BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Keluarga Besar Kabua Saiyo Antusias Sambut Dr. Zulmaeta

Payakumbuhpos.id | Payakumbuh-- Keluarga besar Kabua Saiyo antusias sambut calon Walikota Payakumbuh Dr. Zulmaeta ketika manfaatkan momen idulfitri 1445 H GOR...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

YB Dt. Parmato Alam, Jambangi Bara Cafe Bandarawang

Payakumbuhpos.id | Payakumbuh---Ketua DPRD kota Payakumbuh periode 2014-2019 Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, jambangi Bara Cafe Bandarawang milik Fajri di kelurahan...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Warga Koto nan Gadang Payakumbuh Utara Berhalal Bihalal Bersama Perantau

Payakumbuhpos.id|Payakumbuh--- Halal bihalal biasanya diselenggarakan di rumah atau tempat yang besar, dengan tujuan untuk saling bersilaturahmi khususnya pada saat usai...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR WISATA

Polres dan Disparpora Limapuluh Kota Bangun Hospitality Kepariwisataan

Payakumbuhpos.id|Limapuluh Kota---Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf, S.H., S.I.K., M.H., bersama jajaran terus ciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Perantau IKK Pulang Kampung Ibarat Sitawa Sidingin Bagi Masyarakat, Utamakan Anak Yatim

Payakumbuhpos.id |Payakumbuh--- Luar biasa, perantau Ikatan keluarga Koto Nan Godang (IKK) pulang kampung ibarat sitawa sidingin bagi masyarakat, utamakan anak...

Wali Kota Bukittinggi Menjawab Pandangan Umum Fraksi Terhadap Dua Raperda yang Diajukan

Bukittinggi, Payakumbuhpos.id,- Wali Kota Bukittinggi Erman Safar jawab pemandangan umum fraksi terhadap Raperda penyelenggara kota layak anak serta Raperda pajak dan retribusi daerah. Jawaban tersebut disampaikan dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota Bukittinggi, Jum’at (11/8)

Ketua DPRD Bukittinggi Benny Yusrial saat memimpin rapat paripurna menjelaskan, hantaran rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaraan kota layak anak dan rancangan peraturan daerah tentang pajak dan retribusi daerah telah dilaksankan dalam tiga hari terakhir.Rapat ini merupakan pembicaraan tingkat l.

“Selanjutnya, akan dilaksanakan pembahasan secara mendalam atas dua Raperda ini, melalui rapat kerja antara DPRD dan pemerintah daerah Bukittinggi,” jelasnya.

Wali Kota Erman Safar menyampaikan, terkait pertanyaan enam fraksi di DPRD mengenai raperda yang menyakut penyelenggaraan kota layak anak dapat di jelaskan secara garis besar bahwa materi raperda ini memuat peraturan tentang tahapan penyelenggaraan KLA, pelaksanaan KLA, evaluasi KLA,serta penetapan KLA.

“Untuk memberikan perlindungan pada anak dari bahaya medsos dan narkoba Pemko telah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan pencegahan melalui komunikasi informasi, edukasi (KIE) berkelanjutan, memberikan support sistem yang mendukung pengasuan anak,” ujar Erman.

Pemko juga siapkan program dan kegiatan yang berpedoman pada 24 indikator KLA yang mencakup, kelembagaan dan lima klaster untuk panyelenggaraan telah tersedianya pada OPD terkait.

Sementara itu pemandangan umum terkait raperda pajak dan retribusi daerah Wali Kota manyampaikan, beberapa jenis pajak yang dilebur jadi satu dengan nomenklatur pajak barang dan jasa tertentu (PBJT). Hal ini mangurangi kapasitas fiskal daerah karena restrukturisasi jenis pajak tampa mangurangi potensi terhadap penerimaan objeknya.

Pemko telah berupaya mengoptimalkan pendapatan daerah melaui digitalisasi penerimaan daerah melaui e-money. Pengawasan penerimaan pajak hotel dan restoran melaui smart tax dan peningkatan pelayanan ditempat yang menjadi objek retribusi.

“Dengan disahkannya raperda ini nanti nya peraturan daerah yang mengatur tentang pajak dan retribusi daerah yang jumlahnya 21 dicabut. Ini sesuai dengan ketentuan pasal 94 UU nomor 1 tahun 2022 tentang hubungan keuangan antar pemerintah pusat dan pemerintah daerah,”pungkasnya.

(Mel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *