BERITA UTAMA

Ini Gugatan GPMania2024 ke PTUN Jakarta, Batalkan Pencapresan Prabowo-Gibran

Sunggul Hamonangan Sirait, SH, MH Payakumbuhpos.id -- Relawan Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD, GP Mania 2024 Reborn meminta...
BERITA UTAMA

Bakor Paliko Pulang Kampuang, Gelar Sunatan Massal dan Bakti Sosial

PAYAKUMBUH - Perantau Minangkabau yang tergabung dalam Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Payakumbuh-Limapuluh Kota (Bakor Paliko) Indonesia, Malaysia, dan Australia pulang...
BERITA UTAMA

Perjalanan Study Komparatif Wartawan Luak 50 Ke Kota Bertuah

Pekan Baru-- Keberangkatan rombongan wartawan Luak 50 Ke Kota Pekan Baru (Riau) merupakan agenda Study Komparatif yang dilaksanakan oleh Dinas...
BERITA UTAMA

Selain Tokoh Nasional HDI Sangat Peduli Terhadap Mahasiswa Luak Limopuluah Yang Berada di Pulau Jawa

Bogor--- Herman Darnel Ibrahim (HDI) selain tokoh nasional juga memiliki sebuah kepedulian terhadap para mahasiswa yang berasal.darii lLuak 50 yang...
BERITA UTAMA

Projo Ganjar Laporkan Budi Arie Setiadi ke Ketua Ombudsman Republik Indonesia

JAKARTA - Projo Ganjar yang diketuai oleh Nora Haposan Situmorang S.H.,Melaporkan Budi Arie Setiadi yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika...

Kemenag Kota Bukittinggi Siap Berangkatkan 279 Calon Jemaah Haji dari Kota Bukittinggi

Bukittinggi, Payakumbuhpos.id, – Kota Bukittinggi memberangkatkan 279 Calon Jemaah Haji ( CJH) pada tahun 2023 atau 1444 H dan dihadiri oleh anggota DPR RI komisi 8 John Kennedy Azis, dalam memberikan ilmu dan pembekalan, dilaksanakan bimbingan manasik haji tingkat kota yang langsung dibuka Kanwil Kemenag Sumbar, dibalirung rumah dinas wako, Jum’at,(12/5).

Kepala Kantor Kemenag Bukittinggi,Eri Iswandi menjelaskan, untuk tahun 2023 ini terdapat 279 CJH yang telah melunasi ONH dan siap diberangkatkan pada 19Juni 2023 mendatang. Bukittinggi masuk kloter 15 Padang gelombang ke 2 berangkat dari BIM langsung ke Jeddah Arab Saudi.

Untuk pembekalan CJH Kota Bukittinggi mulai manasik haji dari tingkat kecamatan yang telah dilaksanakan dari 9 hingga 17 Mei 2023 mendatang sedangkan untuk tingkat kota dilaksankan pada hari ini.

Dari 279 CJH Kota Bukittinggi terdiri dari 119 jemaah laki -laki dan 160 jemaah perempuan dan data yang terhimpun 109 dari kecamatan MKS, 87 dari kecamatan ABTB, 83 kecamatan Guguk Pajang dan jemaah tertua berusia 85 tahun serta termuda 20 tahun.

Kepala Kanwil Kemenag Bukittinggi Helmi menyampaikan, bimbingan manasik haji ini dilakukan sebanyak 2 kali untuk tingkat kota dan 8 kali untuk tingkat kecamatan.

“Materi bimbingan manasik haji mengarah pada fiqih haji, kebijakan pemerintah tentang haji, layananan kesehatan haji bagi CJH lansia, hikma haji, hingga hak dan kewajiban jema’ah haji reguler,”tambahnya.

Manasik haji ini bertujuan untuk mewujudkan kemandirian jemaah haji dalam beribadah dan ramah lansia menuju haji mabrur,” katanya.

Wali Kota Bukittinggi melalui Kabag Kesra Setdako, Hamezi, menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pembinaan pelayanan dan perlindungan bagi CJH serta memberikan wawasan dan ilmu tetang tata cara pelaksanaan jemaah haji menurut syariat Islam sehingga CJH bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar sehingga memperoleh haji yang mabrur.

“Kami menghimbau kepada para CJH Kota Bukittinggi untuk selalu menjaga kesehatan menjelang keberangkatan ketanah suci agar CJH khusyuk dalam menjalankan ibadah haji dan kami doakan selalu dalam keadaan kesehatan dan selamat hingga Kembali ke kota Bukittinggi dan mendapatkan balasan Hajjah dan haji yang mabrur,” pesannya.
#(mel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *