BERITA UTAMA

Tokoh Masyarakat Minta Polisi Usut Tuntas Kasus Saling Lapor Walinagari Limbanang dan Staf

Limapuluh Kota - Kasus saling lapor Walinagari Limbanang, Yori Noviola (45) dan staf perempuan berinisial PI (26) terkait pencemaran nama...
BERITA UTAMA PAYAKUMBUH

Terus Kendalikan Inflasi, Wako Rida Ananda Serahkan Bantuan Benih, Pupuk, Dan Polibag Buat Masyarakat

Payakumbuh --- Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda menyerahkan bantuan pupuk kandang, benih cabe, dan polibag ke OPD, kelurahan se...
BERITA UTAMA

Kompak dan Hangat, Pertemuan yang Tidak Terduga antara Rezka Oktoberia dengan Ketua LKAAM Kota Payakumbuh

PAYAKUMBUH - Anggota DPR-RI Rezka Oktoberia yang juga merupakan putri Kelahiran Kota Payakumbuh, secara tidak sengaja berjumpa dengan Ketua LKAAM...
BERITA UTAMA

YB Dt. Parmato Alam Tutup Open Turnamen Bulutangkis Divisi 3 PB Calabu

PAYAKUMBUH - Ketua PBSI Kota Payakumbuh YB. Dt Parmato Alam tutup Open Tournament Bulutangkis Divisi 3 Calabu Cup yang diadakan...
BERITA UTAMA

Anggap Sekolahnya Jadi Sasaran ATM dan Bullying, Pengurus ICBS Lecehkan Profesi Wartawan tanpa Alamat

PAYAKUMBUH - Tiada angin tiada hujan, salah seorang pengurus pesantren Insan Cendekia Boarding School (ICBS) di salah satu group WhatsApp...

Pj Wako Rida Ananda Buka MTQ ke-40 Tingkat Kota Payakumbuh

  • Bagikan

Payakumbuh— Pj Wako Payakumbuh Rida Ananda hadiri dan membuka secara resmi pembukaan acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-40 tingkat Kota Payakumbuh di Masjid Jihad Lampasi Tigo Nagari, Jumat (18/11/2022).

Turut hadir Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, Forkopimda Kota Payakumbuh, Kakan Kemenag Kota Payakumbuh, Kepala OPD Kota Payakumbuh, Ketua LPTQ Kota Payakumbuh, Camat se-Kota Payakumbuh, dan Kepala KUA se-Kota Payakumbuh.

Bertemakan “Dengan MTQ Kita Tingkatkan Kualitas SDM yang Unggul dan Qur’ani Mewujudkan Masyarakat yang Cerdas dan Religius”, acara ini akan dihelat 3 hari, yakni 18 hingga 20 November 2022.

Pj Wali Kota Payakumbuh Drs. Rida Ananda, M. Si, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi menyukseskan acara MTQ Nasional Tingkat Kota Payakumbuh yang ke 40 ini.

“Pelaksanaan MTQ ini merupakan komitmen pemerintah Kota Payakumbuh untuk menanamkan cinta Al-Qur’an kepada generasi muda. Sehingga Al-Qur’an yang merupakan mukjizat terbesar yang diberikan Allah kepada Nabi Muhammad, bisa menjadi pedoman hidup bagi orang beriman,” ucap Rida.

Kemudian, Rida turut menyampaikan besarnya komitmen Pemerintah Kota Payakumbuh dalam hal penanaman nilai-nilai keagamaan dan religiustas masyarakat kota Payakumbuh.

“Komitmen ini kami buktikan dengan banyaknya program keagamaan yang diadakan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh. Seperti pembinaan lembaga didikan subuh, lembaga keagamaan, TPQ dan MDTA, Tahsin Qur’an, pelaksanaan pelatihan imam dan khatib, pelatihan shalat jenazah, tim ramadhan, dan termasuk MTQ yang kita adakan saat ini,” ungkap Rida.

Lebih lanjut, Rida menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat berjalan berkesinambungan dalam rangka mempersiapkan kafilah MTQ tingkat Kota Payakumbuh untuk MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Solok Selatan tahun 2023.

“Selamat bermusabaqah, berikan yang terbaik, tanamkan sportifitas dan keikhlasan, sehingga apa yang kita berikan menjadi nilai ibadah di sisi Allah SWT,” tutup Rida.

Disamping itu, Kakan Kemenag Provinsi Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag Provinsi Sumatera Barat, H. Yufrizal, S. Ag, M.HI menyampaikan bahwa MTQ ini tidak hanya lomba baca tulis Al-Qur’an, tapi juga mengedukasi umat untuk mencintai dan membumikan Al-Qur’an.

“Dengan adanya perhelatan MTQ ini, kita harap ada multiplayer effect terhadap masyarakat munculnya gerakan cinta Al-Qur’an, maghrib mengaji, menghafal Al-Qur’an, dan kembali ke surau. Semoga nilai-nilai Al-Qur’an dapat mewarnai setiap gerak kita baik di keluarga, masyarakat, dan birokrasi,” tukuk Yufrizal.

Dalam kesempatan yang sama, turut dilakukan pembacaan SK Wali kota Payakumbuh tentang penetapan Dewan Hakim dan Panitera MTQ ke-40 tingkat Kota Payakumbuh, pelantikan dan pengambilan sumpah Dewan Hakim dan Panitera MTQ ke-40, serta pemukulan beduk sebagai tanda dibukanya MTQ ke-40 Tingkat Kota Payakumbuh oleh Pj Wali Kota Payakumbuh, Kanwil Kemenag Pemprov Sumbar, serta Ketua DPRD Kota Payakumbuh. (Benpi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.