BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

YB Dt. Parmato Alam, Jambangi Bara Cafe Bandarawang

Payakumbuhpos.id | Payakumbuh---Ketua DPRD kota Payakumbuh periode 2014-2019 Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, jambangi Bara Cafe Bandarawang milik Fajri di kelurahan...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Warga Koto nan Gadang Payakumbuh Utara Berhalal Bihalal Bersama Perantau

Payakumbuhpos.id|Payakumbuh--- Halal bihalal biasanya diselenggarakan di rumah atau tempat yang besar, dengan tujuan untuk saling bersilaturahmi khususnya pada saat usai...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR WISATA

Polres dan Disparpora Limapuluh Kota Bangun Hospitality Kepariwisataan

Payakumbuhpos.id|Limapuluh Kota---Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf, S.H., S.I.K., M.H., bersama jajaran terus ciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Perantau IKK Pulang Kampung Ibarat Sitawa Sidingin Bagi Masyarakat, Utamakan Anak Yatim

Payakumbuhpos.id |Payakumbuh--- Luar biasa, perantau Ikatan keluarga Koto Nan Godang (IKK) pulang kampung ibarat sitawa sidingin bagi masyarakat, utamakan anak...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Ketua IKK Joni Hendri Lepas Perantau Pulang Basamo

Payakumbuhpos.id|Jakarta - Salah satu sunnah dalam safar yang dianjurkan oleh syariat dan bisa meringankan kesusahan safar adalah melakukan safar di...

Asman Toga Menuju Penilaian Nasional

Payakumbuh – Menjelang pelaksanaan lomba tingkat nasional, Asman Toga (Asuhan Mandiri Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga) Aloevera mematangkan persiapan dan mendapatkan pembinaan di Asman Toga Padang Tinggi Piliang, Selasa (04/03/2023).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Dafrul Pasi, ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny. Chece Rida Ananda, Dinas Kesehatan Prov. Sumbar, TP-PKK Prov. Sumbar, OPD Terkait, Camat Payakumbuh Barat, Lurah dan LPM Padang Tinggi Piliang.

Kegiatan tersebut diikuti oleh pengurus dan anggota Asman Toga Padang Tinggi Piliang, kader PKK dan kader kesehatan.

Asman Toga dan Akupresur merupakan upaya kesehatan tradisional yang dapat dilakukan sendiri oleh keluarga/masyarakat dalam mengatasi gangguan kesehatan ringan yang ada dalam keluarga.

Sehingga dengan Tanaman Obat Keluarga diharapkan masyarakat dapat mewujudkan keluarga sehat secara mandiri.

Sekda Kota Payakumbuh Dafrul Pasi mengharapkan masing-masing OPD bisa berkolaborasi untuk mendukung kelancaran penilaian Asman Toga tingkat Nasional yang diwakili oleh Kota Payakumbuh ini.

“Harapan kita dengan waktu yang masih tersisa ini, bisa kita persiapkan dengan sebaik mungkin. Dan untuk pertemuan mendatang kita akan langsung melaksanakan aksi, bagaimana membenahi ini semua. Semoga dengan sinergi kita bersama bisa memperoleh hasil terbaik,” kata Sekda Dafrul Pasi.

“Dengan semangat kita bersama bisa mewujudkan hasil yang maksimal pula. Mudah-mudahan ini langkan awal kita untuk mencapai yang kita cita-citakan menjadi Asman Toga terbaik nasional,” tukuknya.

Dari sisi Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny. Chece Rida Ananda mengharapkan pembinaan secara menyeluruh dari provinsi serta OPD terkait.

“Kami mohon bimbingan, serta inovasi apa yang harus kita siapkan, serta dampak ekonomi apa yang bisa dirasakan oleh masyarakat dari Asman Toga ini,” ucapnya.

Sementara itu dari Perwakilan PKK Prov. Sumbar Pokja IV Khalida, memberi apresiasi tinggi atas prestasinya sebagai Asman Toga terbaik satu di tinggkat provinsi dan mewakili ke tingkat nasional.

“Untuk menghadapi lomba nanti ada indikator yang harus dilakukan. Masih banyak waktu dan peluang kita untuk memperbaikinya. Dengan ketekunan dan usaha kita insyaallah akan menjdi terbaik nasional,” ucapnya.

“Nanti kita akan berikan pendampingan untuk menunjang kemampuan kader agar kemampuannya merata menjelang penilaian bulan Juni mendatang,” tambahnya.

Dikesempatan itu juga, Ketua LPM Padang Tinggi Piliang Dalsisup mengatakan para kader butuh monivasi untuk menghadapi penilaian nasional, dan mengharapkan pembinaan supaya menjadi yang terbaik nasional dan mengharumkan nama Sumbar khususnya Kota Payakumbuh.

“Mulai dari hari ini kita akan maksimalkan semua potensi dari asman toga aloevera ini,” ujarnya.

Senada dengan itu, Ketua Asman Toga Aloevera Rahmanida juga mengharapkan penambahan pemahaman terkait akupresur, sehingga bisa dipersiapkan dengan maksimal.

Dia juga mengakui, dari penampilan kemaren dinilai belum maksimal. Karena minimnya pengalaman dan pengetahuan, makanya diharapkan kepada OPD terkait bisa memberi pemahaman lebih jelang penilaian tingkat nasional.

“Kita mengharapkan pembinaan intensif dari Dikes Prov. Sumbar, supaya bisa dipersiapkan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *