BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Perantau IKK Pulang Kampung Ibarat Sitawa Sidingin Bagi Masyarakat, Utamakan Anak Yatim

Payakumbuhpos.id |Payakumbuh--- Luar biasa, perantau Ikatan keluarga Koto Nan Godang (IKK) pulang kampung ibarat sitawa sidingin bagi masyarakat, utamakan anak...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Ketua IKK Joni Hendri Lepas Perantau Pulang Basamo

Payakumbuhpos.id|Jakarta - Salah satu sunnah dalam safar yang dianjurkan oleh syariat dan bisa meringankan kesusahan safar adalah melakukan safar di...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR Nasional

Berkat Kepedulian Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto, Perantau Suayan Tiba Dikampung Halaman

Payakumbuhpos.id|Limapuluh Kota--- Perantau Suayan Jakarta sampai dikampung halaman (nagari Suayan), kecamatan Akabiluru, kabupaten Limapuluh Kota, disambut langsung Walinagari Suayan, Irwanul...
BERITA UTAMA

Safari Berbagai Daerah di Riau, Marta Uli Emmelia: UMKM Prioritas Utama Serikat Pekerja Kerah Biru

Jakarta - Ketua Bidang Ekonomi dan Bisnis Federasi Serikat Pekerja Kerah Biru (FSP Kerah Biru), Marta Uli Emmelia mengajak pekerja...
BERITA UTAMA

PAC Pasar Minggu Bersama BP2MI Sosialisasikan Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Teks foto; Ketua PAC Pasar Minggu, Musta'in (ist) JAKARTA - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Kecamatan Pasar Minggu yang...

Lagi! Bersama HBT, Pj. Walikota Rida Ananda Serahkan Bantuan Stunting di Payobasung

Payakumbuh — Mengawali pagi pada Rabu 8 Februari 2023, Penjabat (Pj) Walikota Payakumbuh Rida Ananda sarapan di kelurahan Payobasung, kecamatan Payakumbuh Timur. Dalam kesempatan tersebut, Pj. Walikota tidak sendiri, orang nomor satu di lingkup pemerintah kota Payakumbuh itu turut didampingi Kepala Dinas P3AP2KB Agustion, Camat Payakumbuh Timur Hepi, Lurah Payobasung Suci Ariny Haqi dan Ketua HBT (Himpunan Bersatu Teguh) kota Payakumbuh Thomas Arya atau akrab disapa Tua ko.

Lokasi sarapan yang dipilih Rida Ananda di kelurahan Payobasung bukan tanpa sebab, bersama ketua HBT Thomas Arya, Pj. Walikota Payakumbuh dan jajaran setelah selesai sarapan akan menyerahkan bantuan sembako berupa telur, susu dan beras, kepada warga miskin di Kelurahan Payobasung dan kelurahan Padang Tangah Payobadar, kecamatan Payakumbuh Timur.

Bantuan yang bersumber dari organisasi HBT itu, akan diterima oleh Putri Siti Zanira (Hanna Rais Shatari) dari kelurahan Payobasung dan putra Thiara Oktavia Ranata (Elzio Zhian Kavaya) dari kelurahan Padang Tangah Payobadar yang perlu diperhatikan khusus. Dan kedua anak penerima bantuan ini merupakan anak di bawah pengawasan 2 (dua) Puskemas, yakni Puskesmas Air Tabit dan Puskesmas Tiakar.

Setelah menyerahkan bantuan, Pj. Walikota Payakumbuh ungkapkan puji syukur dan apresiasi terhadap organisasi HBT. Ia katakan jika bantuan sembako dari HBT tidak yang pertama kali, karna sebelumnya pada akhir Tuhan 2022 kemaren HBT juga telah memberikan bantuan Stunting bagi warga di kelurahan NDB,” ungkap Rida kepada media.

Terkait bantuan yang diterima warga tersebut, Rida katakan bahwa bantuan ini hanyalah bersifat stimulus.

“Dengan selalu menjaga pola makan sehat dan bergizi serta rutin memeriksakan kesehatan pada proses kehamilan merupakan hal yang utama untuk bisa terhindar dari gejala Stunting,” katanya.

Dikatakannya juga, dengan saling bersinergi bersama dari berbagai unsur dan elemen, pemerintah kota Payakumbuh akan terus berupaya membantu guna memenuhi kebutuhan masyarakat semaksimal mungkin, khususnya dalam pencegahan, penanganan dan penurunan stunting.

Sekaligus berharap Program Bapak Asuh mendapat dukungan dan mendorong partisipasi masyarakat wiraswasta, pengusaha maupun stakeholder lainnya demi mencegah dan mengurangi permasalahan stunting.

“Tentunya semoga bantuan ini dapat dirasakan manfaatnya bagi keluarga terdampak. Selanjutnya kegiatan serupa bakal kita laksanakan dibeberapa tempat setelah pihak Badan Kependudukan dan Keluarga Bencana menentukan titik lokus stunting,” pungkasnya.

Dalam penyelenggaraan percepatan penurunan stunting, Pemko Payakumbuh telah membentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dan tim audit kasus stunting yang bertugas untuk mengkoordinasikan, mensinergikan dan mengevaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting secara efektif, konvergen dan terintegrasi.

Lebih lanjut, Rida menyinggung terkait problem inflasi yang harus terus dikendalikan, tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Ini menjadi problem bagi perekonomian masyarakat, meski laju pertumbuhan ekonomi Kota Payakumbuh cukup tinggi dibandingkan daerah lain, karena banyaknya UMKM tumbuh.

“Dalam hal ini, tentu kami akan terus mengajak mereka yang dari berbagai unsur dan elemen masyarakat yang terutama disini organisasi HBT untuk terus jalin sinergitas untuk mewujudkan kesejahteraan di tengah masyarakat. Sekiranya ada kegiatan sosial, mari kita memerangi stunting dan kemiskinan ekstrem. Angkat anak asuh yang bisa dibantu dengan bantuan stimulan seperti beras, telur, susu, biskuit. Sedikit banyaknya itu sangat membantu kami, karena anggaran di Pemda jumlahnya sangat terbatas,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua HBT Thomas menyebut, HBT akan selalu siap bersinergi bersama Pemko Payakumbuh untuk bekerja sama dalam berbagai hal. Termasuk dalam kegiatan sosial organisasi mereka.

“Yang jelas, sebagai fungsi organisasi, kami selalu melaksanakan kegiatan sosial sebagai langkah untuk meringankan beban saudara lainnya. Gayuang Wako basambuik, kami HBT menyatakan siap mendukung program pengentasan stunting dan ekonomi ekstrem yang disampaikan oleh pak Walikota Rida Ananda,” ucapnya. (Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *