BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

YB Dt. Parmato Alam, Jambangi Bara Cafe Bandarawang

Payakumbuhpos.id | Payakumbuh---Ketua DPRD kota Payakumbuh periode 2014-2019 Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, jambangi Bara Cafe Bandarawang milik Fajri di kelurahan...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Warga Koto nan Gadang Payakumbuh Utara Berhalal Bihalal Bersama Perantau

Payakumbuhpos.id|Payakumbuh--- Halal bihalal biasanya diselenggarakan di rumah atau tempat yang besar, dengan tujuan untuk saling bersilaturahmi khususnya pada saat usai...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR WISATA

Polres dan Disparpora Limapuluh Kota Bangun Hospitality Kepariwisataan

Payakumbuhpos.id|Limapuluh Kota---Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf, S.H., S.I.K., M.H., bersama jajaran terus ciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Perantau IKK Pulang Kampung Ibarat Sitawa Sidingin Bagi Masyarakat, Utamakan Anak Yatim

Payakumbuhpos.id |Payakumbuh--- Luar biasa, perantau Ikatan keluarga Koto Nan Godang (IKK) pulang kampung ibarat sitawa sidingin bagi masyarakat, utamakan anak...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH

Ketua IKK Joni Hendri Lepas Perantau Pulang Basamo

Payakumbuhpos.id|Jakarta - Salah satu sunnah dalam safar yang dianjurkan oleh syariat dan bisa meringankan kesusahan safar adalah melakukan safar di...

Musrenbang Payakumbuh Selatan, Camat Ingin Ingin Optimalkan Potensi Wisata

Payakumbuh–Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2021 Kecamatan Payakumbuh Selatan dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Erwin Yunaz di aula kantor camat setempat, Kamis (11/2).

Hadir dalam acara rutin tahunan tersebut Kepala dan perwakilan OPD, Camat L. Kefrinasdi, Ketua KAN, Lurah, Fasilitator Kelulahan, LPM, dan tokoh masyarakat se Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Dalam sambutannya, Wawako Erwin Yunaz menyampaikan kondisi daerah saat ini mengalami defisit anggaran sebesar 100 miliar lebih akibat dana transfer pusat yang dikurangi. Pemko akhirnya terpaksa melakukan refokusing kepada program kegiatan yang akan dilaksanakan kedepannya.

“Tahu ini sudah dilakukan refokusing, bukan tidak mungkin kita juga melakukan rerefokusing di tahun depan karena masih dalam suasana pandemi Covid-19,” tegasnya.

Wawako juga menambahkan, untuk itu usulan pembangunan fisik yang telah dimusyawarahkan oleh warga dan perangkat kelurahan harus yang betul-betul dilihat urgensinya. Artinya memang yang sangat dibutuhkan sekali. Apalagi menyangkut keberlangsungan bagi khalayak ramai.

“Pembangunan SDM harus menjadi perhatian, seperti pelatihan Khatib Jumat, Imam, dan Muazin. Bahkan pelatihan adat budaya juga diperlukan agar nilai-nilai kehidupan kita sebagai orang Minang dan orang Islam tidak tergerus oleh perkembangan zaman,” kata Erwin.

Sementara itu, Camat L. Kefrinasdi memaparkan ada lebih dari 80 usulan yang diterima dari 6 kelurahan di Payakumbuh Selatan, karena pencaharian penduduk disini 70 persennya adalah petani, maka sebagian besar usulan terkait jaringan irigasi. Namun, beberapa kelurahan ada juga mengusulkan program-program pelatihan bagi pengembangan SDM.

“Kita harap di tahun 2022 kondisi keuangan daerah membaik, sehingga usulan-usulan yang kita bahas hari ini dapat terealisasi,” kata Camat.

Camat juga sempat menyinggung kalau bakal ada rencana duduk bersama KAN dan tokoh masyarakat Nagari Aua Kuniang untuk mencari peluang-peluang baru untuk mempromosikan dan pengembangan objek wisata Panorama Ampangan.

“Setiap tamu yang kita ajak ke objek wisata ini mengaku kagum dengan keindahan pemandangannya, sarananya sudah ditambah oleh dinas, namun pengelolaannya masih belum optimal, kalau ada inovasi-inovasi baru dari warga setempat tentu akan meningkatkan volume kunjungan, efeknya ke pendapatan daerah dan peningkatan perekonomian warga sekitar juga,” kata L Kefrinasdi.

Camat juga menyampaikan, di Payakumbuh Selatan juga ada 2 embung yang sudah dibangun oleh Balai Sungai, nantinya akan difungsikan sebagai sumber air di Payakumbuh. Wali Kota Riza Falepi sangat memperhatikan kebutuhan air bersih bagi warganya karena baik pertanian dan rumah tangga tak lepas dari kebutuhan akan air.

“Kedepan, bila embung ini sudah siap sedia untuk dikelola oleh Pemko, maka kita di Payakumbuh Selatan akan mempersiapkan program-program terbaik untuk menjadikannya objek wisata unggulan,” pungkasnya.

Musrenbang kemudian dilanjutkan dengan diskusi antara Faskel, tokoh masyarakat dan narasumber perwakilan OPD yang hadir. ( Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *