BERITA UTAMA

Bintang Utama Bantai KBS di LJP

Teks foto: SSB KBS dibantai SSB Bintang Utama dengan skor 0-6, di lapangan kelurahan Koto Baru, kecamatan Payakumbuh Timur, Jumat...
BERITA UTAMA

Bukti Rasa Syukur, Masyarakat Sijunjung Gelar Tradisi Bakaua Adat di Los Tobek

Sijunjung,Payakumbuhpos - Bakaua Adat adalah sebentuk tradisi yang ada dimasyarakat Minang Kabau, khususnya Kabupaten Sijunjung sebagai bentuk rasa syukur kepada...
BERITA UTAMA

DPD Pappri Sumbar Himpun Dana Bencana Alam Sumatera Barat

Teks foto: Kru Pappri Sumbar ikut sakaki menghimpun pencarian dana bencana alam Sumatera Barat.       Payakumbuhpos.id | Payakumbuh-- Pasca...
BERITA UTAMA

Disorot Fraksi Golkar, Habiskan APBD Rp1,5 M, Kini Incinerator Sudah Menjadi Besi Tua

Teks foto: Wirman Putra-Juru Bicara Fraksi Golkar DPRD kota Payakumbuh.       Payakumbuhpos.id | Payakumbuh--- Gaung kasus incinerator di RSUD...
BERITA UTAMA

Lulus di ITB Lewat Jalur Undangan, YB. Dt. Parmato Alam Salurkan Bea Siswa

Teks foto: Yendri Bondra Dt. Parmato Alam salurkan bantuan bea siswa kepada Ranji Andiko yang lulus di ITB Bandung lewat...

Bupati Safaruddin: Rehab GOR Singa Harau Didukung Menpora

Lima Puluh Kota –Seperti tak kenal lelah memperjuangkan Kabupaten Lima Puluh Kota, Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo terus menjalin komunikasi pembangunan dengan sejumlah kementerian di Jakarta. Setelah kemarin menyambangi Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi, hari ini Jumat (1/07/22) Bupati Safaruddin berdiskusi tentang perkembangan olah raga dan kepemudaan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali.

Di pertemuan itu, Menpora Amali mengungkapkan kekagumannya atas potensi atlit Kabupaten Lima Puluh Kota. Bahkan, dia menilai sudah selayaknya Lima Puluh Kota direkomendasikan agar memiliki gelanggang olah raga (GOR) yang representatif untuk pemusatan latihan dan kompetisi. Karena faktanya, Lima Puluh Kota adalah gudang atlit di Sumatera Barat, dengan prestasi tak saja di level nasional tapi juga berlaga di manca negara. Pernyataan Menpora Amali itu diungkapkan oleh Bupati Safaruddin kepada media, seusai pertemuannya dengan Menpora Amali di Gedung Kemenpora, di Jakarta.

Pada diskusi di ruang kerja Menpora yang berjalan dalam suasana akrab itu, Bupati Safaruddin didampingi oleh tokoh Lima Puluh Kota Mayjen (Purn.) Djasri Marin, Anggota DPRD Putra Satria Veri, dan Kabid Sarana Disparpora Arisman. Lebih lanjut, kepada Menpora Amali dilaporkan prestasi teranyar Kabupaten Lima Puluh Kota menggondol Juara Umum Kejuaraan Atletik Tingkat Daerah (Kejurda) Sumatera Barat tanggal 26-29 Juni 2022 di Pasaman Kontingen Lima Puluh Kota berjaya di puncak klasemen dengan mendulang 18 emas, 8 perak dan 2 perunggu, jauh meninggalkan perolehan medali 18 kabupaten/ kota lainnya di Sumbar.

Namun di sisi lain, prestasi yang ditorehkan Lima Puluh Kota di sejumlah iven belum didukung oleh fasilitas olah raga yang memadai. Bupati Safaruddin menjelaskan kondisi sejumlah GOR yang memprihatinkan serta minimnya peralatan sarana pendukung latihan atlit.

“Meski fasilitas kita minim, Lima Puluh Kota memiliki atlit yang punya daya juang dan pantang menyerah, sehingga mampu menunjukkan prestasi terbaik, ke depan untuk tetap berada pada jalur kompetitif, Pak Menteri kami perlu dukungan prasarana dan sarana olah raga,” ujar Bupati Safaruddin.

Menyadari Lima Puluh Kota tak mungkin sendiri untuk meningkatkan fasilitas olah raga, Bupati Safaruddin menyerahkan kepada Menpora Amali proposal peningkatan prasarana dan sarana olah raga di Kabupaten Lima Puluh Kota. Lebih rinci Bupati Safaruddin mengatakan, di proposal disampaikan kebutuhan rehabilitasi GOR Singo Harau yang kondisinya tak lagi representatif. Termasuk pembangunan GOR Indoor serta stadion setingkat desa/nagari di Nagari Koto Lamo, Kecamatan Kapur IX.

“Selain untuk kepentingan pemusatan latihan dan kompetisi, GOR nantinya juga bisa dipakai untuk kegiatan kemasyarakatan lainnya di daerah,” beber Bupati Safaruddin.

Disampaikan juga bahwa Lima Puluh Kota telah menyediakan lahan bersertifikasi seluas 6.655 M2 untuk pembangunan GOR Indoor serta fasilitas penunjangnya berlokasi di kawasan GOR Singo Harau.

Selama penyampaian laporan dan penjelasan Bupati Safaruddin tentang perkembangan dunia olah raga Lima Puluh Kota terlihat Menpora Amali memperhatikan dengan seksama. Menanggapi permintaan Bupati Safaruddin, Menpora Amali mengatakan,”Prinsipnya Kemenpora mendukung permintaan Lima Puluh Kota untuk rehab GOR dan fasilitas lainnya, kita bahas lebih mendalam proposal ini, untuk kita terbitkan rekomendasi peningkatan prasarana dan sarana olah raga di Lima Puluh Kota,” ucap Menpora Amali.

Dia juga menjelaskan bahwa pembangunan prasarana olah raga seperti GOR kewenangannya berada pada Kementerian PUPR, namun rekomendasi dari Kemepora merupakan salah satu syarat penting bagi peningkatan prasarana, sarana dan fasilitas olah raga di daerah. Berkenaan dengan kesediaan Menpora Amali men-support permintaan Lima Puluh Kota, Bupati Safaruddin mengapresiasinya.

“Alhamdullilah, Pak Menpora meresponnya dengan baik, pesan-pesan beliau akan kita tindaklanjuti di daerah,” tutur Bupati Safaruddin.

Di kesempatan itu, Bupati Safaruddin mengundang Menpora Amali untuk berkunjung ke Lima Puluh Kota selain untuk melihat lebih dekat kondisi fasilitas olah raga juga untuk meningkatkan semangat para atlit untuk meraih prestasi tertinggi. (sumber Basangek.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *