BERITA UTAMA

Gelar Rakercab MPC PP Jakarta Selatan Siap Berkolaborasi dengan Semua Lapisan Masyarakat

JAKARTA - Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Jakarta Selatan menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) di Gedung BPMP DKI Jakarta...
BERITA UTAMA

KPU Limapuluh Kota Selenggarakan Rakor Persiapan Pemilihan Pilkada Serentak 2024

LIMAPULUH KOTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Limapuluh Kota Selenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur serta...
BERITA UTAMA

Dapat Nomor Cantik Angka 1, Deni – Riko Singgung Percepatan Pembangunan

Limapuluh Kota - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Deni Asra-Riko Febrianto bersyukur benar, mendapat nomor urut 1...
BERITA UTAMA

Dapat Nomor Urut Dua, H.Almaisyar-Joni Hendri Sebut itu Nomor Kemenangan

Payakumbuh - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh gelar Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota...
BERITA UTAMA

Alumni ESGAPA ’93 Sepakat Antarkan Joni Hendri Jadi Wakil Walikota Payakumbuh

Sahabat bukan tentang siapa dia, kapan kenal dia, bagaimana rupa dia. Tapi sahabat adalah dia yang senantiasa memberi kita dukungan...

Pemko Bukittinggi Siap Jalankan Arahan Mendagri untuk TPID dan Pengembangan Industri GIM

Bukittinggi, Payakumbuhpos.id, — Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Bukittinggi, diminta untuk terus memonitor kondisi inflasi di Kota Bukittinggi. Terutama, pada persoalan yang dapat mempengaruhi tingkat inflasi itu sendiri. Rakor yang diikuti TPID ini digelar secara virtual di Bukittinggi Command Center (BCC), Senin, (7/10).

Hal itu, disampaikan Pjs Wali Kota Bukittinggi, H. Hani Syopiar Rustam ikuti rapat koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah dan Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional.

Dalam rakor itu, Mendagri, Tito Karnavian, meminta seluruh daerah, termasuk Bukittinggi sendiri, untuk melaksanakan berbagai upaya agar dapat mengendalikan inflasi tahun 2024.

Data BPS menunjukkan, bahwa inflasi di bulan September 2023 terhadap September 2024 secara year on year diangka 1,844.

Sementara dalam paparan tersebut dijelaskan, bahwa komoditas penyumbang inflasi pada minggu pertama bulan Oktober 2024 diantarnya bawang merah, minyak goreng, dan telur ayam ras.

Mendagri juga mendorong percepatan pengembangan industri gim nasional di tingkat daerah.

Menurutnya, gim telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari anak-anak hingga orang dewasa di Indonesia dan menjadi harta karun ekonomi kreatif. Potensi ini harus digarap dengan maksimal.

Melalui ekonomi kreatif ini, di samping dapat mendapatkan tambahan atau lapangan pekerjaan, keuangan dan lainnya, bagi daerah sendiri, juga bisa mendapatkan PAD, Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Menanggapi hal tersebut, Pjs Wali Kota Hani S Rustam, akan segera merapatkan barisan TPID.

“Kita akan bahas langkah langkah kongkret untuk kendalikan inflasi. Karena upaya yg dilakukan daerah, juga akan mempengaruhi tingkat inflasi secara nasional,” katanya.

“Termasuk dengan menambah pemahaman terkait gim yang dimaksudkan oleh Mendagri tadi. Kita coba bahas ini bersama, bagaimana regulasinya agar dapat menambah kontribusi dalam APBD,” tegasnya.

(Mel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *