor Walinagari Limbanang, Yori Noviola (45) dan staf perempuan berinisial PI (26) terkait pencemaran nama...
BERITA UTAMA PAYAKUMBUH

Terus Kendalikan Inflasi, Wako Rida Ananda Serahkan Bantuan Benih, Pupuk, Dan Polibag Buat Masyarakat

Payakumbuh --- Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda menyerahkan bantuan pupuk kandang, benih cabe, dan polibag ke OPD, kelurahan se...
BERITA UTAMA

Kompak dan Hangat, Pertemuan yang Tidak Terduga antara Rezka Oktoberia dengan Ketua LKAAM Kota Payakumbuh

PAYAKUMBUH - Anggota DPR-RI Rezka Oktoberia yang juga merupakan putri Kelahiran Kota Payakumbuh, secara tidak sengaja berjumpa dengan Ketua LKAAM...
BERITA UTAMA

YB Dt. Parmato Alam Tutup Open Turnamen Bulutangkis Divisi 3 PB Calabu

PAYAKUMBUH - Ketua PBSI Kota Payakumbuh YB. Dt Parmato Alam tutup Open Tournament Bulutangkis Divisi 3 Calabu Cup yang diadakan...
BERITA UTAMA

Anggap Sekolahnya Jadi Sasaran ATM dan Bullying, Pengurus ICBS Lecehkan Profesi Wartawan tanpa Alamat

PAYAKUMBUH - Tiada angin tiada hujan, salah seorang pengurus pesantren Insan Cendekia Boarding School (ICBS) di salah satu group WhatsApp...

Sosialisasi Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Evaluasi Kurikulum Operasional Satuan Paud

  • Bagikan

Payakumbuh—Kabid Paud, Syafni Hasni Membuka Kegiatan Pada hari Rabu s.d Kamis tanggal 16 s.d 17 November 2022, Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Evaluasi Kurikulum Operasional Satuan Paud yang diikuti sebanyak 143 orang kepala satuan paud bertempat di aula SKB Kota Payakumbuh .

Kegiatan dibuka langsung Kabid Paud Dinas Pendidikan Syafni Hasni, S.Pd didampingi Kasi Paud Dila Fatma, S.Pd, MM. dengan nara sumber Dr. Yenita Irawati, M.Pd dan Syahrul, M.Pd.

Materi dari Narasumber
Kegiatan berlangsung selama 2 hari dengan materi penyampaian kebijakan kemdikbud terkait IKM, elemen capaian pembelajaran kurikulum merdeka pada satuan paud, dimensi P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada kurikulum merdeka, materi assemen dan penerapan IKM, pengembangan pembelajaran diferensiasi, merancang pembelajaran. Kegiatan bertujuan untuk memberi penguatan pemahaman kepala sekolah tentang implementasi kurikulum merdeka serta untuk mengevaluasi KOSP yang sudah disusun diawal tp.2022/2023 .

Kabid Paud Syafni Hasni, S.Pd dalam membuka kegiatan menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh mendukung satuan paud di Kota Payakumbuh akan berupaya maksimal dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar dengan pola mandiri berubah.

“Dalam kegiatan ini diharapkan kepala satuan paud mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh , materi yang disampaikan narasumber dipahami kemudian diimplementasikan”, tambah Kabid Paud.

Terakhir Kabid Paud berharap bahwa kepala satuan paud dapat menyampaikan materi dan informasi kepada masing – masing guru di satuan/ sekolah hingga implementasi kurikulum merdeka dalam melayani anak didik dapat terwujud menjadi layanan paud yang berkualitas.

Ditemui terpisah, Plh. Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Drs.Danil Defo, M.Si menyampaikan bahwa sesuai kebijakan Kota Payakumbuh penerapan IKM (impementasi kurikulum merdeka) bagi satuan Paud, SD, SMP sudah berjalan 3 bulan dilaksanakan. Dalam pelaksanaannya, penerapan kurikulum ini belum maksimal. Ada beberapa hal-hal yang perlu disikapi dalam penyempurnaanya. Untuk itu, diadakan evaluasi ini.

Kadis berharap kepada seluruh satuan paud yang mengikuti kegiatan ini, agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya karena semua butuh proses dalam pelaksanaan kurikulum baru, ini perlu masukan dan saran dari berbagai pihak dan pemangku kepentingan sehingga dilahirkan KOSP Kurikulum Merdeka lebih baik lagi. Ini merupakan proses awal, kedepannya evaluasi akan terus dilaksanakan sekali 3 bulan untuk lebih baiknya implementasi kurikulum merdeka dan KOSP yang menjadi bahan/ dasar dalam pelaksanaan IKM.

“Semoga dengan evaluasi ini menjadi bekal untuk pendidikan yang lebih baik bagi satuan paud di Kota Payakumbuh”, tambahnya.

Selanjutnya kegiatan diisi dengan kerja kelompok dan sesi tanya jawab.(Benpi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.