BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Keluarga Besar Kabua Saiyo Antusias Sambut Dr. Zulmaeta

Payakumbuhpos.id | Payakumbuh-- Keluarga besar Kabua Saiyo antusias sambut calon Walikota Payakumbuh Dr. Zulmaeta ketika manfaatkan momen idulfitri 1445 H GOR...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

YB Dt. Parmato Alam, Jambangi Bara Cafe Bandarawang

Payakumbuhpos.id | Payakumbuh---Ketua DPRD kota Payakumbuh periode 2014-2019 Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, jambangi Bara Cafe Bandarawang milik Fajri di kelurahan...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Warga Koto nan Gadang Payakumbuh Utara Berhalal Bihalal Bersama Perantau

Payakumbuhpos.id|Payakumbuh--- Halal bihalal biasanya diselenggarakan di rumah atau tempat yang besar, dengan tujuan untuk saling bersilaturahmi khususnya pada saat usai...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR WISATA

Polres dan Disparpora Limapuluh Kota Bangun Hospitality Kepariwisataan

Payakumbuhpos.id|Limapuluh Kota---Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf, S.H., S.I.K., M.H., bersama jajaran terus ciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Perantau IKK Pulang Kampung Ibarat Sitawa Sidingin Bagi Masyarakat, Utamakan Anak Yatim

Payakumbuhpos.id |Payakumbuh--- Luar biasa, perantau Ikatan keluarga Koto Nan Godang (IKK) pulang kampung ibarat sitawa sidingin bagi masyarakat, utamakan anak...

Smart Induction Stove Solar Generator Energy Berbasis Internet Of Thing (IOT)

Payakumbuh–Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan kompetisi berbasis pemberdayaan masyarakat desa dengan mengusung 3 (tiga) kategori lomba antara lain inovasi Teknologi Tepat Guna, Inovasi Tepat Guna Unggulan dan Posyantek tingkat Provinsi yang dilaksanakan tahun 2023 dan diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.

Adapun dari hasil seleksi kompetisi tingkat provinsi tersebut dimana nominator pertama dari ketiga kategori dimaksud akan menjadi utusan membawa nama Provinsi Sumatera Barat untuk maju ke ajang Kompetisi Tingkat Nasional yang diadakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia melalui Badan Pengembangan dan Informasi Desa Daerah Tertinggal dan Transnigrasi dengan tajuk Gelar Inovasi Tepat Guna Nusantara (GTTNGN) XXIV Tahun 2023.

Dari ketiga kategori yang dikompetisikan tersebut, dalam hal ini Kota payakumbuh terpilih menjadi salah satu utusan Provinsi Sumatera Barat untuk kategori Inovasi Teknologi Tepat Guna Bersama-sama dengan nominator lainnya antara lain Kabupaten Tanah Datar untuk kategori Posyantek dan Kabupaten Pasaman untuk Kategori Teknologi Tepat Guna unggulan .

Semalam, tepatnya tanggal 23 Mei 2023 pukul 19.00 WIB, penilaian secara daring melalui zoom meeting untuk Kota Payakumbuh yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Walikota Payakumbuh, dengan mengusung inovasi Smart Induction Stove Solar Generator Energy Berbasis Internet Of Thing (Iot) dengan inovator Ronaldi Zamora, M.Si.

Kegiatan Penilaian untuk Kota Payakumbuh dipimpin langsung oleh Elzadaswarman selaku Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) bersama Ifon Satria Chan Selaku Asisten Asisten Administrasi Umum (Asisten III) serta dihadiri langsung dari tim Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa provinsi Sumatera Barat selaku pembina inovasi TTG, selanjutnya juga dihadiri oleh tim support yakni tim penilai TTG Kota Payakumbuh, Wakil Kepala sekolah SMA IBS Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh serta dibantu oleh Diskominfo Kota Payakumbuh.

Dalam sambutannya kepada tim penilai pusat, Asisten II yang kerap disapa Om Zet memyampaikan pesan dari Pj. Walikota Rida Ananda terhadap dukungan yang sangat besar dari Pemerintah Kota Payakumbuh terkait penyelenggaraan inovasi didaerah Kota Payakumbuh.

Melalui Asisten dalam hal ini Pj. Walikota menyampaikan rasa bangganya terhadap Ronaldi Zamora, M.Si selaku innovator Smart Induction Stove Solar Generator Energy Berbasis Internet Of Thing (Iot) yang peduli dan sensitive terhadap permasalahan-permasalahan yang terdapat di Kota Payakumbuh kususnya disektor Industri Kecil Menengah terkait energi alternatif pengganti GAS dan BBM yang dinilai cukup mahal dan langka. Dengan kompetisi ini diharapkan memunculkan innovator-innovator lainnya yang mampu membangun negerinya.

“Selamat berkompetisi innovator Kota Payakumbuh jadilah juara untuk Kotamu dengan inovasi tanpa batas,” ucapnya.

Dalam penilaian tersebut innvator yakni Ronaldi Zamora, M.Si diberi kesempatan untuk mempresentasikan serta memperagakan inovasinya dengan waktu selama 15 menit , dibantu tim pendamping dari Bappeda Kota Payakumbuh antara lain Nila Misna, S.Si, MP (Sekretaris Bappeda), Hafiza, S.Si, ME (Kabid. Litbang dan Robby Hafanos, S.IP,M.CIO (Fungsional Peneliti Ahli Muda) bersama -sama bertugas membantu memberikan masukan-masukan terhadap jawaban pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan tim penilai kepada innovator, sehingga dengan kerjasama yang baik sekuruh pihak terlibat dalam kegiatan dimaksud kegiatan penilaian dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Di sisi lain, Kepala Bappeda Kota Payakumbuh Yasrizal juga menyampaikan bahwasanya untuk menjaring innovator-inovator yang ada di Kota Payakumbuh sebelumnya Pemko telah melakukan seleksi dan penjaringan terhadap inovasi-inovasi yang akan berkompetisi ditingkat Provinsi dan Tingkat Nasional melalui lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Payakumbuh.

“Inovasi Smart Induction Stove Solar Generator Energy Berbasis Internet Of Thing (Iot) dengan inovator Ronaldi Zamora, M.Si merupakan juara 1 lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna kategori Umum pada Tahun 2022. Mudah mudahan kita bisa menjadi juara untuk Tahun ini dan membanggakan Sumatera Barat Gelar Inovasi Tepat Guna Nusantara (GTTNGN) XXIV Tahun 2023,” harapnya.(benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *