BERITA UTAMA

Elang Zanura Harumkan Nama SMPN 1 Kecamatan Situjuh Limo Nagari di Tingkat Nasional

Teks foto: Elang Zanura- Siswa kelas 9 SMPN 1 kecamatan Situjuh Limo Nagari.       Payakumbuhpos.id | Limapuluh Kota---Raih...
BERITA UTAMA

Wulan Denura Ajak Warga Payakumbuh Melihat Sejarah Nenek Moyang Kita, Dulu Seperti Apa?

Payakumbuhpos.id | Limapuluh Kota--- Pameran Festival Maek, kecamatan Bukik Barisan, kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat, dibuka langsung ketua DPRD Sumatera...
BERITA UTAMA

Bawaslu Kota Bukittinggi Melantik 129 Anggota PTPS Se-Kecamatan Guguk Panjang

Bukittinggi, Payakumbuhpos.id,-- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bukittinggi melaksanakan pelantikan dan pembekalan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kecamatan Guguak Panjang,...
BERITA UTAMA

Bantai Minang Sejagat 3-0, ISSB Payakumbuh Raih Juara I di Turnamen Pospa Cup II

Payakumbuhpos.id| Payakumbuh---Diawali dengan membantai Minang Sejagat 3-0, akhirnya ISSB Payakumbuh keluar sebagai juara I U-14 setelah mengalahkan Victory 4-3 dalam...
BERITA UTAMA

Wulan Denura : Anggota Paskibraka Pondasi dalam Mencapai Cita-cita Kedepan

Teks foto: Wakil ketua DPRD kota Payakumbuh, Wulan Denura, S.ST.     Payakumbuhpos.id|Payakumbuh--- Tiap tahun, tepatnya pada tanggal 17 Agustus,...

Pj. Walikota Turun Langsung Razia Hewan Liar dan Lanjut Sambangi Kediaman Elvano

Payakumbuh — Pasca kejadian kasus yang dialami oleh Elvano (3,5 tahun) saat sedang bermain dirumahnya Rabu, 26 April 2023 kemaren, Penjabat (Pj) Walikota Payakumbuh Rida Ananda sambangi kediaman dari Putri Maulina (orangtua Elvano) pada Minggu (30/4/2023) pagi.

Kedatangan orang nomor satu di lingkup pemerintah kota Payakumbuh tersebut turut didampingi oleh tim sapu bersih dari pemberantasan hewan liar di kota Payakumbuh.

Sebelum sambangi rumah Putri Maulina, Pj. Walikota bersama tim lakukan rapat terbatas serta dilanjutkan dengan turun lapangan untuk melakukan razia terhadap hewan liar yang ada di seputaran kelurahan Payobasung, kecamatan Payakumbuh Timur untuk dilakukan penangkapan dan dilanjutkan karantina.

Terlihat saat melaksanakan rapat, Pj. Walikota bersama tim saling bertukar informasi serta juga tim menyampaikan langkah dan cara dalam proses melaksanakan razia hewan liar nantinya.

“Tadi sempat dijelaskan oleh tim jika dalam penangkapan hewan liar ini dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Dimana nantinya hewan liar dibius terlebih dahulu menggunakan alat sumpit yang telah dirakit secara mandiri oleh tim dari Puskeswan Kota Payakumbuh lalu ditangkap dan dikurung ditempat yang telah disediakan untuk dilakukan karantina,” ungkap Rida Ananda disela kunjungan ke rumah Putri Maulina.

“Saya menghimbau kepada seluruh warga masyarakat kota Payakumbuh agar dapat mengurung hewannya, serta memberikan vaksin agar tidak ada lagi hewan liar yang dapat menyakiti serta membawa keburukan bagi lingkungan warga masyarakat,” ajak Rida.

Lebih lanjut, Pj. Walikota Payakumbuh sampaikan rasa prihatin kepada keluarga Putri Maulina. Dimana dalam kesempatan itu Rida Ananda langsung meminta data (kependudukan) untuk dimasukkan dalam penerima bantuan RTLH yang dilaksanakan oleh dinas Perumahan dan Permukiman, kondisi (rumah) nya tidak layak lagi, harus segera bisa diberikan bantuan untuk perbaikan rumah (Putri Maulina) ini,” ujar Rida.

Disela percakapan santai itu, Rida Ananda sempat mendoakan Elvano kelak dapat bisa juga menjabat sebagai Walikota, karna Rida ungkapkan jika ia dahulu ketika masih kecil malah sudah 2 kali digigit hewan liar, Alhamdulilah dengan tindakan dan penanganan uang cepat dan tepat saya bisa sehat kembali, dan jadilah seperti sekarang saya sampai di titik saat ini, dan sayapun mendoakan Elvano kelak bisa juga berada di posisi saya ini atas pengalaman yang sama waktu semasa kecil,” kata Rida sambil diiringi ucapan amin oleh orang yang hadir.

Setelah berkunjung kerumah Putri Maulina, Rida Ananda bersama tim sapu bersih singgah untuk sarapan di sebuah kedai (warung) serta Pj. Walikota juga ingin langsung mendengarkan keluhan dan masukan dari warga masyarakat sekitar.

“Alhamdulilah, saya tidak sendiri, disini juga ada salah seorang wakil rakyat kita (Opetnawati) untuk dapat langsung menyerap aspirasi masyarakat pada kesempatan ini,” tukas Rida semangat.

Sementara itu, kepala UPTD Puskeswan Kota Payakumbuh drh. Rice Hani ungkapkan prosedur dalam penangkapan hewan liar tersebut.

“kita telah menyediakan sebanyak 6 buah kerangkeng untuk pengurungan hewan liar yang ditangkap. Dan satu kerangkeng itu dapat memuat 4 ekor hewan liar,” ungkap Rice.

Turut dibeberkan Rice jika dalam penangkapan hewan liar ini, tim eksekutor di lapangan menargetkan pembiusan pada bagian otot dan spinalis (keseimbangan) hewan tersebut. (Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *