BERITA UTAMA

Bintang Utama Bantai KBS di LJP

Teks foto: SSB KBS dibantai SSB Bintang Utama dengan skor 0-6, di lapangan kelurahan Koto Baru, kecamatan Payakumbuh Timur, Jumat...
BERITA UTAMA

Bukti Rasa Syukur, Masyarakat Sijunjung Gelar Tradisi Bakaua Adat di Los Tobek

Sijunjung,Payakumbuhpos - Bakaua Adat adalah sebentuk tradisi yang ada dimasyarakat Minang Kabau, khususnya Kabupaten Sijunjung sebagai bentuk rasa syukur kepada...
BERITA UTAMA

DPD Pappri Sumbar Himpun Dana Bencana Alam Sumatera Barat

Teks foto: Kru Pappri Sumbar ikut sakaki menghimpun pencarian dana bencana alam Sumatera Barat.       Payakumbuhpos.id | Payakumbuh-- Pasca...
BERITA UTAMA

Disorot Fraksi Golkar, Habiskan APBD Rp1,5 M, Kini Incinerator Sudah Menjadi Besi Tua

Teks foto: Wirman Putra-Juru Bicara Fraksi Golkar DPRD kota Payakumbuh.       Payakumbuhpos.id | Payakumbuh--- Gaung kasus incinerator di RSUD...
BERITA UTAMA

Lulus di ITB Lewat Jalur Undangan, YB. Dt. Parmato Alam Salurkan Bea Siswa

Teks foto: Yendri Bondra Dt. Parmato Alam salurkan bantuan bea siswa kepada Ranji Andiko yang lulus di ITB Bandung lewat...

Kolaborasi Bersama BAZNAS, Rida Ananda : Semoga 2024 Kota Payakumbuh Terbebas Dari Miskin Ekstrim

Payakumbuh — Uang yang terkumpul dari zakat para ASN dan para pengusaha yang ada di kota Payakumbuh benar-benar dikelola dengan baik untuk kepentingan umat oleh BAZNAS kota Payakumbuh. Hal ini terlihat saat dinas sosial kota Payakumbuh bekerjasama dengan BAZNAS untuk serahkan bantuan bagi warga yang tergolong miskin ekstrim di kota Payakumbuh.

Berlangsung di aula kantor bersama di kawasan Padang Kaduduak, kecamatan Payakumbuh Utara, Minggu (2/4/2023), bantuan diserahkan langsung oleh Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda yng turut didampingi kepala dinas sosial Irwan Suwandi kepada 41 KK yang tergolong miskin ekstrim.

“Alhamdulilah, Bulan Ramadhan ini merupkan bulan yang sangat baik untuk bersedekah, dan hal ini dapat kita laksanakan di minggu kedua Ramadhan pada 1444 Hijriah ini,” ucap ketua BAZNAS kota Payakumbuh, ustad Hamdi, Lc dalam membuka acara penyerahan bantuan tersebut.

Hamdi turut ungkapkan jika dalam waktu kurun 3 bulan belakang, setiap masing-masing kecamatan di kota Payakumbuh telah menjalin kerjasama dengan salah satu pengusaha di kota Payakumbuh berupa membagikan bantuan sembako kepada warga yang membutuhkan.

Hampir setiap hari BAZNAS Kota Payakumbuh menyalurkan bantuan kepada warga yang membutuhkan, baik berupa sembako, bantuan modal usaha dan lainnya. Bahkan, BAZNAS Kota Payakumbuh juga ikut andil dalam meyalurkan bantuan untuk warga luar daerah, luar provinsi bahkan luar negeri yang tertimpa musibah atau bencana.

“Dengan semakin banyak dan seringnya kita membagikan zakat untuk warga yang membutuhkan, inshaaAlloh warga yang tergolong dalam miskin ekstrim dapat kita entaskan dengan bersinergi bersama,” ungkapnya semangat.

Sementara itu, saat menyampaikan sambutan, Pj. Walikota Payakumbuh berharap kepada warga yang menerima bantuan ini dapat benar-benar menggunakan bantuan yang diterima dengan semestinya, sesuai dengan data yang telah di-assesment bersama dinas sosial sebelumnya, bantuan ini jangan sampai melenceng digunakan untuk kebutuhan pribadi.

“Gunakanlah bantun ini memang untuk kebutuhan modal awal usaha kita. Sehingga bantuan yang diterima ini dapat menjadi langkah awal bagi kita untuk keluar dari status keluarga miskin ekstrim nantinya,” himbau Rida.

Pj. Walikota payakumbuh berharap di tahun 2024 kota Payakumbuh sudah dapat terbebas dari data warga yang terdampak miskin ekstrim.

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah kota Payakumbuh itu mengatakan jika Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh tidak akan melepas begitu saja warga yang telah menerima bantuan ini, kami (Pemko Payakumbuh) akan terus melakukan semaksimal mungkin dalam terus membantu secara penuh, serta bantuan ini juga akan kami berikan dengan turut untuk mencarikan tempat lokasi usaha bagi warga yang menerima bantuan ini nantinya yang ingin berdagang dengan dibantu oleh dinas terkait,” ungkap Rida.

Tidak hanya untuk bantuan usaha saja, Rida juga menyampaikan jika Pemko Payakumbuh juga akan turut mencarikan jalan bagi warga yang juga butuh bantuan pendidikan dalam menyekolahkan anak.

“jika butuh bantun dalam menyekolahkan anaknya, maka dapat nanti menyampaikan laporan kepada dinas terkait untuk kita turut berikan bantuan. Karna, tetap yang utama dibalik dari awal miskin ekstrim ini, kami ingin dalam bidang pendidikan bagi anak-anak kita agar tidak ada yang tidak menyelesaikan pendidikan minimal hingga jenjang sekolah menengah atas, sehingga mereka (anak) ini yan akan membawa keluarga nantinya keluar dari miskin ekstrim ini,” ajak Rida.

Rida kembali mengajak kepada seluruh warga kota payakumbuh untuk dapat saling besinergi bersama, agar niat yang telah kita rencanakan sebelumnya untuk membawa kesejahteraan bagi warga kota payakumbuh dapat berjalan dengan lancar sehingga warga kota Payakumbuh dapat terbebas dari kemiskinan ekstrim,” ujarnya.

Dan untuk warga kota payakumbuh yang ingin dan membutuhkan bantun modal usaha tambahan, Rida katakan dapat untuk segera sampaikan kepada pihak dinas terkait untuk ditindaklanjuti dalam menerima bantuan modal usaha pinjaman tanpa bunga dari pihak BAZNAS kota payakumbuh.

Tidak lupa, Rida kembali mengingatkan kepada seluruh warga agar dapat menguatkan tekad dan niat untuk saling berusaha dan bersinergi bersama dalam saling bahu-membahu untuk mendapatkan kehidupan yang layak bagi seluruh warga kota payakumbuh.

Sebelum acara berakhir, Pj. Walikota serahkan bantuan secara simbolis kepada dua orang perwakilan warga yang menerima bantuan tersebut. Dan terlihat juga menjelang meninggalkan aula tersebut, Rida Ananda turut memberikan bantuan secara pribadi kepada 7 orang warga berupa ongkos bagi mereka yang tadi datang kelokasi acara dengan menggunakan ojek. (Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *